Skin Care

6 MANFAAT MENGGUNAKAN SUNSCREEN YANG PERLU DIKETAHUI!

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit tampak cerah dan terawat adalah dengan pemakaian skincare. Ada banyak sekali produk perawatan wajah yang wajib digunakan, satu di antaranya adalah sunscreen. Nah, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat sunscreen yang bisa didapatkan jika rutin digunakan. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini! 

DAFTAR ISI

Manfaat Sunscreen

Panduan Menggunakan Sunscreen yang Benar

Rekomendasi Sunscreen Terbaik

10 Manfaat Sunscreen 

Berbagai manfaat sunscreen di antaranya, yakni: 

  1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kamu pasti tahu jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah. Untuk jangka pendeknya, efek buruk yang bisa dirasakan adalah kulit menjadi memerah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. Sementara untuk jangka panjangnya bisa menyebabkan proses penuaan dini yang mengarah pada kerutan, flek, bahkan yang lebih parah adalah kanker kulit. 

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA mampu merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul. Sementara sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit, dan efek panjangnya bisa memicu terjadinya kanker kulit. Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan. Salah satu manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di luar ruangan. 

  1. Mencegah Kulit Terbakar

Salah satu manfaat sunscreen lainnya adalah mencegah kulit terbakar. Bila terlalu lama melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, lama kelamaan dapat membuat wajah jadi memerah. Hal ini mengakibatkan kulit menjadi belang atau terbakar jika sinar matahari terlalu panas atau terpapar terlalu lama. Dengan pemakaian sunscreen, kulit wajah menjadi terlindungi. 

  1. Membuat Warna Kulit Tetap Merata

Apakah kamu pernah mengalami kulit tidak merata di beberapa area wajah? Misalnya terlihat lebih gelap dibandingkan kulit di dekatnya? Mungkin juga tiba-tiba muncul flek-flek hitam di wajah padahal sebelumnya kamu tidak berjerawat. Mungkin saja hal-hal tersebut terjadi karena kulit kamu tidak dilindungi oleh sunscreen. Makanya, manfaat sunscreen salah satu adalah dengan membuat warna kulit merata. 

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Sunblock dan Sunscreen 

  1. Mencegah Munculnya Komedo

Komedo pasti menjadi salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu. Penyebab munculnya komedo, salah satunya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting bagi kamu, yang memiliki kulit wajah yang rentan berjerawat untuk memakai sunscreen. Saat membeli sunscreen pilihlah produk yang cocok dengan jenis kulit wajah kamu. 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat sunscreen lainnya untuk membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Efek buruk dari paparan sinar matahari dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Misalnya, kulit kering, kasar, muncul bintik hitam, garis halus, bahkan kerutan pada wajah. Bila tanda-tanda penuaan dini tersebut tidak ingin terjadi, gunakanlah sunscreen sebelum keluar ruangan dan sebelum menggunakan makeup. 

  1. Mencegah Kanker Kulit

Bila terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. Bila DNA mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. 

Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini bisa diminimalisir. 

  1. Menjaga Kelembapan Kulit

Sunscreen membantu menjaga kelembapan kulit dengan menghalangi dehidrasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Manfaat sunscreen sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Fungsi sunscreen untuk wajah tidak hanya melindungi dari sinar matahari, tetapi juga membantu mempertahankan kelembapan alami kulit. 

  1. Mengurangi Risiko Hiperpigmentasi

Pemakaian sunscreen secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya hiperpigmentasi, seperti bintik-bintik gelap dan melasma. Fungsi sunscreen untuk wajah dalam hal ini sangat krusial untuk menjaga warna kulit tetap merata. Manfaat sunscreen dalam mengurangi hiperpigmentasi membantu kulit terlihat lebih cerah dan sehat. 

  1. Melindungi dari Radiasi Inframerah dan Sinar Biru

Sunscreen juga dapat melindungi kulit dari efek negatif radiasi inframerah dan sinar biru yang dikeluarkan oleh matahari dan perangkat elektronik. Manfaat sunscreen dalam melindungi dari radiasi ini sangat penting, terutama dalam era digital saat ini. Fungsi sunscreen untuk wajah dalam melindungi dari sinar biru membantu menjaga kesehatan kulit jangka panjang. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Secara Menyeluruh

Penggunaan sunscreen secara teratur dapat meningkatkan kesehatan keseluruhan kulit dengan mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Fungsi sunscreen untuk wajah dalam meningkatkan kesehatan kulit adalah melalui perlindungan terhadap kerusakan seluler yang dapat menyebabkan inflamasi dan degradasi kulit. Manfaat sunscreen juga termasuk dalam mencegah kerusakan DNA yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit. 

Semoga dengan mengetahui manfaat atau fungsi sunscreen di atas, kamu tidak lagi meninggalkan produk skincare yang satu ini ya. Dengan pemakaian yang rutin, tentu saja kamu akan mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah. 

5 Panduan Menggunakan Sunscreen yang Benar 

Berikut adalah panduan menggunakan sunscreen yang benar: 

  1. Pilih SPF yang Sesuai

Manfaat sunscreen sangat bergantung pada SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kegiatan Anda di luar ruangan. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan optimal. Fungsi sunscreen untuk wajah dalam melindungi kulit dari kerusakan UV sangat penting, jadi pastikan memilih SPF yang tepat. 

