Skin Care BISA DILAKUKAN DI RUMAH, INI CARA MENGECILKAN PORI-PORI WAJAH AGAR TERLIHAT MULUS

Ada orang-orang yang memiliki pori-pori yang besar dan tampak jelas di wajah, dan sebaliknya, ada pula yang kulit wajahnya terlihat halus dan mulus sampai seakan-akan tak berpori. Pori-pori wajah yang terlihat jelas bisa sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Kondisi ini membuat para pemilik pori-pori besar mencari berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus, sampai tak segan untuk melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan. Padahal, mengecilkan ukuran pori-pori bisa dilakukan di rumah dengan cara yang tepat.

Bisakah Pori-Pori Berubah Ukuran?

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus

 

Bisakah Pori-Pori Berubah Ukuran?

Untuk mengetahui cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus, Anda terlebih dahulu harus memahami tentang pori-pori dan meluruskan mitos yang beredar tentang bagian kulit ini. Pori-pori adalah lubang-lubang kecil di kulit wajah yang terdiri dari dua jenis, ada yang di dalamnya terdapat folikel rambut dan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak, serta ada pula pori-pori yang di dalamnya terdapat kelenjar keringat. Karena itu, lubang pori menjadi tempat keluarnya rambut atau bulu, minyak alami untuk melembabkan kulit, serta keringat. 

Secara mendasar, ukuran pori-pori seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika orang tua dan keluarga besar Anda banyak yang memiliki pori-pori wajah besar dan jelas terlihat, maka Anda kemungkinan besar juga memilikinya. Selain itu, ada juga faktor-faktor lain yang menyebabkan ukuran pori-pori membesar, yaitu:

  • Produksi minyak berlebih. Kondisi ini terjadi saat kelenjar sebasea aktif memproduksi minyak yang memicu kulit wajah berminyak dan memiliki pori-pori besar di wajah.  
  • Berkurangnya elastisitas kulit wajah. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, di antaranya adalah usia dan paparan sinar UV dari matahari yang berlangsung secara terus-menerus. Faktor-faktor ini dapat membuat produksi kolagen di kulit menurun dan kulit mengalami dehidrasi sehingga tak lagi kenyal dan jaringan kulit melemah. Akibatnya, pori-pori pun terlihat besar.
  • Sumbatan. Saat pori-pori tempat folikel rambut tersumbat, bisa oleh kotoran, minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan sisa make up, maka ukurannya secara otomatis akan membesar. Setelah sumbatan tersebut dibersihkan, maka ukuran pori-pori akan kembali mengecil ke aslinya. 

Apakah ini berarti ukuran pori-pori seseorang dapat mengecil? Tergantung konteksnya. Ukuran pori-pori yang asli dan bersifat genetik tidak bisa mengecil. Namun jika pori-pori di wajah Anda membesar karena faktor-faktor di atas, maka bisa diterapkan cara mengatasi pori-pori besar agar kembali mengecil ke ukuran aslinya. 

Fakta lain tentang pori-pori yang perlu Anda ketahui adalah mulut pori-pori tidak bisa membuka dan menutup dengan sendirinya karena tidak memiliki otot. Jika pori-pori sampai tertutup, maka tumpukan kotoran atau sel-sel kulit mati lah yang menutup pori-pori. Ini yang berpotensi menyebabkan terbentuknya komedo dan jerawat.

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus

Anda yang memiliki pori-pori besar tidak perlu berkecil hati. Walau ukuran asli pori-pori tidak dapat dikecilkan, tapi tampilan pori-pori dapat disamarkan sehingga tidak mencuri perhatian orang lain. Berikut ini cara-cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus tanpa Anda harus melakukan perawatan di salon kecantikan.

  • Membersihkan wajah dua kali sehari serta setelah berkeringat.

Biasakan untuk membersihkan wajah pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari setelah selesai beraktivitas, serta setelah melakukan aktivitas yang memicu produksi keringat ekstra seperti berolahraga. Tips mengecilkan pori-pori ini sangat efektif karena pori-pori yang bersih selalu tampak lebih kecil.

