FLEK HITAM DI WAJAH, INI HAL YANG PERLU DIKETAHUI DAN CARA MENCEGAHNYA

Saat bercermin, Anda mulai merasa ada bagian-bagian wajah yang tampak kehitaman. Itu yang disebut flek hitam di wajah. Anda tidak sendirian, karena masyarakat yang tinggal di negara tropis yang mendapatkan sinar matahari hampir sepanjang waktu, kulit memang menjadi rentan terhadap munculnya flek hitam atau yang disebut juga dengan hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi Kulit dan Produksi Melanin

 

Masalah kulit berupa flek hitam di wajah atau hiperpigmentasi ini memang disebabkan oleh produksi yang berlebihan maupun distribusi pigmen wajah yang tidak merata. Pigmen kulit ini disebut dengan melanin. Melanin diproduksi oleh sel-sel yang disebut melanosit, yang berada pada lapisan dasar dari epidermis, atau lapisan paling luar dari kulit manusia. 


Jenis-jenis hiperpigmentasi kulit antara lain:

 

  • Melasma

 

Oleh berbagai peneliti, melasma diyakini timbul disebabkan oleh adanya perubahan hormon dan sering terjadi selama masa kehamilan. Bagian tubuh yang mengalami melasma ini umumnya adalah bagian perut dan wajah. Bila melasma muncul akibat kehamilan, nanti setelah melahirkan, flek-flek hitam yang muncul biasanya akan hilang dengan sendirinya. 

 

  • Sunspots

 

Kondisi ini disebut juga solar lentigines. Sesuai namanya, hiperpigmentasi ini sangat berhubungan dengan paparan sinar UV dari matahari dalam jangka waktu lama, tanpa adanya perlindungan di kulit. Bagian kulit yang seringkali muncul sunspots adalah di bagian tangan juga wajah.

 

  • Post-inflammatory hyperpigmentation atau hiperpigmentasi pasca peradangan

 

Saat kulit mengalami peradangan, ada kalanya akan muncul bagian-bagian yang menggelap. Peradangan di kulit yang sering terjadi di antaranya adalah jerawat, ruam, juga cedera dan luka bakar.

 

  • Hiperpigmentasi akibat obat-obatan

 

Dalam kasus-kasus tertentu, hiperpigmentasi juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis atau akibat konsumsi obat-obatan dan alat kontrasepsi. Untuk memastikannya, Anda perlu mendapatkan pengecekan dari tenaga medis profesional atau dermatolog.


Sinar Matahari Penyebab Flek Hitam di Wajah

 

Dari berbagai jenis hiperpigmentasi ini, yang paling banyak Anda alami adalah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Seperti yang sudah banyak diketahui, di sinar matahari terdapat sinar UVA dan UVB, yang keduanya memiliki kemampuan untuk merusak kondisi kulit. 

 

  • Sinar UVA (sering juga disebut sebagai UV Aging), dapat menembus permukaan kulit lebih dalam, sehingga dapat menyebabkan sel-sel kulit lebih cepat mengalami penuaan. Perlu diketahui bahwa sekitar 95% dari sinar UV yang jatuh ke permukaan Bumi adalah sinar UVA.

  • Sinar UVB (sering disebut juga dengan UV Burning) banyaknya adalah 5% dari keseluruhan paparan sinar matahari yang jatuh ke permukaan Bumi. UVB memiliki tingkatan energi yang lebih tinggi daripada UVA, dan memiliki kemampuan untuk membakar permukaan kulit, atau yang sering disebut sebagai sunburn. Bukan hanya itu saja, sinar UVB juga secara langsung dapat merusak DNA dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit. 


