Kegunaan Micellar Water Untuk Kulit Berminyak

Skin Care KEGUNAAN MICELLAR WATER UNTUK KULIT BERMINYAK

Bagaimanapun juga kulit Anda membutuhkan minyak alami sebagai pelembab, tetapi kelebihan minyak di wajah bisa memicu timbulnya masalah. Hal yang Anda butuhkan adalah keseimbangan dalam merawat kulit berminyak agar tetap sehat dan bebas masalah. Melakukan perawatan sederhana dengan produk dan cara yang tepat, salah satunya menggunakan micellar water untuk kulit berminyak dapat mengurangi minyak berlebih di kulit wajah dan memberi Anda kulit yang sehat.

Mengenal Kulit Berminyak

Kegunaan dan Manfaat Micellar Water untuk Kulit Berminyak 

Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Micellar Water untuk Kulit Berminyak dari Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal

Mengenal Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak bisa menjadi tantangan tersendiri dalam perawatannya. Kulit menjadi berminyak disebabkan oleh kelenjar sebasea di pori-pori kulit wajah yang aktif memproduksi minyak sampai jumlahnya berlebih. Produksi minyak ini biasanya meningkat di masa remaja karena pengaruh meningkatnya produk hormon androgen. Selain hormon, faktor lain yang membuat kulit wajah Anda berminyak adalah genetis, stres, kelembapan udara tinggi, dan efek konsumsi obat-obatan tertentu.

Umumnya, kulit wajah berminyak memiliki pori-pori yang ukurannya besar, wajah yang tampak mengkilap walau baru saja dicuci, serta terlihat kotor dan kusam karena kotoran menempel di minyak. Pemilik kulit berminyak juga berpotensi untuk memiliki komedo dan jerawat.

Untuk memastikan kulit berminyak Anda tetap sehat dan bebas masalah, mulailah melakukan rangkaian perawatan yang sesuai dengan jenis kulit menggunakan produk-produk skincare yang memang diformulasikan untuk kulit berminyak. Hal yang perlu Anda pahami adalah merawat kulit wajah berminyak juga harus dilakukan dengan lembut. Hindari menggosok kulit terlalu keras dan terlalu lama dengan alasan untuk menghilangkan minyak, padahal tindakan ini hanya akan membuat kulit jadi iritasi.

Kegunaan dan Manfaat Micellar Water untuk Kulit Berminyak

Sebelum membahas micellar water untuk kulit berminyak, Anda sebaiknya pahami dulu kegunaan micellar water. Apa itu micellar water? Produk ini dibuat menggunakan air murni, dengan tambahan bahan pelembab dan surfaktan, yang merupakan senyawa yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah  dengan formulasi yang ringan. Molekul surfaktan ringan ini bergabung membentuk misel yang membantu menarik kotoran dan minyak dari kulit. 

Inilah salah satu alasan kenapa micellar water harus ada di skincare regime harian Anda. Berikut adalah kegunaan dan manfaat micellar water untuk kulit berminyak:

1. Efektif Menghilangkan Kotoran

Micellar water yang bagus tidak hanya lembut tetapi juga sangat efektif menghilangkan kotoran, sisa makeup, dan minyak baik di pori-pori maupun permukaan kulit wajah. Langkah pertama membersihkan wajah dengan micellar water perlu dilakukan agar minyak dan kotoran bisa terangkat tuntas hingga pori-pori.

2. Mampu Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain kotoran, minyak, dan juga debug micellar water juga membantu mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Seperti yang sudah diketahui sel kulit mati yang menumpuk bisa menjadi berbagai penyebab masalah wajah. Salah satunya adalah jerawat terlebih Anda yang memiliki kulit berminyak.

3. Membantu Menghidrasi Kulit

Micellar water yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat juga dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit sekaligus mengurangi iritasi dan peradangan, menjaga kulit wajah Anda tetap lembut, kenyal, dan halus. Karena bahan dasarnya berupa air, fungsi micellar water sangat cocok untuk menjadi pembersih kulit berminyak Anda.