  1. Aplikasikan Secara Merata

Untuk memastikan fungsi sunscreen untuk wajah berjalan maksimal, aplikasikan sunscreen secara merata ke seluruh wajah dan area kulit yang terpapar. Manfaat sunscreen maksimal bisa didapatkan jika kamu mengaplikasikannya secara menyeluruh. 

  1. Gunakan Secara Rutin

Menggunakan sunscreen secara rutin adalah kunci untuk mendapatkan manfaat sunscreen secara penuh. Aplikasikan ulang setiap dua jam sekali atau lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang. Fungsi sunscreen untuk wajah dalam melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari membutuhkan aplikasi yang konsisten. 

  1. Gunakan Jumlah yang Cukup

Aplikasikan sekitar satu sendok teh sunscreen untuk seluruh wajah dan leher. Manfaat sunscreen dapat berkurang jika kamu tidak menggunakan cukup produk. Pastikan bahwa fungsi sunscreen untuk wajah optimal dengan menggunakan jumlah yang cukup. 

  1. Aplikasikan Sebelum Keluar Rumah

Aplikasikan sunscreen sekitar 15-30 menit sebelum kamu keluar rumah. Hal ini memberikan waktu bagi sunscreen untuk diabsorpsi kulit dan memaksimalkan fungsi sunscreen untuk wajah. Manfaat sunscreen terbaik dapat dicapai dengan aplikasi yang tepat waktu. 

Rekomendasi Sunscreen Terbaik L’Oréal Paris 

Masih bingung menentukan sunscreen? Salah satu yang bisa digunakan adalah Sunscreen L’Oréal Paris UV Defender. Sunscreen wajah dengan oil-free formula ini mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV dengan hasil akhir yang matte (tidak menimbulkan tampilan wajah yang berkilau) setiap hari. Dengan begitu, kulit bisa terlindungi dari efek paparan sinar matahari. 

Kandungan di dalamnya ada mexoryl XL Filter dan Long UVA Filters. Kedua kandungan ini dapat membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Ada pula kandungan detoxyl yang akan membantu melindungi kulit dari partikel polusi dan debu pada kulit. 

Kandungan mattifying pure clays yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih untuk hasil akhir tanpa kilap. Selain itu, produk ini juga mengandung 3 ekstrak tanaman astringent yang mampu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit. Tekstur dari sunscreen wajah dari L’Oréal Paris ini cenderung kental namun tidak lengket dan cukup ringan saat digunakan sehingga mudah diratakan pada kulit. 

Untuk cara menggunakan sunscreen, cukup oleskan secara merata ke seluruh area wajah. Diamkan beberapa menit sebelum menggunakan makeup dan beraktivitas di luar ruangan agar meresap dengan sempurna. Dapatkan sunscreen wajah L'Oreal Paris di gerai resmi L’Oréal Paris maupun drugstore yang ada di berbagai pusat perbelanjaan. 

Kamu juga bisa menganalisa kulit kamu dengan menggunakan fitur skin genius dari L’Oréal Paris Indonesia, dengan fitur ini kamu bisa mendapatkan rutinitas skin care yang sesuai kebutuhan kulitmu. Ayo coba fitur skin genius di sini atau melalui banner di bawah ini! 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/6-manfaat-menggunakan-sunscreen-yang-perlu-diketahui" }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/ketahui perbedaan sunblock dan sunscreen sebelum membelinya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2024-05-03T06.02.32+00:00", "dateModified": "2024-05-20T03.40.08+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"<p>Disaat anda melakukan keseharian di luar rumah setiap hari, pastinya anda akan terpapar sinar matahari secara konstan. Setiap orang perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.</p> <p>&nbsp;</p> <p style="text-align: center; font-size:18px;"><strong>Kenali jenis kulit wajah Anda dengan teknologi canggih dari L'Oreal Paris Skin Genius!&nbsp;</strong></p> <p style="text-align: center; font-size:18px;"><strong><a rel="noopener noreferrer" rel="noopener noreferrer" href="https://www.loreal-paris.co.id/revitalift/day-cream-20ml/?dsf-app=true&amp;utm_source=google&amp;utm_medium=banner_article&amp;utm_campaign=skg4&amp;utm_id=OAPvtoctaskg" target="_blank">Coba Sekarang</a></strong></p>" } }, { "@type":"ListItem", "position": 2, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/mitos-dan-fakta-penggunaan-sunscreen-wajah-di-dalam-ruangan", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/mitos dan fakta penggunaan sunscreen wajah di dalam ruangan", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-11-20T03.49.55+00:00", "dateModified": "2023-11-20T03.50.33+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Selama ini Anda sudah tahu bahwa Anda wajib menggunakan sunscreen wajah saat di luar ruangan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Apalagi mengingat Indonesia beriklim tropis dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun, tentunya penggunaan tabir surya adalah sebuah keharusan sehari-hari. Namun, bagaimana jika di dalam rumah, perlukah memakai sunscreen di dalam ruangan?" } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/6-manfaat-menggunakan-sunscreen-yang-perlu-diketahui", "name": "beauty magazine/6 manfaat menggunakan sunscreen yang perlu diketahui" } } ] }