Jika Anda terbiasa merias wajah setiap hari, maka lakukan double cleansing pada malam hari dengan membersihkan sisa produk make up terlebih dahulu menggunakan make up remover. Setelahnya, cuci wajah menggunakan pembersih wajah untuk mengecilkan pori-pori

  • Lakukan eksfoliasi kulit wajah secara berkala

Eksfoliasi membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. Ada dua cara melakukan eksfoliasi, yaitu eksfoliasi fisik menggunakan alat pembersih wajah dan scrub, serta eksfoliasi kimia yang menggunakan acid. Jenis eksfoliasi kimia paling direkomendasikan untuk semua jenis kulit karena eksfoliasi fisik relatif lebih abrasif sehingga dapat merusak kondisi skin barrier kulit. Namun pemilik kulit wajah berminyak bisa sesekali melakukan eksfoliasi fisik jika dirasa perlu.

  • Menggunakan produk-produk perawatan kulit wajah yang berbahan dasar air

Saat pori-pori wajah berukuran besar, maka yang harus Anda hindari adalah menggunakan produk-produk perawatan wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Anda disarankan untuk menghindari penggunaan produk yang berbahan dasar minyak yang berpotensi tinggi menyumbat pori-pori dan memilih yang berbahan dasar air. Pilih juga produk yang memberi klaim non-comedogenic karena berarti tidak menggunakan bahan-bahan yang dapat menyumbat pori. 

  • Menggunakan bahan aktif yang “mengecilkan” pori-pori

Cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus selanjutnya adalah memastikan bahwa produk-produk perawatan kulit wajah Anda mengandung bahan aktif yang dapat membantu ukuran pori-pori tidak membesar. Bahan-bahan yang tergolong acid, seperti glycolic acid yang masuk kelompok AHA dan salicylic acid yang masuk kelompok BHA, dapat masuk ke dalam pori-pori untuk membersihkan secara mendalam sehingga ukurannya tidak membesar. Bahan seperti glycolic acid ini bisa Anda dapatkan pada L’Oréal Paris Glycolic-Bright.

Menggunakan produk-produk perawatan kulit yang mengandung retinol juga disarankan karena dapat mendorong produksi kolagen di lapisan kulit sehingga kulit kembali padat dan elastis. Anda bisa menggunakan serum atau pelembab yang mengandung retinol pada malam hari karena bahan aktif ini sensitif terhadap cahaya matahari.

  • Menjaga kelembaban kulit wajah

Mungkin ada yang berpikir bahwa melembabkan kulit wajah yang berminyak tak perlu dilakukan dan malah dapat memicu masalah. Padahal, jika kulit wajah terjaga kelembabannya setelah menggunakan produk pelembab, maka kelenjar sebasea akan mengurangi produk minyak karena dirasa kulit sudah cukup lembab. Secara tidak langsung, menggunakan pelembab dapat menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus.

  • Selalu memakai sunscreen

Jika terpapar terlalu lama dan berulang-ulang di kulit wajah yang tak terlindungi, sinar UV dari matahari dapat mengakibatkan kerusakan serius. Salah satu dampak buruknya adalah merusak kolagen dalam waktu yang sangat cepat sehingga elastisitas kulit berkurang. Karena itu, sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus, jangan pernah lupa mengaplikasikan sunscreen. Gunakan L'Oreal Paris UV Defender Daily UV Serum Protector dengan SPF 50+ yang cukup di kulit wajah setiap hari mulai jam sembilan pagi sampai tiga sore. 

Jika cara mengecilkan pori-pori wajah agar terlihat mulus ini Anda terapkan secara rutin dan konsisten, maka pori-pori wajah akan tampak lebih kecil. Dukung juga cara-cara ini dengan penerapan pola hidup sehat sehingga kesehatan kulit wajah selalu terjaga.