Penyebab Bintik Hitam Di Wajah Dan Cara Memudarkannyaa

Skin Care PENYEBAB BINTIK HITAM DI WAJAH DAN CARA MEMUDARKANNYA

Salah satu masalah kulit wajah yang mengganggu adalah bintik hitam. Penyebab bintik hitam di wajah adalah hiperpigmentasi, yaitu kulit memproduksi melanin dalam jumlah lebih banyak dari pada biasanya. Di Indonesia yang beriklim tropis, masalah hiperpigmentasi terutama diakibatkan oleh paparan sinar matahari di kulit wajah yang tidak terlindungi oleh sunscreen.

Semakin awal bintik hitam di wajah diketahui dan diatasi, maka akan lebih cepat dan mudah untuk pudar. Sayangnya, kebanyakan orang cenderung menganggap remeh masalah hiperpigmentasi ini, sampai akhirnya bintik hitam yang muncul bertambah banyak bahkan warnanya bertambah gelap sehingga butuh tindakan oleh dokter kulit untuk mengatasinya. Tindakan mengatasi bintik hitam ini harus dibarengi dengan pencegahan agar penyebab bintik hitam di wajah tak lagi berulah. 

Sinar UV, Penyebab Bintik Hitam di Wajah Paling Utama

Cara Memudarkan Bintik Hitam di Wajah

Bahan Aktif yang Efektif untuk Menyamarkan Bintik Hitam di Wajah


Sinar UV, Penyebab Bintik Hitam di Wajah Paling Utama

Walau disebut dengan bintik hitam, tapi sebenarnya warnanya tidak benar-benar hitam melainkan lebih ke cokelat tua. Selain di wajah, bintik hitam juga umumnya muncul di bagian-bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti di leher, bahu, punggung, punggung tangan, dan punggung kaki.

Penyebab bintik hitam di wajah yang paling utama adalah paparan sinar matahari. Sinar UV yang terdapat dalam sinar matahari dengan cepat dapat membakar kulit, menyebabkannya menjadi kering dan meradang. Kulit juga menggelap karena sinar UV memicu produksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut) dalam jumlah banyak untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV ini. 

Jika paparan sinar UV ini berlangsung terus-menerus dalam jangka waktu panjang di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen, maka tubuh akan terus memproduksi melanin dalam jumlah banyak, sehingga kulit tak hanya menggelap, tapi juga muncul bintik-bintik hitam di wajah. 

Bintik hitam ini ada yang muncul seketika, tapi ada juga yang baru muncul beberapa waktu kemudian. Penyebabnya adalah sinar UV telah merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kondisi yang disebut dengan delayed tanning. Saat kulit mengalami delayed tanning, maka bintik hitam akan muncul paling cepat tiga hari setelah kulit terpapar sinar matahari, tapi bisa juga bintik hitam ini muncul dalam hitungan beberapa minggu, bulan, bahkan sampai beberapa tahun kemudian.

Selain sinar matahari, penyebab bintik hitam di wajah lainnya adalah:

  • Hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Sering disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), bintik hitam ini muncul setelah kulit mengalami peradangan, seperti jerawat, luka, atau eksim. 
  • Hormon. Produksi hormon yang meningkat atau fluktuatif dapat menyebabkan munculnya bintik hitam di kulit wajah, seperti saat perempuan sedang menstruasi atau saat sedang hamil.
  • Keturunan. Jika di keluarga Anda secara turun-temurun memiliki wajah dengan bintik-bintik hitam (freckles), maka Anda berpotensi untuk juga memilikinya. Karena bersifat genetik, maka bintik-bintik hitam ini lebih sulit untuk dihilangkan.

Cara Memudarkan Bintik Hitam di Wajah

Walau kebanyakan tergolong tidak berbahaya, tapi bintik hitam di wajah bisa sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Bintik-bintik hitam ini memang bisa ada tutupi dengan complexion makeup saat merias wajah, tapi Anda mungkin ingin agar bintik hitam ini bisa memudar sehingga wajah tetap terlihat cerah dan warna kulit merata saat tidak menggunakan produk makeup.

Saat ini ada berbagai cara untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan bintik hitam di wajah mulai dari menggunakan skincare secara rutin di rumah atau melakukan prosedur kecantikan di klinik. 

Perawatan wajah yang bisa dicoba dan tergolong mudah adalah dengan penggunaan skincare yang mengandung bahan aktif seperti glycolic acid. Glycolic acid sudah lama dikenal sebagai bahan aktif yang bisa memudarkan bintik hitam membandel seperti bekas jerawat. Selain itu glycolic acid juga memiliki manfaat lain untuk kulit wajah di antaranya adalah mencerahkan, melawan tanda-tanda penuaan dini, dan meratakan warna kulit.

Kini sudah banyak produk skincare yang menggunakan glycolic acid, walaupun aman digunakan penggunaan bahan aktif ini tidak boleh digunakan bersamaan dengan retinol karena memiliki cara kerja yang sama.

Penggunaan glycolic acid ini juga biasa ditemukan di klinik kecantikan. Jika Anda ingin memudarkan atau menghilangkan bintik hitam di wajah dengan hasil yang cepat, Anda bisa melakukan prosedur yang dilakukan di klinik kecantikan. 

Beberapa cara mengurangi bintik hitam di wajah di klinik kecantikan yang dapat Anda pertimbangkan adalah: 

  • Terapi laser. Terapi ini menggunakan energi cahaya untuk memudarkan dan mencerahkan bintik hitam di wajah. Cara ini dinilai paling efektif serta relatif aman dengan efek samping yang rendah.
  • Chemical peeling. Sama seperti terapi laser, prosedur ini dilakukan di klinik kecantikan untuk mengatasi bintik hitam yang mendalam. Prosedur ini menggunakan zat asam berupa glycolic acid atau trichloroacetic acid dalam konsentrasi tinggi untuk meluruhkan sel-sel kulit yang menggelap sehingga sel-sel kulit baru yang cerah dan segar dapat muncul di permukaan.
  • Mikrodermabrasi. Prosedur ini menggunakan alat khusus untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan menggelap di permukaan kulit. Ada beberapa bentuk mikrodermabrasi yang dapat Anda pilih. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk memastikan prosedur yang cocok untuk Anda.

Bahan Aktif yang Efektif untuk Menyamarkan Bintik Hitam di Wajah

Jika Anda lebih memilih menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah sebagai cara memudarkan bintik hitam di wajah, maka yang harus Anda perhatikan adalah bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa bahan aktif yang terbukti dapat membantu memudarkan bintik hitam di wajah jika digunakan secara rutin.

Beberapa bahan aktif tersebut di antaranya adalah:

  • Glycolic acid. Zat asam ini termasuk dalam kelompok Alpha-hydroxy acids (AHA) yang biasa digunakan sebagai eksfoliator kimia. Di antara berbagai zat asam di kelompok AHA, glycolic acid paling banyak digunakan dalam produk perawatan wajah karena memiliki partikel paling kecil dibanding asam lainnya. Ini membuat glycolic acid lebih efektif dalam mengeksfoliasi kulit. Dalam produk perawatan kulit untuk menyamarkan bintik hitam yang dijual di pasaran, kandungan glycolic acid maksimal adalah 10 persen. 
  • Retinoid. Senyawa ini merupakan turunan dari Vitamin A yang bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit dan mendorong eksfoliasi. Sebelum menggunakan retinoid yang tergolong kuat, Anda bisa lebih dahulu menggunakan retinol yang lebih aman bagi kulit wajah.
  • Niacinamide. Dari sekian banyak manfaat niacinamide, salah satunya adalah mencerahkan bintik hitam. Menggunakan produk perawatan kulit wajah dengan kandungan niacinamide sebesar 5 persen saja dapat membantu mencerahkan bintik hitam dalam waktu empat minggu.
  • Vitamin C. Vitamin yang kaya antioksidan ini bekerja dengan cara menghambat sintesa melanin di kulit wajah sehingga dapat membantu memudarkan bintik hitam. Tak hanya itu, Vitamin C juga membantu meratakan warna kulit wajah.

Melakukan perawatan wajah secara rutin dengan menggunakan bahan-bahan aktif ini memang membutuhkan waktu. Tapi sekarang sudah banyak formula skincare yang lebih mutakhir sehingga memungkinkan bintik hitam lebih cepat pudar atau bahkan hilang.

Tapi Anda juga perlu memperhatikan cara penggunaan dari tiap produk skincare yang digunakan. Penggunaan bahan aktif ini membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi jangan lupa menggunakan sunscreen setiap hari. Selain menggunakan sunscreen, perhatikan juga kandungan aktif yang tidak boleh digunakan secara bersamaan seperti glycolic acid dengan retinol. Jadi, sangat mungkin Anda melakukan perawatan wajah dengan skincare yang menggunakan bahan aktif di rumah karena lebih aman dan hemat.

Setelah memahami berbagai penyebab bintik hitam di wajah dan cara untuk memudarkannya, Anda dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai cara yang ingin Anda terapkan untuk mengatasi masalah kulit wajah ini. Jika ragu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan masukan yang tepat.

Anda juga bisa menggunakan rangkaian produk terbaru dari L’Oréal Paris yang memiliki bahan aktif Glycolic Acid dan Niacinamide. L’Oréal Paris Glycolic Bright dapat membantu mencerahkan wajah serta menghilangkan bintik hitam ataupun noda dengan cara efektif. Gunakan rangkaian lengkap L’Oréal Paris Glycolic Bright mulai dari serum, day cream, night cream, sabun cuci muka, dan masker untuk hasil yang lebih maksimal. 

Sekarang Anda bisa mendapatkan rangkaian produk lengkap L’Oréal Paris Glycolic Bright di website L’Oréal Paris Indonesia atau bisa juga mengunjungi great L’Oréal di berbagai pusat perbelanjaan terkemuka di kota Anda.