INI FORMULA YANG HARUS ADA DI SABUN CUCI MUKA UNTUK MENCERAHKAN

Skin Care INI FORMULA YANG HARUS ADA DI SABUN CUCI MUKA UNTUK MENCERAHKAN

Saat wajah terlihat kotor dan kusam, kebanyakan orang akan tergerak untuk membersihkan atau mencucinya agar wajah kembali bersih dan segar. Memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan menjadi langkah penting agar wajah tak hanya bersih dan segar, tapi juga tampak cerah. Seperti apa sabun cuci muka yang memenuhi kriteria tersebut? Tentu saja, Anda harus memperhatikan formula dan bahan kandungannya agar dapat memberi hasil yang diharapkan.

Sabun Cuci Muka, Tak Hanya untuk Membersihkan

Memilih Sabun Cuci Muka Sesuai Kebutuhan

Formula di Sabun Cuci Muka untuk Mencerahkan

Tips Mencuci Muka untuk Hasil yang Optimal

 

Sabun Cuci Muka Tak Hanya untuk Membersihkan

Kebiasaan membersihkan diri pada manusia sebenarnya sudah berlangsung sejak ribuan tahun lalu, dengan tujuan untuk menjaga kebersihan diri. Pada praktiknya kemudian, membersihkan diri lebih dari sekadar menghilangkan kotoran tapi juga menjadi cara untuk merawat kulit, meningkatkan penampilan, sebagai terapi relaksasi, bahkan bagian dari ritual budaya.

Mencuci muka merupakan salah satu bagian dari kebiasaan membersihkan diri. Jika awalnya mencuci muka hanya dilakukan menggunakan air saja, di kemudian hari kegiatan ini berevolusi dengan penggunaan produk yang membantu membersihkan kulit wajah, salah satunya adalah sabun. Alasannya adalah karena air dinilai tak lagi cukup untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Sabun cuci muka digunakan untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak, residu produk-produk kosmetik, dan mikroorganisme. Lebih jauh lagi, sabun cuci muka juga membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Idealnya, semua fungsi ini dilakukan tanpa menyebabkan kulit wajah kering bahkan iritasi pada kulit.

Memilih Sabun Cuci Muka Sesuai Kebutuhan

Saat memilih sabun untuk mencuci muka, Anda harus memperhatikan jenis dan masalah kulit wajah Anda. Tujuannya adalah agar sabun cuci muka bisa membantu membersihkan wajah sekaligus memenuhi kebutuhan kulit wajah. Untuk kulit wajah yang berminyak dan cenderung terlihat kusam karena mengilap dan kotor, misalnya, Anda butuh sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan mencerahkan.

Secara mendasar, ada empat jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui, yaitu kulit normal, berminyak, kering, dan kombinasi. Masing-masing jenis kulit ini memiliki ciri khas, baik berupa kelebihan dan kekurangan. Perlu Anda perhatikan bahwa jenis kulit bisa berubah karena faktor usia, iklim di tempat tinggal, nutrisi, kondisi kesehatan, dan lainnya. Tak ada salahnya Anda sesekali memeriksakan kulit wajah Anda ke dokter kulit untuk memastikan jenis dan masalahnya.

Masalah kulit wajah sendiri sangat beragam, ada yang berhubungan dengan jenis kulit dan ada juga yang berhubungan dengan faktor eksternal. Kulit yang kering mudah gatal dan kemerahan, sementara kulit yang berminyak biasanya mudah sekali berjerawat. Ada pula masalah kulit berupa penuaan dini, biasanya akibat paparan sinar matahari dan gaya hidup tak sehat. Kondisi kulit yang sensitif membuatnya mudah iritasi, sementara kulit dehidrasi umumnya mudah kusam dan kulit kehilangan kekenyalannya. 

Formula di Sabun Cuci Muka untuk Mencerahkan

Kulit yang kering dan dehidrasi biasanya mudah kusam karena kulit tak memiliki kandungan minyak dan air yang mencukupi untuk membuat kulit tetap lembap.  Kulit yang kusam ditandai dengan warnanya yang menggelap, kulit tampak lelah, tidak ada cahaya yang biasa terlihat di kulit wajah yang sehat, serta kulit terasa kasar saat disentuh.

Selain karena dehidrasi dan kering, kulit yang kusam juga disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Sebenarnya sel-sel kulit mati ini akan luruh secara alami dalam waktu 28 hari. Namun faktor usia serta kesehatan kulit dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk lebih cepat atau luruh lebih lama, membuat kulit menjadi kusam.

Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan produk-produk perawatan kulit yang membantu mencerahkan kulit wajah, dimulai dari sabun cuci muka untuk mencerahkan. Produk-produk yang mencerahkan wajah ini biasanya memiliki kandungan asam (acid) yang berfungsi sebagai eksfoliator yang melemahkan ikatan sel-sel kulit mati dengan kulit sehingga dapat luruh dengan cepat dan mudah. 

Salah satu asam yang populer digunakan dalam produk-produk perawatan kulit wajah yang mencerahkan adalah glycolic acid atau asam glikolat. Asam ini termasuk dalam kelompok AHA (alpha-hydroxy acids) dan dikenal dengan kemampuannya untuk menghidrasi kulit, mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, memudarkan noda hitam, dan melawan tanda-tanda penuaan dini. 

Karena manfaatnya ini, kandungan glycolic acid bisa Anda jumpai di sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit wajah. Sabun muka ini akan membantu membersihkan kulit wajah dari berbagai kotoran serta mengangkat lapisan di permukaan kulit yang menggelap, baik akibat tumpukan sel-sel kulit mati atau noda hitam akibat jerawat atau paparan sinar matahari. 

Dalam menggunakan sabun muka yang mengandung glycolic acid untuk sehari-hari, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Pastikan kandungan glycolic acid-nya berjenis clinical grade.
  • Kandungannya rendah dan sesuai untuk sabun muka, sehingga Anda terhindar dari iritasi.
  • Glycolic acid tergolong aman untuk semua jenis kulit. Namun jika kulit wajah Anda tergolong sensitif, ada baiknya gunakan 2-3 kali seminggu terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi iritasi, maka Anda bisa gunakan untuk sehari-hari. 

Tips Mencuci Muka untuk Hasil yang Optimal

Mungkin Anda mengira bahwa menggunakan sabun cuci muka untuk mencerahkan lebih sering akan membantu Anda mendapatkan wajah yang lebih cerah lebih cepat. Padahal tindakan ini tidak tepat. Mencuci muka lebih sering malah akan membuat kulit wajah Anda menjadi mudah kering dan iritasi. Anda cukup mencuci muka dua kali sehari pada pagi dan malam hari, serta saat kulit wajah benar-benar kotor dan sesaat setelah berolahraga.

Selain mencuci muka secukupnya, tips lain yang bisa Anda terapkan saat membersihkan dan mencuci muka dengan sabun cuci muka untuk mencerahkan adalah:

  • Pastikan kedua tangan Anda sudah dicuci terlebih dahulu menggunakan sabun. Mencuci muka dengan tangan yang kotor akan membuat bakteri di tangan berpindah ke kulit wajah. 
  • Jika Anda merias wajah, maka bersihkan dulu sisa makeup menggunakan makeup remover.  Sabun cuci muka umumnya tidak memiliki kemampuan untuk membersihkan makeup, karena itu Anda disarankan untuk melakukan pembersihan dua langkah ini. Setelah wajah Anda bersih dari makeup, baru Anda mencuci muka menggunakan sabun cuci muka yang bagus untuk memutihkan
  • Cuci muka selama 60 detik. Cuci muka yang dinilai efektif adalah yang dilakukan selama 60 detik, karena sabun cuci muka punya waktu untuk membersikan wajah dengan optimal. Untuk mengisi waktu, ratakan sabun cuci muka untuk mencerahkan di seluruh wajah sambil memijatnya. 
  • Perhatikan suhu air. Menggunakan air panas saat mencuci muka dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Bagi kulit wajah yang sensitif dan mudah iritasi, air panas dapat memicu kulit wajah meradang. Jadi, cukup gunakan air hangat dan air bersuhu ruang saat mencuci muka.

Menggunakan sabun cuci muka untuk mencerahkan kulit wajah dengan kandungan glycolic acid bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih, cerah, dan bebas noda hitam. Gunakan sabun cuci muka ini dengan menerapkan tips di atas agar Anda mendapatkan hasil yang optimal.

Sekarang Anda juga bisa mencoba L’Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanse Foam yang dapat mencerahkan wajah sekaligus menyamarkan noda hitam. Untuk hasil lebih maksimal gunakan juga rangkaian lengkap L’Oréal Paris Glycolic Bright dengan formula Glycolic Acid yang bantu mencerahkan wajah dalam 2 minggu. Anda bisa mendapatkan produk skincare terbaru dari L’Oréal Paris di website L’Oréal Paris Indonesia atau datang langsung ke gerai L’Oréal Paris di berbagai pusat perbelanjaan terkemuka di kota Anda.