MITOS DAN FAKTA SEPUTAR PENGGUNAAN SUNSCREEN WAJAH DI DALAM RUANGAN

Selama ini Anda sudah tahu bahwa Anda wajib menggunakan sunscreen wajah saat di luar ruangan untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Apalagi mengingat Indonesia beriklim tropis dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun, tentunya penggunaan tabir surya adalah sebuah keharusan sehari-hari. Namun, bagaimana jika di dalam rumah, perlukah memakai sunscreen di dalam ruangan?

Belakangan ini waktu Anda berada di luar rumah menjadi semakin sedikit akibat pandemi COVID-19. Banyak orang yang merasa kulit mereka jadi lebih terang karena tak terpapar teriknya matahari. Sayangnya, karena tidak lagi ke luar rumah, banyak yang lantas melupakan dan melewatkan kebiasaan harian menggunakan sunscreen wajah. Padahal sunscreen sebaiknya tak hanya digunakan saat berada di luar rumah, tapi juga saat di dalam rumah.


Agar lebih jelas tentang penggunaan sunscreen, ketahui mitos dan fakta seputar pakai sunscreen di rumah dan di dalam ruangan untuk melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar UV. 


Mitos: Tak Perlu Menggunakan Sunscreen Wajah di Dalam Ruangan

 

Mungkin Anda pikir Anda terlindungi dari paparan sinar UV dari matahari saat berada di dalam ruangan. Namun Anda perlu tahu kalau sinar matahari tetap bisa masuk melalui jendela dan mengenai kulit wajah. Jadi, Anda tetap perlu menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV walau di dalam rumah. Sinar UVA, yang merupakan 95% dari cahaya matahari yang mencapai Bumi, masih bisa masuk melalui jendela dan menyentuh kulit. Setelah masuk di dalam rumah, sinar UVA akan dipantulkan oleh lantai, cermin, beton, dan permukaan datar lainnya sehingga dapat menjangkau sudut-sudut rumah.


Karena itu, perkataan bahwa Anda tak perlu menggunakan sunscreen wajah di dalam rumah itu hanya mitos. Jika Anda sudah tahu dampak buruk dari radiasi sinar UV, Anda pasti tak ingin melewatkan pemakaian tabir surya ini. Radiasi sinar UVA, atau disebut juga UV Aging, dapat membuat kulit wajah Anda mengalami penuaan berupa munculnya garis-garis halus, kerutan, dan noda hitam (hiperpigmentasi), serta berkurangnya elastisitas kulit. Bahkan menurut penelitian, 80% dari penuaan kulit wajah terjadi akibat paparan sinar UV. Tak hanya itu, sinar UVA dapat merusak DNA dan menyebabkan kanker kulit yang mematikan, yaitu melanoma.


Jika lapisan dalam kulit rusak akibat radiasi sinar UVA, maka permukaan kulit dirusak oleh radiasi sinar UVB (UV Burning). Paparan sinar UVB dengan cepat dapat membuat kulit kusam, kemerahan, dan terbakar, serta dapat menyebabkan terjadinya beberapa jenis kanker kulit. Karena gelombang sinar UVB lebih pendek maka tidak dapat menembus kaca jendela, namun tetap saja, Anda disarankan menggunakan sunscreen wajah di dalam rumah sebagai perlindungan dari sinar UVA.  


Fakta: Sunscreen Juga Bisa Melindungi dari Bahaya Sinar Lain

 

Selain sinar UV, ada beberapa jenis sinar lain yang bertebaran di dalam rumah perlu Anda ketahui. Visible light adalah cahaya yang bisa Anda lihat keberadaannya, ini termasuk cahaya dari sumber alami (seperti sinar matahari) dan cahaya artifisial (sinar biru dari layar gawai). Sinar ini juga bisa mengacu kepada HEV (High Energy Visible) light


Menurut penelitian, sinar biru yang berasal dari gawai elektronik, seperti layar ponsel, komputer, atau tablet, dapat memberi dampak negatif yang serupa seperti sinar UV dari matahari, yaitu meningkatkan aktivitas radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Hal ini disebabkan oleh stres oksidatif sehingga dapat merusak jaringan kolagen dan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan kulit, serta kulit mengalami peradangan dan kemerahan.


Kekuatan sinar biru ini memang tidak sebesar sinar UV, namun tetap perlu Anda waspadai. Pemakaian sunscreen wajah dapat membantu menghalangi paparan sinar biru ini di kulit wajah sehingga dampak negatifnya pun bisa dikurangi. 


Cara Melindungi Kulit Wajah di Dalam Ruangan

 

Dengan kehadiran sinar UVA dan sinar biru di dalam ruangan, kulit wajah Anda pun membutuhkan perlindungan dari dampak negatifnya. Berikut cara yang bisa Anda lakukan:

  • Melakukan skincare routine setiap pagi yang ditutup dengan pemakaian sunscreen wajah.

  • Memilih sunscreen yang berspektrum luas untuk memastikan kulit wajah Anda terlindungi dari sinar UVA dan UVB, yaitu yang memiliki kandungan SPF dan PA. SPF akan melindungi kulit wajah dari radiasi sinar UVB, sementara PA melindungi dari sinar UVA. Untuk iklim tropis Indonesia, disarankan menggunakan sunscreen wajah minimal SPF 30 dan PA+++.

  • Sunscreen yang menambahkan kandungan bahan aktif untuk perawatan kulit wajah tak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit wajah, tapi juga membantu merawatnya.


Sunscreen Wajah untuk di Dalam Ruangan dari L’ORÉAL Paris

 

Tak perlu bingung mencari sunscreen untuk di rumah, karena L’ORÉAL Paris menghadirkan rangkaian sunscreen terbaru L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector yang dapat Anda gunakan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Sunscreen wajah ini dilengkapi dengan SPF 50+ PA++++ membuatnya menjadi sunscreen dengan spektrum luas dengan perlindungan optimal dari sinar UV, sehingga membantu mencegah kulit tampak 5 tahun lebih tua dan menjaga kulit wajah dari tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam.


L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector tersedia dalam empat varian yang masing-masing dilengkapi dengan kandungan bahan perawatan kulit terbaik. Formulanya tidak meninggalkan residu putih, tidak lengket, dan tidak membuat kulit tampak mengilap. 

 

  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear: Mengandung brightening niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah seketika hingga 84%. 

  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh: Kandungan airlicium memberi tampilan akhir matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan saat cuaca panas pada suhu 45 derajat Celcius dan kelembapan 80%.

  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect: Dilengkapi dengan Vitamin Cg (turunan dari Vitamin C) sebagai antioksidan yang menetralkan radikal bebas. Juga mengandung apricot pigment yang dapat menyatu dengan kulit secara optimal agar warna kulit tampak merata dan bercahaya.

  • L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh: Membantu melembapkan dan menghidrasi kulit wajah dengan kandungan hyaluronic acid


Sekarang Anda tak perlu lagi percaya dengan mitos soal penggunaan sunscreen wajah di dalam ruangan, terlebih dengan adanya perlindungan kulit wajah terbaik dari L’ORÉAL Paris Daily UV Defender UV Serum Protector. Anda bisa membeli varian sunscreen ini yang paling sesuai di official store L’ORÉAL Indonesia di marketplace, serta di gerai L’ORÉAL Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.

Sunscreen Wajah
Caption
Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: