Make Up INI CARA MEMANJANGKAN BULU MATA DAN ALIS SECARA ALAMI

Saat ingin berkreasi dengan produk makeup mata, perempuan Asia sering kali terkendala dengan kondisi bulu mata dan alis yang tipis. Orang Asia, termasuk di Indonesia, umumnya memiliki bulu mata yang cenderung halus, pendek, dan bulu mata tumbuh lurus bukannya melengkung ke atas. Sementara itu, kendala di alis mata adalah helaian bulunya yang juga halus dan jarang. Tak heran jika perempuan Asia selalu mencari cara memanjangkan bulu mata dan alis, baik secara alami maupun dengan perawatan di salon kecantikan.

Kondisi Bulu Mata dan Alis Orang Asia

Lima Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis secara Alami


Kondisi Bulu Mata dan Alis Orang Asia

Bulu mata dan alis memiliki peranan penting bagi wajah Anda. Selain berfungsi sebagai pelindung mata dari berbagai kotoran yang berpotensi masuk ke dalamnya, bulu mata dan alis juga dapat mempengaruhi tampilan wajah secara keseluruhan. Ini dikarenakan alis dan mata merupakan dua hal yang langsung dilihat orang lain begitu memandang wajah Anda. Tak heran jika alis dikenal sebagai pembingkai wajah, sementara bulu mata disebut sebagai pembingkai mata. 

Walau tak semua memiliki kondisi bulu mata dan alis yang sama, tapi kebanyakan orang Asia memiliki bulu mata dan alis yang helaiannya cenderung halus dan pendek. Tak hanya itu, keduanya juga umum tumbuh tidak merata, sehingga terlihat tipis juga jarang. Hal ini bertolak belakang dengan rambut orang Asia yang umumnya memiliki helaian tebal, tumbuhnya banyak, dan tampak hitam berkilau.

Kondisi ini membuat perempuan Asia selalu bersemangat untuk mencoba berbagai cara cara memanjangkan bulu mata dan alis, baik menggunakan bahan-bahan tradisional dan produk perawatan, sampai treatment bulu mata dan alis di salon-salon kecantikan. Mungkin Anda salah satunya yang pernah mencoba perawatan menggunakan minyak kemiri bakar untuk mendorong pertumbuhan serta memanjangkan bulu mata dan alis. Atau agar lebih praktis, bisa jadi Anda memilih untuk melakukan microblading alis dan eyelash extension sebagai cara agar bulu mata bisa lentik dan panjang. 

Lima Cara Memanjangkan Bulu Mata dan Alis secara Alami

Walau mendapatkan alis yang tebal dan bulu mata panjang bisa dilakukan di salon kecantikan atau dengan menggunakan produk makeup, tetap saja cara yang alami tetap disukai banyak orang. Walaupun tak memberi hasil yang instan, tapi perawatan dengan cara alami umumnya memberi hasil yang tahan lama dengan efek samping yang relatif rendah. 

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendorong pertumbuhan helaian bulu mata dan alis sebagai cara memanjangkan bulu mata dan alis:

1. Menggunakan minyak tumbuhan

Ada berbagai minyak tumbuhan yang dipercaya dapat membantu mendorong pertumbuhan bulu mata dan alis; tak hanya di Asia tapi di seluruh dunia. Minyak kelapa, zaitun, castor (jarak), kemiri, argan, almon, tea tree, dan lavender termasuk dalam kelompok minyak-minyak ini. Sebenarnya minyak-minyak ini belum terbukti secara ilmiah dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu mata dan alis, tapi karena telah digunakan secara turun-temurun, maka banyak yang meyakini manfaat tersebut memang nyata.

Sebagai cara memanjangkan bulu mata dan alis, penggunaan minyak tumbuhan umumnya serupa, yaitu dioleskan di alis dan di dekat akar bulu mata, lalu dipijat dengan gerakan menepuk-nepuk lembut agar meresap. Minyak tumbuhan juga dapat dioleskan ke helaian bulu mata untuk membantu melembapkannya agar tidak mudah patah.

