Skin Care CIRI-CIRI KURANG TIDUR YANG TERLIHAT PADA KULIT WAJAH

Kadang, urusan pekerjaan, keluarga, dan lainnya membuat Anda menjadi kurang tidur. Ciri-ciri kurang tidur yang terlihat jika Anda kurang tidur semalam saja di antaranya adalah wajah yang terlihat kusam, pucat, mata berkantung, serta tekstur kulit wajah terasa dan terlihat kasar. Jika 1-2 malam kurang tidur saja dampaknya bisa terlihat di kulit wajah, bayangkan apa yang terjadi jika Anda kurang tidur sampai berhari-hari atau bahkan sudah menjadi kebiasaan.

Ciri-Ciri Kurang Tidur dan Dampaknya ke Kulit Wajah

Mengatasi Tampilan Ciri-Ciri Kurang Tidur di Kulit Wajah

Berbagai Hal yang Terjadi di Kulit saat Anda Tidur

Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam dalam semalam. Mungkin Anda sering mendengar alasannya, yaitu tubuh membutuhkan waktu yang cukup untuk melakukan perbaikan dan regenerasi atas segala kerusakan yang dialami tubuh saat Anda menjalani aktivitas seharian. Itu saja sudah merupakan alasan kuat untuk Anda memenuhi kebutuhan tidur yang cukup pada malam hari.

Pada pukul sembilan malam, Anda biasanya mulai mengantuk. Ini berarti hormon melatonin mulai bekerja. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk Anda melakukan skincare routine malam hari. Pada saat ini pula, kulit Anda mulai menjadi seperti spons, sehingga produk skincare apa pun yang Anda aplikasikan akan menyerap dengan cepat. Namun efek negatifnya adalah kulit dapat mengalami dehidrasi karena kandungan air di kulit dengan cepat menguap ke udara. 

Manfaatkan kondisi ini dengan memakai produk-produk skincare kaya nutrisi yang membantu kulit melakukan tugasnya saat tidur. Tentu saja, pilih yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda agar efektif merawat kulit wajah Anda. Jangan lupa pada tahap terakhir skincare routine, kunci semua nutrisi dan air di dalam kulit dengan mengaplikasikan pelembap yang bersifat oklusif untuk menghindari kulit dehidrasi.

Pada pukul sebelas malam sampai empat pagi, sel-sel tubuh akan diproduksi dalam jumlah 2-3 kali lipat. Pada saat ini, produk-produk skincare yang Anda pakai sebelumnya sudah mulai bekerja. Kulit mulai kehilangan air dalam jumlah besar terutama mendekati pagi hari, dan hal ini dapat berpengaruh kepada proses perbaikan skin barrier. Jika Anda tidak memilih produk-produk skincare yang tepat untuk mencegah hal ini terjadi, maka kulit Anda menjadi rentan rusak akibat serangan agresor lingkungan, yaitu sinar matahari dan polusi.

Ciri-Ciri Kurang Tidur dan Dampaknya ke Kulit Wajah

Kurang tidur adalah saat Anda pada malam hari kurang dari enam jam. Para peneliti menyebutkan bahwa satu malam saja kurang tidur bisa menyebabkan perubahan tampilan wajah Anda, misalnya saja mata dan kelopak mata yang terlihat bengkak, munculnya area hitam di bawah mata, serta wajah terlihat pucat tapi secara bersamaan juga tampak kusam, serta kulit menjadi kering dan dehidrasi sehingga teksturnya terlihat jelas.

Anda mungkin tak menyangka bahwa sebesar itu akibat kurang tidur ke kulit wajah sehingga memunculkan ciri-ciri kurang tidur di atas. Namun memang itulah yang terjadi jika tubuh Anda tak punya cukup waktu untuk memperbaiki kerusakan, membuang racun dari tubuh, meregenerasi sel-sel, dan melakukan penyegaran secara keseluruhan. Ciri-ciri kurang tidur malam akan semakin terlihat jika Anda tidak melakukan skincare routine yang tepat. 

Dampak kurang tidur di antaranya adalah:

  • Kulit tak punya cukup waktu untuk memperbaiki kerusakan akibat serangan agresor lingkungan dan peradangan. Ini membuat peradangan di kulit butuh waktu lebih lama untuk sembuh. Kurang tidur juga memicu kenaikan produksi hormon kortisol dalam jumlah signifikan, padahal hormon ini dapat mengganggu kerja sistem imun tubuh Anda, sehingga dapat memicu terjadinya peradangan baru di kulit. Salah satu bentuk peradangan ini adalah jerawat.
  • Kulit dehidrasi. Sebenarnya kulit memiliki skin barrier untuk mencegah dehidrasi yang terjadi pada malam hari. Namun kurang tidur dapat membuat perbaikan skin barrier menjadi tidak optimal, sehingga kulit lebih mudah mengalami dehidrasi dan kondisi skin barrier semakin tidak ideal. Kulit yang dehidrasi akibat kurang tidur juga dapat memunculkan ciri ciri mata kurang tidur, yaitu area di bawah mata menjadi terlihat kering dan tampak kerutan halus. 
  • Kulit semakin menipis hingga timbul kerutan. Umumnya penipisan kulit terjadi akibat pertambahan usia. Namun kurang tidur dapat membuat kulit semakin menipis karena produksi HGH (human growth hormone) menjadi berkurang. Kondisi ini memunculkan salah satu ciri-ciri kurang tidur yaitu area di bawah mata terlihat ada garis halus atau kerutan yang terlihat. 

Area mata yang bengkak. Berkumpulnya cairan dan darah di jaringan lunak di area mata akibat kurang tidur menyebabkan kelopak mata bengkak dan turun, serta kantung mata membesar hingga terkadang terlihat kering atau dehidrasi. 

Mengatasi Tampilan Ciri-Ciri Kurang Tidur di Kulit Wajah

Agar ciri-ciri orang kurang tidur tersebut tidak muncul di wajah Anda, tentu saja Anda harus dapat memenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam dalam semalam. Mulailah ubah gaya hidup Anda dan sesuaikan agar dapat mulai beristirahat mulai pukul tujuh malam sehingga dapat tertidur pada pukul sembilan atau sepuluh malam. 

Untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah akibat kurang tidur, Anda bisa memakai rangkaian L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid yang memiliki kandungan hyaluronic acid. Bahan aktif ini dapat membantu menghidrasi kulit wajah dengan optimal sehingga kulit menjadi kenyal dan lembap. Kandungan macro hyaluronic acid menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, sedangkan micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan kulit untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya.

Rangkaian L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid terdiri dari L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua Gel Wash, L'Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum, L'Oréal Paris Triple Roller 2,5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum, dan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream untuk Anda sertakan pada skincare routine pagi hari, serta L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask untuk perawatan wajah berkala tiga kali seminggu. 

Pemakaian rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid tak hanya menjadi cara mengatasi tampilan ciri-ciri kurang tidur tapi juga merawat kulit wajah agar lebih sehat. Anda bisa mendapatkan rangkaian produk ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.