Saat kulit tidak terlindungi sunscreen dan terus menerus terpapar sinar UV dari matahari, melanosit kemudian secara alami akan terpicu untuk memproduksi semakin banyak melanin, sehingga kulit menjadi menggelap. Ini sebenarnya adalah cara alami tubuh untuk melindungi diri. Sayangnya, bagian yang menggelap ini seringkali munculnya tidak merata atau hanya muncul di beberapa bagian kulit, sehingga membuat Anda resah karena kulit tampak belang dan tampilannya terganggu flek-flek hitam. 

 

Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flek hitam di wajah akibat sinar matahari, misalnya dengan menghindari paparan sinar UV terutama pada pukul 9 pagi hingga 14 siang, serta mengenakan topi, payung, juga baju berlengan panjang atau rok panjang. Namun jika Anda punya banyak aktivitas di lapangan, Anda butuh perlindungan lebih untuk kulit Anda menggunakan sunscreen.


L’ORÉAL Paris mempersembahkan rangkaian sunscreen formula terbaru: L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector. Dilengkapi dengan SPF 50+ dan PA++++, sunscreen ini memberi perlindungan optimal bagi kulit wajah, sehingga dapat membantu menjaga kulit dari sinar matahari penyebab flek hitam.


Selain itu, sunscreen ini juga diformulasi untuk membantu menghidrasi kulit wajah hingga 8 jam, sehingga Anda tak perlu khawatir kulit akan kehilangan kelembapannya meski lama berada di bawah sinar matahari. Formulanya tidak meninggalkan residu putih, tidak lengket, dan tidak membuat kulit wajah mengilap sehingga lebih nyaman di kulit.


Untuk membantu mengatasi flek hitam di wajah, Anda bisa memilih L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear yang mengandung bahan aktif berupa brightening niacinamide yang membantu mencerahkan kulit wajah seketika hingga 84%. Kandungan niacinamide juga membantu melembapkan kulit wajah dan meredakan peradangan penyebab flek hitam.


Berbagai Pilihan L’ORÉAL Paris  Daily UV Defender UV Serum Protector

 

Selain varian Bright & Clear, ada tiga varian lagi dari L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector yang bisa Anda pilih sesuai jenis kulit atau kondisi kulit Anda. Masing-masing produk diformulasi khusus dengan bahan aktif untuk membantu menjaga kulit Anda dari berbagai masalah kulit.


  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh: Memiliki kandungan airlicium yang membantu mendapatkan tampilan akhir berupa kulit wajah matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan saat cuaca panas pada suhu 45 derajat Celcius dan kelembapan 80%. Karena itu, cocok untuk yang kulit wajahnya berminyak.


  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect: Dilengkapi dengan Vitamin Cg (turunan dari Vitamin C) sebagai antioksidan dan pencerah kulit wajah. Mengandung apricot pigment yang dapat menyatu dengan kulit secara optimal agar warna kulit tampak merata dan bercahaya. Bisa digunakan oleh pemilik kulit wajah kombinasi.


  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh: Membantu melembapkan dan menghidrasi kulit wajah dengan kandungan hyaluronic acid yang dapat menahan air di lapisan kulit agar tidak menguap. Pilihan yang pas bagi pemilik kulit wajah kering.


Pemakaian sunscreen L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector sama sekali tidak merepotkan. Anda cukup mengaplikasikannya setiap pagi sebelum mulai beraktivitas, setelah semua produk skincare Anda sudah diaplikasikan. Cukup aplikasikan sunscreen ini sebanyak dua jari secara merata di seluruh bagian wajah dan leher. Jika Anda beraktivitas langsung di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, jangan lupa aplikasikan ulang sunscreen ini setiap dua jam untuk memastikan kulit tetap terlindungi. 


Pastikan kulit terhindar dari flek hitam di wajah akibat paparan sinar matahari dengan L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear. Untuk mendapatkan sunscreen ini Anda bisa langsung membelinya secara online di website L’ORÉAL Indonesia atau official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, juga di berbagai gerai L’ORÉAL di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka di kota Anda.

Tanda Penuaan Kulit Disebabkan Sinar UV
Caption
Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: