CARA MENGATASI WAJAH KUSAM DENGAN PERAWATAN RUTIN MINGGUAN

Ciri kulit yang sehat adalah terasa lembap, cerah, dan bercahaya walaupun tanpa pulasan makeup. Jika wajah Anda terlihat kusam dan tidak bercahaya, mungkin sudah saatnya memperbarui skincare routine. Wajah kusam bisa terjadi karena banyak faktor yang menghilangkan cahaya alami kulit dan membuat kulit tampak lebih tua. Untuk mengetahui cara mengatasi wajah kusam dan mengembalikan cahaya alaminya, berikut penjelasan mengenai penyebab dan langkah-langkah perawatan yang bisa Anda lakukan.

Mengenal Penyebab Wajah Kusam

Kekusaman merupakan salah satu masalah kulit wajah yang paling umum. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang kehilangan cahaya alaminya sehingga memberikan kesan tua dan tidak sehat. Selain itu, warna dan tekstur kulit wajah juga tampak tidak merata, kulit cenderung menggelap, serta muncul noda hitam, garis halus, dan kerutan. Mengenal penyebabnya akan mempermudah Anda menemukan cara mengatasi wajah kusam.

Apa saja faktor yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam? Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor usia, perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. Faktor-faktor ini membuat regenerasi sel-sel kulit melambat sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati. Akibatnya, kulit pun tampak kusam, kering, dan tanda-tanda penuaan kulit terlihat jelas. 

Selain karena melambatnya regenerasi sel-sel kulit, dehidrasi juga dapat membuat kulit muka kusam dan berminyak. Kulit wajah menjadi dehidrasi saat kekurangan cairan atau kehilangan banyak cairan. Penyebabnya karena kurang asupan air atau karena skin barrier yang rusak sehingga kandungan air di kulit mudah menguap lewat pori-pori (dikenal dengan istilah trans-epidermal water loss). Dehidrasi juga membuat kulit memproduksi minyak berlebih untuk mencegah air menguap, karena itu kulit wajah jadi sangat berminyak.

Mengembalikan Wajah Cerah dan Muda Bercahaya

Setelah mengetahui penyebab dari kulit wajah kusam, Anda bisa mencari tahu cara mengatasi wajah kusam dan mengembalikan cahaya alaminya. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

  • Eksfoliasi 

Cara mengatasi wajah kusam yang paling utama adalah rutin melakukan eksfoliasi. Penumpukan sel kulit mati menyebabkan kulit wajah keriput dan kusam. Pada dasarnya, kulit bisa melakukan eksfoliasi secara alami, namun seiring pertambahan usia, kemampuan regenerasi kulit semakin menurun sehingga penumpukan sel kulit mati penyebab kulit kusam pun tak terhindari.

Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Pilih produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan membersihkan tumpukan sel-sel kulit mati yang menempel di wajah ini, produk skin care lainnya akan lebih mudah menyerap saat diaplikasikan dan memberi hasil yang optimal.

  • Hidrasi 

Anda perlu memerhatikan hidrasi kulit wajah dengan seksama karena dapat membuat kulit wajah tampak kusam. Kulit yang terhidrasi dengan baik memiliki kadar air yang cukup, baik di lapisan epidermis dan di permukaan, sehingga kulit menjadi lembap, cerah, kenyal, dan bercahaya. 

Cara mengatasi wajah kusam karena dehidrasi adalah dengan menggunakan produk skin care yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit wajah. Kandungan bahan humektan seperti hyaluronic acid bisa menjadi pilihan untuk menghidrasi semua jenis kulit karena kemampuannya dalam menarik air dan lingkungan dan mengikat air di kulit hingga 1.000 kali dari beratnya. 

  • Lindungi dari sinar UV

Perawatan kulit tidak akan memberi hasil sempurna jika melewatkan sunscreen sebagai tahap terakhir dalam skincare routine pagi Anda. Selalu gunakan sunscreen dengan perlindungan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk kulit wajah. Paparan sinar UV dari matahari secara langsung adalah musuh terbesar yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Sinar UV juga dengan cepat menyebabkan kulit wajah yang tak terlindungi sunscreen menjadi kering, kusam, dan terbakar.

  • Jaga pola hidup sehat

Selain perawatan dari luar, cara mengatasi wajah kusam juga harus dilakukan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Menjaga asupan makanan yang bernutrisi, mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh, rutin berolahraga, berhenti merokok, serta istirahat yang cukup bisa menjadi pendukung untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah, dan muda bercahaya.

Cara Mengatasi Wajah Kusam Menggunakan L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid

Produk skin care yang memiliki kandungan hyaluronic acid dapat membantu Anda untuk mengatasi kulit yang kusam. Sebagai humektan, hyaluronic acid dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lembap, kenyal, dan cerah. Senyawa gula ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai bahan di produk skin care karena bekerja dengan efektif, memberi hasil yang cepat, dan bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Rangkaian L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid mengandung hyaluronic acid dalam konsentrasi tinggi untuk membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit secara mendalam. Memiliki dua jenis hyaluronic acid berupa macro hyaluronic acid yang menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, serta micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan epidermis untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, cerah, dan bercahaya.

  • L'Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

Hydrating serum ini mengandung konsentrasi 0,5% macro hyaluronic acid dan 1% micro hyaluronic acid yang menyerap lebih dalam, lebih melembapkan, dan membuat kulit kenyal lebih lama. Hasilnya adalah kulit wajah yang terhidrasi secara instan sampai 42% dan tampak 42% lebih cerah seketika. Dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Tersedia dalam kemasan ukuran 30 ml dan 15 ml.

  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask

Masker wajah ini berupa lembaran sheet mask yang terbuat dari algae extract dan serum hyaluronic acid yang dikemas terpisah. Dengan pemakaian 15 menit saja, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, lebih lembap 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%. Setelah pemakaian selama satu minggu, kulit wajah tampak lebih muda, cerah, dan terasa kenyal. Gunakan sebagai perawatan rutin mingguan sebanyak tiga kali seminggu pada malam hari.

Lengkapi cara mengatasi wajah kusam Anda agar bekerja secara optimal dengan L’Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum dan L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask. Anda bisa mendapatkan rangkaian produk Revitalift di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/-ecommerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.