2. Menutrisi dengan serum

Akhir-akhir ini semakin banyak serum bulu mata dan alis yang dijual di pasaran. Produk-produk ini memberi klaim dapat membantu menumbuhkan dan menyuburkan helaian bulu mata dan alis, bahkan ada yang mengklaim dapat memberi manfaat sebagai cara memanjangkan bulu mata dengan cepat.

Serum umumnya mengandung konsentrat bahan-bahan yang dapat membantu pertumbuhan bulu mata dan alis. Cara penggunaannya umumnya sama dengan minyak tumbuhan, yaitu diaplikasikan lalu dipijat lembut. Pijatan ini akan membantu darah mengalir dengan lancar di area yang dipijat, sehingga dapat mengantarkan nutrisi dari makanan untuk pertumbuhan bulu mata dan alis yang optimal

3. Merawat dengan baik

Perawatan sebagai cara memanjangkan bulu mata dan alis dimulai dengan membersihkan keduanya dengan baik setiap hari, terutama jika Anda menggunakan produk makeup mata. Bersihkan dulu bulu mata dan alis menggunakan eye makeup remover sampai tak ada sisa makeup yang menempel, baru kemudian aja cuci wajah menggunakan facial wash. Lakukan pembersihan ini dengan lembut agar tidak membuat helaian bulunya rontok.

Selain itu, sikat bulu mata dan alis sesekali dengan sikat atau spoolie yang lembut. Sama seperti di kulit kepala, menyikat alis secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran di kulit di bawah alis sekaligus memberi pijatan ringan. Sedangkan menyikat bulu mata secara rutin dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel sekaligus meratakan minyak alami yang diproduksi kulit ke helaian bulu mata.

4. Menjalani gaya hidup sehat

Nutrisi yang dibutuhkan memanjangkan bulu mata dan melebatkan alis tak hanya berasal dari luar tapi juga dari dalam. Karena itu, pola makan yang sehat menjadi cara memanjangkan bulu mata dan alis secara alami yang harus Anda terapkan. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin D dan Vitamin B kompleks, termasuk biotin (Vitamin B7), yang disebut dapat mencegah kerontokan rambut dan menyuburkan pertumbuhan rambut.

Tak hanya itu, mengurangi stres juga dapat membantu memastikan pertumbuhan bulu mata dan alis tak bermasalah. Saat seseorang dilanda stres, maka hormon corticosterone jumlahnya akan meningkat dan ikut mempengaruhi pertumbuhan rambut sehingga siklusnya berubah. Walau penelitian dilakukan pada rambut, tapi para ahli menyatakan bahwa pertumbuhan bulu mata dan alis juga dapat terpengaruh.

5. Meriasnya dengan normal

Berbagai kreasi dalam merias wajah sering kali menggunakan produk-produk yang tidak diperuntukkan sebagaimana seharusnya. Misalnya, menggunakan lem bulu mata bahkan lem kertas untuk menata alis; bayangkan betapa banyak helaian bulu di alis yang tercabut akibat aplikasi lem tersebut! Padahal Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dengan penggunaan produk-produk makeup khusus alis.

Penggunaan bulu mata palsu serta penjepit bulu mata juga sebaiknya dibatasi. Terlalu sering mengaplikasikan lem bulu mata palsu dikhawatirkan akan membuat bulu mata tercabut. Sedangkan penggunaan penjepit bulu mata terlalu sering, terutama yang dipanaskan, dapat membuat bulu mata patah. Kedua tindakan ini akan sangat mengganggu pertumbuhan bulu mata.

Jika diterapkan dengan tepat, maka tips cara memanjangkan bulu mata dan alis di atas akan memberi hasil yang optimal. Namun jika tetap saja bulu mata dan alis Anda tidak mengalami pertumbuhan yang optimal, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusinya.