Lakukan 10 Kebiasaan Ini Agar Rambut Tidak Rontok

Hair Care LAKUKAN 10 KEBIASAAN INI AGAR RAMBUT TIDAK RONTOK

Memiliki rambut yang tebal, banyak, dan tumbuh subur menjadi impian banyak perempuan, karena rambut identik dengan mahkota seorang perempuan. Walau mengenakan hijab, tapi rambut dan kulit kepala tetap dirawat dengan baik agar rambut tidak rontok. Sebenarnya tak semua rontoknya rambut itu berarti rambut Anda sedang bermasalah.

Agar lebih jelas, Anda bisa pelajari tentang kerontokan rambut dan cara mencegah rambut rontok berikut ini.

Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Mencegah Agar Rambut Tidak Rontok

Perawatan Untuk Rambut Kering Degan Loreal Paris Hyaluron Moisture

Berbagai Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan kondisi yang wajar terjadi, bahkan jika setiap hari ada saja rambut Anda yang rontok. Rambut rontok yang tergolong normal jumlahnya sekitar 100 helai per hari. Jika jumlahnya jauh melebihi angka ini dan rambut Anda terlihat semakin lama semakin menipis, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencari penyebab rambut rontok. 

Kerontokan rambut yang tergolong normal sebenarnya merupakan bagian dari siklus pertumbuhan rambut yang terdiri dari tiga fase, yaitu anagen (pertumbuhan), katagen (transisi), dan telogen (rontok). Setelah rambut tumbuh dan bertahan selama 2-7 tahun, maka akan memasuki fase transisi saat rambut berhenti tumbuh selama tiga bulan, kemudian rontok secara alami pada fase telogen. Di folikel yang sama, kemudian akan tumbuh rambut baru yang masuk fase anagen. 

Rontok karena siklus pertumbuhan rambut merupakan salah satu penyebab rambut rontok sementara karena rambut yang rontok akan tergantikan rambut yang baru. Penyebab rambut rontok sementara lainnya adalah stres, gaya hidup tidak sehat, konsumsi obat-obatan, kekurangan nutrisi, berat badan yang turun drastis, melahirkan, serta pemakaian produk perawatan rambut yang tidak tepat. Rambut yang rontok sementara ini dapat diatasi dengan pengobatan atau perawatan memakai produk-produk hair care untuk rambut rontok. 

Selain rontok sementara, ada juga kerontokan rambut permanen yang membuat rambut tak lagi tumbuh, sehingga jumlah rambut di kepala semakin sedikit dan menipis. Kerontokan permanen bisa disebabkan oleh faktor genetis, pertambahan usia, dan efek samping dari penyakit. Masalah kulit yang meninggalkan bekas luka juga berpotensi untuk membuat rambut rontok permanen. 

Mencegah agar Rambut Tidak Rontok

Ketidakpedulian terhadap kondisi rambut bisa memicu Anda mengalami kerontokan rambut. Bahkan kerontokan rambut yang awalnya bersifat sementara bisa jadi permanen jika Anda malas merawat rambut dan berpikir bahwa rambut pasti akan tumbuh lagi. Karena itu, sebelum rambut rontok, ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah pencegahan agar rambut tidak rontok dan tetap sehat.

Ada 10 kebiasaan yang bisa Anda terapkan dari sekarang yang dapat menjadi cara agar rambut tidak rontok, yaitu:

1. Memakai shampo dan kondisioner sesuai jenis kulit kepala dan rambut

Perlu Anda ketahui bahwa pemakaian shampo lebih fokus ke kulit kepala baru ke rambut, sedangkan pemakaian kondisioner lebih fokus ke rambut. Jadi, jangan lupa pertimbangkan jenis kulit kepala Anda saat memilih produk shampo dan kondisioner agar perawatan kulit kepala dan rambut berlangsung efektif. 

2. Mengeringkan rambut dengan benar

Setelah keramas, Anda mungkin terbiasa menggosok-gosokkan handuk ke rambut agar ekses air di rambut cepat terserap dan rambut cepat kering. Padahal, car aini berpotensi membuat rambut rusak dan rontok. Anda cukup mengusap rambut atau membungkusnya dengan handuk untuk menyerap ekses air. Ganti handuk Anda dengan yang berbahan microfiber agar daya serap airnya lebih besar. 

3. Tambahkan pemakaian hair tonic setiap hari

Berbeda dengan produk perawatan lainnya, hair tonic fokus untuk merawat kulit kepala dan folikel rambut agar rambut tidak rontok. Hair tonic memiliki nutrisi yang menstimulasi peredaran darah di kulit kepala sehingga pengantaran oksigen dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut tidak terganggu.

4. Menyisir atau menyikat rambut seperlunya saja

Anda tak perlu percaya mitos bahwa menyikat rambut 100 kali dalam sehari dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Semakin sering rambut disisir atau disikat, maka potensi untuk rontok menjadi semakin besar karena rambut tertarik. Hindari juga menyisir dan menyikat rambut saat masih basah agar rambut tidak rontok dan patah.

5. Memijat kulit kepala

Pencegahan dan solusi rambut rontok ini dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga dapat mengantarkan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut tanpa hambatan. Hasil sebuah studi kecil pada 2016 menyebutkan bahwa pijatan selama empat menit setiap hari memberi hasil setelah 24 minggu.

6. Mengelola stres

Stres dapat memicu terjadinya peradangan di tubuh, salah satunya peradangan di folikel rambut di kulit kepala yang dapat membuat rambut rontok. Agar rambut tidak rontok, kelola stres Anda dengan berdoa, meditasi, melakukan hobi, berolahraga, tidur yang cukup, dan melakukan perawatan diri. 

7. Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang

Saat Anda menerapkan pola makan sehat dan seimbang, ditambah dengan asupan air putih yang cukup minimal dua liter per hari, maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Kondisi ini akan berdampak pada kulit dan rambut yang juga ikut sehat dan terhindar dari masalah, termasuk kerontokan rambut.

8. Konsumsi suplemen jika dibutuhkan

Konsumsi suplemen agar rambut tidak rontok bisa dilakukan jika Anda khawatir tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang penting untuk rambut lewat makanan. Umumnya suplemen untuk mendukung pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatannya sudah mengandung nutrisi di antaranya biotin, protein, zat besi, zinc, dan asam lemak omega-3. 

9. Tidak menata rambut terlalu ketat

Mengikat rambut ekor kuda, menata rambut berbentuk high bun, atau mengepang terlalu ketat dapat membuat rambut tertarik dengan kencang hingga akhirnya rontok. Lebih baik jika rambut Anda diikat longgar dan diimbangi dengan membiarkan rambut terurai terutama setelah keramas.

10. Memberi jeda waktu setelah mewarnai dan meluruskan rambut

Agar rambut tidak rontok akibat kerusakan, maka sebaiknya Anda memberi jeda waktu yang cukup setelah mewarnai, meluruskan, atau mengeriting rambut. Beri jeda paling tidak enam minggu, jika lebih lama akan lebih baik. Hindari mewarnai dan meluruskan atau mengeriting rambut pada saat bersamaan.

Perawatan untuk Rambut Kering dengan L'Oréal Paris Hyaluron Moisture

Jika Anda memiliki rambut yang kering dan dehidrasi lalu khawatir rambut akan rontok karena patah, maka Anda perlu merawat rambut Anda dengan produk hair care yang menghidrasi dan melembapkan. Seperti L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo, produk perawatan rambut terbaru dari L'Oréal Paris yang ditujukan untuk merawat rambut yang kering dan dehidrasi.

L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo memiliki kandungan hyaluronic acid yang dikenal dengan kemampuannya mengikat sampai 1.000 kali beratnya di dalam air, sehingga dapat menghidrasi rambut dan kulit kepala dengan optimal sampai 72 jam tanpa terasa berat. Rambut Anda akan tampak lebih sehat dan berkilau indah. 

Anda bisa memakai hydrating shampoo ini bersama dengan produk lain dari rangkaian L'Oréal Paris Hyaluron Moisture, yaitu L’Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Sealing Conditioner setelah keramas dan L’Oréal Paris Hyaluron Moisture Hydra Filling Night Cream sebagai leave-in hair treatment

Merawat agar rambut tidak rontok bisa Anda dari kebiasaan sehari-hari, termasuk memakai L'Oréal Paris Hyaluron Moisture 72H Moisture Filling Shampoo jika rambut Anda berjenis kering dan rentan pecah-pecah. Dapatkan langsung produk shampo ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace favorit. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.