Skin Care Bekas Jerawat atau Belang? Ini Cara Meratakan Warna Kulit Wajah dengan Cepat

Masalah hiperpigmentasi di wajah bisa sangat mengganggu penampilan karena warna kulit wajah menjadi tidak merata. Hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan jika tidak diatasi dengan cara meratakan warna kulit wajah yang tepat, maka bisa membuat tampilan wajah jauh dari glowing. Penanganan sejak awal akan membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi dan warna kulit merata dengan cepat.

Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Agar Tidak Belang

Produk Terbaik Sebagai Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

 

Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit tidak merata pada wajah terjadi saat sel-sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin (zat pigmen di rambut dan kulit) akibat terpicu oleh beberapa kondisi. Saat melanin diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak, maka area kulit tempat sel-sel melanosit itu berada akan menjadi lebih gelap dibanding area sekitarnya sehingga wajah terlihat belang.

Agar Anda tahu cara meratakan warna kulit wajah, penting untuk tahu penyebabnya terlebih dahulu. 

  • Sinar UV

Penyebab utama warna kulit tidak merata adalah paparan sinar matahari. Sinar UV yang terdapat di sinar matahari di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen bisa memicu produksi melanin yang bertugas melindungi kulit dari kerusakan. Dalam jangka pendek, produksi melanin berlebih bisa membuat kulit wajah lebih gelap, seperti saat Anda berenang seharian di bawah terik matahari. Sementara jika berlangsung berulang-ulang, hal ini dapat menyebabkan munculnya noda hitam yang disebut lentigo dan warna kulit tidak merata di wajah.

  • Jerawat dan bekas jerawat

Jerawat juga bisa menyebabkan kulit wajah jadi tidak merata. Saat jerawat muncul, kulit biasanya mengalami peradangan dan warnanya menjadi kemerahan. Sedangkan setelah jerawat sembuh, biasanya akan terbentuk noda hitam yang sering disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). 

  • Hormon

Fluktuasi hormon juga dapat menyebabkan warna kulit wajah tidak merata. Noda yang muncul disebut sebagai melasma, yang terjadi akibat meningkatnya produksi hormon tertentu. Hal ini umumnya terjadi saat kehamilan juga saat seorang perempuan menggunakan alat kontrasepsi. Melasma akan hilang dengan sendirinya saat produksi hormon kembali stabil.

  • Pertambahan usia

Penelitian menunjukkan, isu hiperpigmentasi ini bisa terjadi pada semua jenis kulit seiring pertambahan usia. Noda hitam yang muncul disebut dengan age spot, biasanya muncul di area tubuh yang sering terpapar sinar matahari, termasuk wajah. 

Konsumsi obat-obat tertentu juga dapat memicu hiperpigmentasi kulit. 

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Agar Tidak Belang

Untuk mendapatkan kulit yang cerah merata di seluruh wajah, ada beberapa cara mengatasi warna kulit wajah tidak merata yang bisa Anda lakukan.

Walaupun cuaca mendung atau hujan, Anda dianjurkan untuk tetap memakai sunscreen karena sinar UV dari matahari dapat menembus awal tebal dan hujan. Sinar UVA bahkan dapat menembus kaca jendela, sehingga jika Anda rutin beraktivitas di dalam ruangan dan dekat jendela, maka tetap harus memakai sunscreen. Memakai sunscreen tak hanya menjadi cara meratakan warna kulit wajah, tapi juga mencegah terbentuknya noda yang baru. 

  • Eksfoliasi 

Di atas permukaan terdapat tumpukkan sel-sel kulit mati yang menunggu untuk luruh dengan sendirinya setiap 28-30 hari. Namun kadang, proses ini tidak berjalan seperti seharusnya sehingga sel-sel kulit mati terus menumpuk dan membuat kulit wajah tampak kusam. Eksfoliasi secara rutin membantu meluruhkan sel-sel kulit mati tersebut sehingga sel-sel kulit baru yang segar dan cerah dapat naik ke permukaan kulit. Tak hanya wajah tampak cerah, noda-noda hitam juga memudar.

  • Memilih bahan aktif yang mengatasi hiperpigmentasi

Ada beberapa bahan aktif untuk produk skincare yang terbukti dapat membantu memudarkan noda hitam akibat hiperpigmentasi, di antaranya adalah Vitamin C, niacinamide (Vitamin B), dan glycolic acid. Sebagai bagian dari AHA (alpha-hydroxy acid), glycolic acid dapat berperan eksfoliasi kulit wajah dan membersihkan secara mendalam sampai ke pori-pori. Ini membuat glycolic acid dapat membantu penyembuhan jerawat. Tak hanya itu, Glycolic acid juga dapat membantu menghidrasi kulit wajah dan menyamarkan kerutan. 

  • Perawatan di klinik kecantikan

Cara meratakan warna kulit wajah ini cocok untuk Anda yang butuh hasil cepat. Anda bisa datang ke klinik kecantikan dan berkonsultasi dengan dokter kulit di sana untuk mengetahui pilihan apa saja yang Anda punya. Beberapa bentuk perawatan yang bisa Anda pertimbangkan adalah chemical peeling, terapi laser, dan mikrodermabrasi. 

Produk Terbaik Sebagai Cara Meratakan Warna Kulit Wajah

Untuk Anda yang ingin meratakan warna kulit wajah dengan perawatan menggunakan produk-produk skincare, L'Oréal Paris menghadirkan rangkaian Glycolic Bright yang terinspirasi dari prosedur peeling. Rangkaian ini telah teruji secara klinis dapat memudarkan noda hitam sampai -57%. Bahan aktif berupa Brightening Glycolic Acid bekerja pada empat dimensi cahaya kulit yang membuat cahaya kulit berkurang dari waktu ke waktu, yaitu noda hitam, kulit kusam, warna tidak rata dan terasa kasar.

Cara meratakan warna kulit wajah dengan rangkaian L’Oréal Paris Glycolic Bright mencakup produk-produk berikut: 

Memiliki busa yang lembut dan tebal, pembersih wajah ini dapat membersihkan kotoran dan sisa makeup secara menyeluruh sekaligus mengeksfoliasi kulit wajah dengan lembut. Pemakaian rutin akan membuat kekusaman di kulit wajah berkurang sehingga wajah tampak bersih dan bercahaya.

Serum wajah yang memiliki kandungan konsentrasi glycolic acid yang optimal sebesar 1%. Setelah pemakaian, serum ini langsung membuat kulit wajah Anda tampak cerah dan glowing. Sedangkan pemakaian produk yang membuat wajah glowing ini selama empat minggu terbukti klinis dapat menyamarkan noda hitam sampai -57%; warna kulit juga tampak lebih merata dan cerah. 

Krim pelembab pagi ini dapat membantu mencerahkan dan memudarkan noda hitam di kulit wajah. Penggunaan secara rutin setiap dapat melembabkan kulit wajah secara intens serta membantu proses pembaruan kulit wajah, mengurangi tampilan kulit kusam, dan memberi perlindungan kulit terhadap sinar UV dari matahari. 

Selain Brightening Glycolic Acid, krim malam ini juga mengandung Vitamin E sehingga dalam semalam dapat mencerahkan dan menjadikan kulit tampak bercahaya. Krim malam ini juga terbukti secara klinis membantu memperbaiki skin barrier, melembabkan kulit secara intensif, dan memudarkan noda hitam. 

Untuk perawatan berkala, Anda bisa tambahkan pemakaian serum mask ini, yang telah terbukti secara klinis bisa memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit seketika. Pemakaian selama 15 menit akan secara intens menutrisi dan meratakan warna kulit membuat wajah Anda langsung terlihat glowing

Terapkan cara meratakan warna kulit wajah dengan menggunakan produk-produk L’Oréal Paris Glycolic Bright secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal dan cepat. Rangkaian ini bisa Anda dapatkan di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.