Cara Memilih Sunscreen Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Skin Care CARA MEMILIH SUNSCREEN YANG COCOK UNTUK KULIT BERMINYAK

Kesadaran masyarakat akan dampak buruk dari sinar matahari memang sudah semakin meningkat, diikuti dengan keinginan untuk memakai sunscreen. Namun sayangnya, masih banyak yang belum paham tentang cara memilih sunscreen yang sesuai jenis kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, ikuti tips memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak ini agar tak hanya memberi perlindungan terhadap sinar UV dari matahari, tapi juga mengontrol produksi minyak.

Pentingnya Menggunakan Sunscreen Setiap Hari 

Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dari L’Oréal Paris 

Pentingnya Menggunakan Sunscreen Setiap Hari 

Masyarakat Indonesia yang rata-rata memiliki kulit sawo matang memang terberkahi dengan jumlah melanin (zat pigmen kulit dan rambut) yang berlimpah sehingga kulit lebih terlindungi dari dampak buruk sinar matahari. Namun, kulit sawo matang tak berarti bebas dari dampak buruk sinar matahari, karena walaupun kulit tidak mudah terbakar, tapi rentan mengalami masalah hiperpigmentasi dan penuaan dini.

Sebaliknya untuk kulit yang warnanya lebih terang, kulit cenderung rentan terbakar matahari, diikuti dengan warna kulit jadi menggelap setelahnya akibat kulit kusam dan hiperpigmentasi. Karena itu, sebenarnya tidak ada alasan untuk orang Indonesia untuk melewatkan pemakaian sunscreen sehari-hari, karena sinar UV dari matahari dapat merusak kulit apapun warnanya.

Anda perlu pahami bagaimana sinar UV dari matahari, baik sinar UVA maupun UVB, dapat merusak kulit yang tak terlindungi sunscreen. Penggambarannya sebagai berikut:

- Sinar UVA, biasa disebut dengan UV aging, memiliki gelombang yang panjang sehingga dapat masuk ke lapisan epidermis kulit dan membuat kerusakan pada DNA sel-sel kulit. Sinar inilah yang memicu kulit mengalami hiperpigmentasi karena sel-sel melanosit langsung memproduksi banyak melanin. Selain itu, sinar UV ini juga merusak jaringan kolagen dan elastin, menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Jika terlalu banyak DNA yang rusak akibat paparan sinar matahari yang berlangsung terus-menerus, maka bisa memicu kanker kulit. 

- Sinar UVB, biasa disebut dengan UV burning, memiliki gelombang yang lebih pendek sehingga kerusakan berlangsung di permukaan kulit. Sinar ini yang membuat kulit menjadi kering, kusam, menggelap, terbakar, dan yang parah bisa sampai melepuh sehingga kulit meradang. Sinar UVB pun dapat menyebabkan kanker kulit dengan level yang lebih tinggi jika paparan sinar matahari berlangsung terus-menerus di kulit yang tidak terlindungi sunscreen.

Memilih Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Kesadaran untuk menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit wajah harus diikuti dengan pengetahuan memilih produk sunscreen yang yang sesuai dengan jenis kulit. Saat memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak, maka yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengenali dengan baik kulit wajah Anda.

Kulit berminyak memiliki kelenjar sebasea di pori-pori kulit yang aktif memproduksi minyak alami untuk melembabkan dan melindungi kulit dari agresor lingkungan. Namun karena produksinya berlebih, maka jumlah minyak juga akan berlebih di kulit wajah, membuat wajah terasa lengket dan tampak mengkilap hanya beberapa jam setelah Anda mencuci wajah. Kondisi ini membuat para pemilik jenis kulit wajah yang berminyak sering kali menjadi enggan menggunakan sunscreen karena khawatir akan membuat kulit wajah akan semakin berminyak. 

Sebenarnya pemilik kulit berminyak tak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak tersedia sunscreen untuk kulit berminyak di pasaran, baik dalam bentuk physical sunscreen maupun chemical sunscreen. Namun jika Anda ingin lebih yakin saat memilih produk sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak, maka Anda bisa menerapkan tips berikut ini:

1. Pilih sunscreen berbentuk losion, gel, spray, atau powder

Pemilik kulit berminyak disarankan untuk memilih sunscreen dalam bentuk losion, gel, dan spray karena memiliki kandungan air lebih banyak dibandingkan minyak. Sementara sunscreen dalam bentuk powder akan membantu menyerap minyak berlebih di kulit wajah, sehingga cocok dijadikan sunscreen untuk wajah berminyak. 

2. Pastikan berlabel non-comedogenic

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak selanjutnya adalah memastikan adanya label non-comedogenic. Produk yang non-comedogenic berarti tidak mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori-pori, sehingga Anda terhindar dari potensi terbentuknya komedo di pori-pori yang dapat memicu munculnya jerawat. 

3. Hindari menggunakan sunscreen untuk kulit tubuh di wajah

Umumnya, sunscreen untuk kulit tubuh memiliki tekstur yang lebih kental, berat, dan berminyak. Hal ini dapat memicu munculnya jerawat di wajah karena pori-pori yang tersumbat. Jika sunscreen dapat digunakan di wajah dan tubuh, maka pastikan bahwa bahan-bahannya bersifat non-comedogenic dan aman sebagai sunscreen kulit berminyak.

4. Pilih physical sunscreen jika kulit berminyak dan rentan berjerawat

Physical sunscreen merupakan jenis sunscreen yang bersahabat dengan kulit sensitif dan rentan berjerawat karena bekerja dengan cara membuat lapisan pelindung di permukaan kulit wajah. Berbeda dengan chemical sunscreen yang bahan-bahannya menyerap ke dalam kulit sehingga dapat mengiritasi kulit sensitif dan rentan berjerawat. Jadi, jika Anda mencari sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, bisa memilih physical sunscreen

Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dari L’Oréal Paris 

L’Oréal Paris hadir dengan rangkaian L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector dengan pilihan varian produk yang sesuai dengan jenis kulit. Seluruh rangkaian produk sunscreen ini membantu mencegah kulit tampak 5 tahun lebih tua dengan perlindungan SPF 50+ dan PA ++++. Formulanya juga memberi perlindungan dari partikel polusi PM 2,5 yang dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya serta membuat kulit mengalami penuaan. 

Untuk jenis kulit wajah yang berminyak, Anda bisa memilih L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh. Sunscreen L’Oréal untuk kulit berminyak ini memiliki kandungan airlicium yang dapat mengontrol produksi minyak lebih lama di kulit wajah dan membuat keringat cepat menguap. Setelah aplikasi, hasilnya adalah tampilan yang matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan di cuaca yang panas dan lembab.

Gunakan L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh sebagai penutup skincare routine Anda pada pagi hari. Aplikasikan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak ini sebanyak dua jari penuh di seluruh wajah dan leher secara merata. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan dekat dengan jendela, maka aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali agar perlindungannya optimal.  

Memahami pentingnya menggunakan sunscreen dan memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak akan membuat kulit wajah Anda terlindungi dengan optimal dari efek buruk sinar matahari. L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh tersedia di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.