Skin Care KULIT BERMINYAK JUGA BUTUH HIDRASI? INTIP FUNGSI HYALURONIC ACID YANG BISA MENGATASI MASALAH INI

Selama ini ada anggapan yang salah di masyarakat bahwa kulit yang mengalami dehidrasi hanyalah jenis kulit kering saja. Anggapan ini tidak tepat, karena semua jenis kulit dapat mengalami dehidrasi, bahkan kulit wajah yang berminyak sekalipun. Karena itu, semua jenis kulit butuh hidrasi yang cukup untuk memastikan kebutuhan air di kulit tercukupi. Agar air tidak cepat menguap dari kulit, maka fungsi hyaluronic acid dibutuhkan untuk mengikat air di kulit agar kulit terhidrasi dengan baik.

Bedanya Kulit Wajah yang Dehidrasi dengan yang Kering

Fungsi Hyaluronic Acid, Membantu Menjaga Hidrasi Kulit Berminyak

Bedanya Kulit Wajah yang Dehidrasi dengan yang Kering

Memahami perbedaan antara kondisi kulit yang dehidrasi dan kulit yang kering perlu dilakukan agar Anda bisa mengetahui solusi yang tepat untuk kedua kondisi ini. Kulit disebut mengalami dehidrasi saat kekurangan cairan yang penting untuk membuat kulit menjadi kenyal dan sehat. Saat kulit wajah mengalami dehidrasi, maka wajah akan terlihat kusam, kulit terasa seperti ditarik, muncul lingkaran hitam di sekitar mata, serta tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis-garis halus akan muncul.

Sedangkan pada kulit yang kering, masalahnya bukanlah kekurangan cairan, tapi minyak alami yang berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Pada jenis kulit yang kering, produksi minyak oleh kelenjar sebasea di kulit cenderung sedikit, sehingga tak cukup untuk melembapkan kulit wajah secara optimal. Akibatnya, kulit wajah menjadi bersisik, teksturnya terasa kasar, pecah-pecah, kulit terasa gatal, serta kulit menjadi mudah kemerahan dan iritasi. 

Kedua kondisi kulit ini membutuhkan perawatan yang berbeda. Kulit yang dehidrasi membutuhkan hidrasi, yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh, bisa lewat minum air yang cukup atau dengan pemakaian produk perawatan kulit yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi, di antaranya adalah hyaluronic acid, glycerin, lidah buaya, snail mucin, dan lactic acid.

Sementara itu, kulit yang kering butuh dilembapkan menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki fungsi sama seperti minyak alami kulit, yaitu pelembap dan face oil. Anda bisa merawat kulit yang kering menggunakan produk dengan kandungan bahan shea butter, minyak tumbuhan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almon, minyak jojoba, dan minyak alpukat. 

Menghidrasi dan melembapkan kulit wajah bisa saling melengkapi dan memberi hasil yang optimal, baik bagi kulit yang dehidrasi dan yang kering. Caranya adalah dengan menggunakan produk perawatan yang menghidrasi terlebih dahulu, baru setelahnya Anda menggunakan pelembap atau face oil untuk mengunci air di kulit agar tidak menguap ke udara.

Fungsi Hyaluronic Acid, Membantu Menjaga Hidrasi Kulit Berminyak

Saat ini, hyaluronic acid menjadi salah satu senyawa yang banyak digunakan dalam produk-produk perawatan kulit wajah yang menghidrasi, termasuk untuk kulit berminyak. Apa itu hyaluronic acid? Senyawa itu merupakan senyawa gula yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia dan bisa ditemukan terutama di kulit, sendi, mata, dan jaringan ikat tubuh.

Di kulit, fungsi hyaluronic acid adalah menjaga kulit terhidrasi dengan baik, caranya adalah dengan menarik dan mengikat molekul air, baik dari udara maupun dari dalam tubuh. Hyaluronic acid dapat menyerap dan menahan sampai 1.000 kali beratnya di air. Kemudian, hyaluronic acid akan mengikat diri ke kolagen dan tetap tinggal di dalam lapisan kulit, membantu membuat kulit menjadi lebih kenyal dari dalam.

Seiring berjalannya waktu, jumlah hyaluronic acid di tubuh akan semakin berkurang, penyebabnya adalah pertambahan usia dan faktor-faktor lingkungan seperti merokok dan polusi. Kabar baiknya, pola makan yang seimbang dan kaya nutrisi dapat membantu memicu produksi hyaluronic secara alami di tubuh. Selain itu, pemakaian produk skincare yang mengandung hyaluronic acid juga dapat membantu menutupi kekurangan senyawa ini di lapisan kulit. 

Kelebihan dari hyaluronic acid adalah bahan ini relatif aman saat digunakan bersama bahan-bahan aktif lainnya untuk merawat kulit wajah berminyak, seperti retinol, vitamin, dan salicylic acid. Selama digunakan dengan formulasi yang tepat, maka fungsi hyaluronic acid untuk kulit berminyak dapat optimal dengan meningkatkan elastisitas kulit, kulit menjadi lebih kenyal, mengontrol produksi minyak berlebih, serta secara keseluruhan, kulit menjadi tampak muda.

Serum yang Mengandung Hyaluronic Acid dari L’Oréal Paris

Agar fungsi hyaluronic acid yang menghidrasi kulit berminyak menjadi optimal, maka menggunakan produk-produk dengan kandungan hyaluronic acid secara rutin menjadi pilihan. Namun memilihnya sedikit rumit, karena ukuran molekul hyaluronic acid yang terdapat di dalam suatu produk bisa jadi terlalu besar sehingga tidak dapat menyerap ke dalam lapisan kulit untuk bekerja dari dalam.

Anda disarankan untuk memilih produk perawatan kulit yang juga mengandung hyaluronic acid dalam ukuran mikro, sehingga dapat bekerja baik di permukaan kulit maupun di dalam lapisan kulit. Seperti L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid konsetrasi tinggi dalam bentuk macro hyaluronic acid dan micro hyaluronic acid dengan total 1,5 persen. Jumlah ini terbukti merupakan dosis yang tepat agar dapat memberi manfaat serum hyaluronic acid yang optimal.

Fungsi hyaluronic acid yang terdapat dalam serum ini adalah:

  • 0,5% macro hyaluronic acid yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif karena dapat menahan sampai 1000 kali beratnya dalam air.
  • 1% micro hyaluronic acid dengan ukuran 1/20 lebih kecil sehingga dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis untuk untuk menghidrasi dan mengenyalkan kulit dari dalam.

Dengan kandungan dua jenis hyaluronic acid ini, L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum dapat membantu Anda mendapatkan manfaat berupa:

  • Kulit wajah terhidrasi dan cerah bercahaya dengan seketika sampai lebih dari 42%.
  • Melembapkan dengan optimal dan mengenyalkan kulit lebih lama.
  • Setelah pemakaian selama tujuh hari, kulit wajah menjadi lebih halus dan kenyal, garis-garis halus dan kerutan berkurang, dan tampak lebih cerah bercahaya.

Penggunaan beberapa produk perawatan kulit dengan fungsi hyaluronic acid dinilai cukup untuk menghidrasi kulit berminyak dengan optimal. Karena itu, gunakan L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum bersama rangkaian produk L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid lainnya, yaitu L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Hydrating Gel Cleanser, dan L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream dan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask.

Fungsi hyaluronic acid dapat membantu mencegah kulit berminyak mengalami dehidrasi dengan pemakaian L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum secara teratur. Segera dapatkan produk ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau toko resmi L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.