Skincare Routine untuk Kulit Berminyak

Sebenarnya rutinitas perawatan kulit wajah yang berminyak sama saja dengan jenis kulit wajah lainnya, yang membedakan adalah penggunaan produk-produk skincare yang khusus ditujukan untuk kulit berminyak. Produk-produk ini umumnya mengandung bahan-bahan yang membantu merawat kulit berminyak, misalnya salicylic acid, centella asiatica, glycolic acid, niacinamide, clay, glycerin, dan hyaluronic acid.  

Berikut ini skincare routine yang dapat Anda terapkan sehari-hari untuk kulit wajah berminyak:

1. Rajin Melakukan Double cleansing

Merupakan langkah paling penting dalam perawatan kulit berminyak. Pilih produk ringan seperti micellar water untuk kulit berminyak sebagai first cleanser yang membersihkan sisa makeup, kemudian lanjutkan dengan second cleanser berbentuk gel untuk hasil kulit bersih dan segar.

2. Eksfoliasi 2-3 Kali Seminggu

Perawatan wajah untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk penyebab pori-pori tersumbat dan wajah tampak kusam. Pilih produk eksfolian berupa chemical exfoliator yang mengandung BHA (salicylic acid) yang cocok untuk kulit berminyak. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam seminggu pada malam hari.

3. Jaga Kelembaban dengan Essence

Essence membantu mengembalikan kelembaban alami kulit yang hilang saat dibersihkan, serta mempersiapkan kulit untuk langkah perawatan selanjutnya. Essence umumnya memiliki kandungan bahan aktif dalam konsentrasi rendah. Untuk kulit berminyak, Anda bisa pilih essence dengan kandungan bahan pelembab seperti hyaluronic acid dan centella asiatica untuk menenangkan kulit.

4. Atasi Jerawat dan Kulit Berminyak dengan Serum

Konsentrasi bahan aktif yang tinggi dalam serum dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah serta menjaganya agar tetap lembab dan sehat. Jika kulit Anda tak hanya berminyak tapi juga rentan berjerawat, maka pilih bahan aktif yang juga dapat mencegah munculnya jerawat, menenangkan jerawat yang meradang, dan membantu penyembuhan jerawat.

5. Kulit Berminyak Tetap Membutuhkan Pelembab

Kulit berminyak juga butuh pelembab. Kulit wajah yang dehidrasi dan sengaja dibuat kering dengan tidak memakai pelembab malah akan memproduksi lebih banyak minyak. Pilih pelembab dengan bahan ringan dan berbentuk gel menenangkan untuk kulit berminyak Anda.

Micellar Water untuk Kulit Berminyak dari Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal

Saat ini ada banyak produk micellar water untuk kulit berminyak yang beredar di pasaran. Untuk memilih yang bagus, Anda perlu mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam produk tersebut serta manfaat yang dapat diberikan. 

Pilih micellar water untuk kulit berminyak yang diformulasikan untuk membersihkan hingga 5 lapisan serta menjadikan kulit bersih segar bebas minyak, seperti L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water. Menggunakan teknologi tanpa minyak dan Encapsulating Micelles, micellar water ini secara efektif membersihkan kotoran dari pori-pori seperti magnet, membersihkan kulit wajah dengan lembut tanpa harus dibilas untuk mengurangi iritasi karena gesekan. 

Oil-free technology dalam L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water mampu membersihkan kulit dari sisa makeup, minyak berlebih, debu, partikel polusi (hingga PM 2.5), dan sel-sel kulit mati untuk hasil kulit tampak sebening kristal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membersihkan wajah, Anda perlu melakukan double cleansing dan melanjutkannya menggunakan cleansing gel untuk jenis kulit berminyak seperti L’Oréal Paris Revitalift Crystal Deep Purifying Cleansing Gel. Setelah wajah bersih, lanjutkan dengan pemakaian produk dari rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal lainnya, yaitu L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence, L’Oréal Paris Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel-Cream, dan L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro Essence Serum Mask untuk hasil kulit yang sehat dan sebening kristal. 

Dapatkan micellar water untuk kulit berminyak L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water serta rangkaian Revitalift Crystal dari L’Oréal Paris di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.