BUKAN HANYA MENCERAHKAN, INI MANFAAT NIACINAMIDE PADA SUNSCREEN

Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari.

Pada dasarnya, niacinamide adalah salah satu bentuk Vitamin B3 yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Defisiensi Vitamin B3 dapat mempengaruhi kondisi otak, ginjal, dan kulit. Tubuh manusia tidak memproduksi niacinamide, karena itu Anda harus mendapatkannya dari luar dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung niacinamide atau menggunakannya secara topikal, yaitu dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide


Berbagai Manfaat Niacinamide bagi Kulit Wajah

 

Niacinamide memiliki manfaat yang begitu besar bagi kulit secara keseluruhan, termasuk kulit wajah. Tak heran jika niacinamide banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam berbagai produk perawatan kulit wajah, salah satunya adalah sunscreen yang mengandung niacinamide. Menambahkan niacinamide sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah dapat memberi manfaat seperti:


  • Memudarkan noda hitam

 

Dengan konsentrasi yang tepat, niacinamide dapat membantu memudarkan noda hitam dan masalah hiperpigmentasi lainnya akibat paparan sinar UV dari matahari. Ini karena niacinamide membantu mencegah terjadinya perpindahan pigmen warna ke sel-sel kulit. Tak hanya membuat noda hitam pudar dan cerah, niacinamide juga membantu meratakan warna kulit yang belang. 


  • Meredakan peradangan dan iritasi

 

Ini juga salah satu manfaat niacinamide yang dikenal banyak orang. Niacinamide memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meredakan peradangan di kulit wajah, seperti jerawat, eksim, rosacea, atau saat kulit terbakar akibat radiasi sinar UV dari matahari, dan kulit yang iritasi akibat pemakaian produk skincare yang terlalu keras, gigitan serangga, atau cuaca panas. Niacinamide bekerja dengan cara menetralisir dan menenangkan kulit yang meradang dan iritasi, sehingga cocok untuk kulit wajah yang sensitif.


  • Menangkal agresor berbahaya 

 

Sinar UV dari matahari, polusi, stres, asap rokok, dan agresor lainnya dapat membahayakan kulit wajah, karena radikal bebas yang diciptakannya dapat merusak sel-sel kulit yang sehat. Jika ini terjadi, maka tanda-tanda penuaan dapat muncul di kulit wajah, seperti garis-garis halus, hiperpigmentasi, dan kerutan. Niacinamide merupakan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari efek kerusakan di atas dengan menetralkan radikal bebas, bahkan memutarbalikkan kerusakan yang sudah terjadi. Ini salah satu kebaikan niacinamide untuk kulit.


  • Melembapkan kulit

 

Manfaat niacinamide lainnya adalah menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit wajah, yang merupakan kunci untuk mendapatkan kulit yang awet muda. Ini karena niacinamide mendorong produksi ceramide (asam lemak alami kulit) yang menjaga agar skin barrier tetap sehat, sehingga kulit terlindungi dari iritan dari lingkungan dan mencegah air di dalam lapisan kulit menguap. 

Jika Anda menggunakan niacinamide sunscreen yang juga mengandung bahan aktif pelembap kulit seperti glycerin dan hyaluronic acid, bisa dipastikan bahwa sunscreen tersebut akan dapat membantu melembapkan sekaligus menghidrasi kulit wajah.


  • Mengontrol produksi minyak di kulit

 

Ini adalah manfaat niacinamide untuk kulit jenis berminyak. Niacinamide dapat membantu mengontrol produksi minyak sehingga wajah terhindar dari minyak berlebih. Selain itu, niacinamide juga membantu mencegah pori-pori tersumbat oleh kotoran dan minyak berlebih, sehingga ukurannya kembali normal. Mencegah pori-pori tersumbat juga membantu mencegah timbulnya komedo dan jerawat.


Efek Samping Penggunaan Niacinamide

 

Setelah tahu berbagai manfaat niacinamide, Anda mungkin ingin segera memesan produk-produk skincare dengan kandungan Vitamin B3 ini. Padahal, Anda juga perlu mengetahui efek samping dari bahan aktif ini untuk menilai apakah cocok dengan kondisi kulit wajah Anda atau tidak.


Kabar baiknya, niacinamide sangatlah lembut, sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit wajah sensitif sekalipun. Niacinamide tidak menimbulkan iritasi dan sangat jarang ditemukan orang yang alergi akibatnya. Bahkan, mereka yang memiliki gangguan peradangan kulit seperti rosacea atau eksim, tetap aman menggunakannya.


Tapi, jika Anda rentan alergi, Anda perlu mengetahui bahwa niacinamide dapat menyebabkan tubuh melepaskan histamin. Anda bisa mencegah penyebaran reaksi alergi dengan melakukan tes berikut:

 

  1. Gunakan sunscreen atau produk skincare lainnya yang mengandung niacinamide di lengan. Keluarkan sebesar koin lalu usapkan di kulit.

  2. Tunggu 24 jam.

  3. Jika Anda mulai mengalami gatal, kemerahan, atau bengkak, basuh area yang dipulaskan produk skincare yang mengandung niacinamide, lalu hentikan penggunaannya.

  4. Jika tidak ada efek samping, produk ini aman digunakan.


Perlindungan Sunscreen dengan Manfaat Niacinamide

 

Berbagai fungsi niacinamide untuk kulit wajah bisa Anda dapatkan di produk sunscreen dengan kandungan niacinamide dari L’ORÉAL Paris, yaitu L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear. Sunscreen ini mengandung bahan aktif berupa brightening niacinamide yang membantu mencerahkan kulit wajah seketika hingga 84%. Kandungan niacinamide juga membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, meredakan peradangan dan iritasi, serta melembapkan kulit wajah.


Sunscreen L’ORÉAL Paris  Daily UV Defender UV Serum Protector memiliki spektrum luas SPF 50+ dan PA ++++ serta membantu mencegah kulit wajah tampak 5 tahun lebih tua dan menjaganya dari tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam. Tak hanya itu, sunscreen ini juga melindungi kulit wajah dari partikel polusi PM 2,5 yang berpotensi menyebabkan penuaan kulit. Formulanya tidak meninggalkan residu putih, tidak lengket, dan tidak membuat kulit wajah mengilap sehingga nyaman untuk digunakan.


Selain varian Bright & Clear yang memberi manfaat niacinamide, L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector juga hadir dengan tiga varian lain yang memiliki bahan aktif berbeda untuk membantu merawat kulit wajah:

 

  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect: Dilengkapi dengan Vitamin CG (turunan dari Vitamin C) sebagai antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengatasi noda hitam. Mengandung apricot pigment yang dapat menyatu dengan kulit secara optimal agar warna kulit tampak merata dan bercahaya.


  • L’ORÉAL Paris  Daily UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh: Mengandung bahan aktif airlicium yang membantu Anda mendapatkan tampilan matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan saat cuaca panas pada suhu 45 derajat Celcius dan kelembapan 80%. 


  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh: Membantu melembapkan dan menghidrasi kulit wajah dengan kandungan hyaluronic acid, sehingga membantu melawan tanda-tanda penuaan.


Sekarang Anda sudah bisa menemukan solusi perlindungan kulit yang memberi manfaat niacinamide di L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector. Anda bisa mendapatkannya secara online di website L’ORÉAL Indonesia atau official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, serta di gerai L’ORÉAL di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

UVD BrightClear 06
Caption
Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: