Skin Care 5 CARA TEPAT MENGATASI KANTUNG MATA KENDUR DENGAN MUDAH

Penuaan kulit yang berlangsung mulai usia 25 tahun menyebabkan berbagai perubahan di kulit wajah. Salah satunya adalah kantung mata yang semakin lama semakin terlihat jelas karena bengkak dan kulitnya mengendur. Jika saat usia 20-an Anda bisa mengempiskan kantung mata secara cepat dengan tidur yang cukup, maka setelah usia 30 dan 40-an, cara ini tak lagi memberi efek seperti dahulu. Anda butuh cara yang tepat untuk mengatasi kantung mata kendur sehingga tak lagi mengganggu penampilan.

Penyebab Kantung Mata Kendur, Bengkak, dan Hitam

Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur yang Efektif

Merawat Kantung Mata Kendur dengan Serum Mata dari L'oreal Paris

Penyebab Kantung Mata Kendur, Bengkak, dan Hitam

Pertambahan usia memang menjadi penyebab utama kantung mata menjadi kendur, bengkak, bahkan terlihat menggelap. Seiring pertambahan usia, otot-otot di area mata semakin melemah sehingga tidak dapat menopang kulit dan jaringan di area mata seperti sebelumnya. Selain itu, jumlah kolagen dan elastin yang diproduksi tubuh juga semakin berkurang sehingga kulit tak lagi kencang dan elastis seperti dulu. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi kendur dan turun. 

Jika dikaitkan dengan kantung mata, maka kulit yang kendur di bawah mata terisi oleh lemak yang berpindah dari bagian lain di sekitar mata, atau terisi cairan yang berkumpul di bawah mata. Ini yang membuat kantung mata menjadi bengkak. Khusus untuk kantung mata kendur dan bengkak akibat terisi cairan, faktor penyebabnya selain pertambahan usia adalah: 

  • Genetik. Jika di keluarga besar Anda banyak yang memiliki kantung mata, maka kemungkinan besar Anda juga akan memilikinya.
  • Kurang tidur pada malam hari. Jika Anda tidur kurang dari enam jam pada malam hari, maka akan ada cairan yang terkumpul di bawah mata yang tidak sempat disalurkan. Selain itu, wajah Anda biasanya terlihat lebih pucat sehingga kantung mata menjadi sangat terlihat. 
  • Terlalu banyak konsumsi garam. Saat di dalam tubuh terdapat terlalu banyak garam, maka tubuh akan menahan air untuk dipergunakan mengurangi jumlah garam. Retensi cairan ini juga membuat kantung mata bengkak. 
  • Alergi. Penyumbatan saluran dan peradangan yang disebabkan oleh alergi dapat membuat kantung mata kendur terisi cairan.
  • Stres. Saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang berpengaruh kepada kadar garam di dalam tubuh. Inilah yang membuat kantung mata muncul.
  • PMS. Salah satu ciri dari PMS adalah retensi cairan sehingga tubuh membengkak dan kadang disertai dengan kantung mata yang juga ikut bengkak.

Kadang ada juga masalah kantung mata kendur dan hitam. Ini bisa disebabkan oleh kulit di area mata yang semakin menipis akibat pertambahan usia. Kulit area mata dasarnya memang 10 kali lebih tipis dibanding kulit area lain di wajah. Saat kulit semakin menipis, maka pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih terlihat dan membuat kulit seakan-akan menggelap. Apalagi jika Anda kurang tidur, maka pembuluh darah di area mata akan melebar sehingga kulit yang terlihat gelap, bahkan seperti hitam, tak terhindari. 

Cara Mengatasi Kantung Mata Kendur yang Efektif 

Kabar baik bagi Anda yang memiliki masalah kantung mata kendur dan bengkak, yaitu Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk mengempiskan kantung mata dan kulit di area mata terlihat lebih kencang. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah:

1. Menggunakan kompres dingin

Kompres dingin bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar di sekitar mata, sehingga kantung mata terlihat mengempis. Anda bisa mengompres dingin menggunakan sendok makan dari logam, irisan mentimun, dan kapas basah yang disimpan lebih dulu selama beberapa menit di freezer. Kompres mata tertutup selama beberapa menit, ulangi jika kantung mata masih terlihat bengkak. 

2. Rawat kantung mata dengan kafein

Kafein merupakan salah satu senyawa yang bersifat vasoconstrictor, yaitu dapat mengecilkan ukuran pembuluh darah. Untuk mendapatkan manfaat kafein ini, Anda dapat menggunakan krim mata atau serum mata dengan kandungan kafein. Anda juga dapat mengompres mata dengan kantong teh hijau yang sudah diseduh sebelumnya. Simpan kantong teh ini di dalam freezer selama beberapa menit agar dapat dijadikan kompres dingin.

3. Perbaiki tidur malam

Tak hanya mengurangi bengkaknya kantung mata, cara ini juga dapat digunakan sebagai cara agar kantung mata tidak kendur. Karena saat Anda tidur cukup delapan jam dalam semalam, maka tubuh Anda punya waktu untuk memproduksi kolagen dan elastin sehingga kulit area mata menjadi lebih kencang. Tentu saja, cara ini butuh waktu lama sampai Anda dapat melihat hasilnya. Untuk menghindari cairan mengalir dan berkumpul di wajah dan area mata, Anda dapat tidur menggunakan bantal. 

4. Kurangi kadar garam di tubuh

Anda sering kali tak sadar bahwa makanan atau minuman yang Anda konsumsi memiliki kandungan garam tinggi. Untuk itu, Anda harus lebih cermat dalam memperhatikan kandungan garam dalam segala sesuatu yang Anda konsumsi. Selain itu, kelola stres Anda dengan baik agar hormon kortisol tidak meningkatkan kadar garam dalam tubuh. 

5. Merawat kulit area mata 

Perawatan dengan krim atau serum mata dengan kandungan bahan aktif yang tepat akan membantu mengencangkan kulit area mata, termasuk kantung mata kendur. Kulit mata yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya juga akan terlihat lebih cerah sehingga masalah kantung mata hitam dapat diatasi. 

Merawat Kantung Mata Kendur dengan Serum Mata dari L'Oréal Paris

Menghilangkan kantung mata kendur tak lagi jadi impian saja karena dapat Anda lakukan dengan perawatan menggunakan L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum. Serum mata terbaru dari L'Oréal Paris ini ditujukan untuk merawat kulit area mata sehingga terbebas dari lingkaran hitam, tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan kantung mata kendur, serta kantung mata bengkak. 

L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum memiliki kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro yang membantu menghidrasi dan mengenyalkan kulit area mata. Dilengkapi pula dengan kandungan 0,5% kafein yang memberi energi kepada kulit, mengurangi tampilan lingkaran hitam, serta mengempiskan kantung mata. Setelah pemakaian serum mata ini selama dua minggu, tampilan area mata Anda akan terlihat lima tahun lebih muda!

Serum mata ini memiliki inovasi berupa aplikator serum yang berbentuk tiga buah rollerball yang dapat bergerak 360 derajat. Aplikator ini dapat memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Pemakaian rutin L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum akan membantu Anda mengatasi kantung mata kendur, bengkak, dan hitam. Segera saja Anda beli produknya di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.