Skin Care

KETAHUI PERBEDAAN SUNBLOCK DAN SUNSCREEN SEBELUM MEMBELINYA

Disaat anda melakukan keseharian di luar rumah setiap hari, pastinya anda akan terpapar sinar matahari secara konstan. Setiap orang perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

Kenali jenis kulit wajah Anda dengan teknologi canggih dari L'Oreal Paris Skin Genius! 

Coba Sekarang

DAFTAR ISI

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock

5 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Pilih Sunblock atau Sunscreen? 

6 Cara Pemakaian Sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh 

Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock? 

Produk sunscreen dan sunblock sering kita jumpai penggunaannya di kehidupan sehari-hari. Mungkin sering kali kalian bertanya apa perbedaan sunblock dan sunscreen?  

Dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar maupun memunculkan efek penuaan dini hingga kanker kulit. Salah satu cara mencegah dampak buruk tersebut terjadi, yakni dengan penggunaan sunblock atau sunscreen. 

Dua produk ini mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Meski sama-sama melindungi kulit dari sinar matahari, ternyata ada terdapat perbedaan sunblock dan sunscreen, loh. Namun, tahukah kamu perbedaan sunblock dan sunscreen? Yuk simak pembahasannya di sini. 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya" }
Tekstur Sunscreen
Caption

5 Perbedaan Sunblock dan Sunscreen 

Sunscreen dan sunblock adalah dua jenis tabir surya yang memiliki cara kerja dan kandungan yang berbeda namun sama-sama melindungi dari paparan sinar matahari. Namun kedua produk ini memiliki perbedaan dari Kandungan, tekstur, fungsi dan cara kerjanya seperti detail berikut ini: 

  1. Kandungan Sunscreen dan Sunblock

Pada umumnya, di dalam sunscreen ada bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Kandungan yang biasa ada di sunscreen, yakni Octocrylene, Mexoryl XL, SPF, dan PA. Sementara di dalam sunblock ada kandungan mineral seperti titanium dioxide yang termasuk dalam mineral alami yang tidak mudah terurai di bawah sinar matahari. 

  1. Tekstur Sunscreen dan Sunblock

Untuk Teksturnya sendiri Sunblock memiliki tekstur yang lebih kental dan tebal dibandingkan sunscreen. Sedangkan Sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap kulit. Sunscreen juga memiliki berbagai jenis, seperti krim, lotion, spray, gel, foam bahkan yang terkini yakni serum seperti L'Oreal UV Defender Serum Sunscreen. 

  1. Fungsi Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan sunblock dan sunscreen yang pertama bisa dilihat dari fungsinya. Fungsi Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen wajah yang bagus dibuat untuk menangkal bahaya sinar UVA, yang biasanya menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan keriput pada wajah. Cari sunscreen yang mengandung SPF 50+ PA++++, Hyaluronic acid, dan Peptide seperti L'Oreal UV Defender Serum Sunscreen yang memberikan perlindungan maksimal sekligus merawat kulit dari dalam dengan bahan aktifnya. Bahan aktif hyaluronic dan peptide dapat menyamarkan noda hitam dan garis halus di wajah akibat efek buruk sinar matahari. Sementara untuk fungsi sunblock, hampir semua bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. 

Baca Juga : Apa Itu SPF dan PA? Pelajari Perbedaan Keduanya, Yuk! 

  1. Cara Kerja Sunscreen dan Sunblock

Perbedaan sunblock dan sunscreen juga bisa dilihat dari cara kerja keduanya. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit. 

Cara kerja yang berbeda ini membuat sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan. Hal ini karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Sementara sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. Selain itu, baik sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 2-3 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

  1. Hasil Akhir Sunscreen dan Sunblock

Terakhir, ada perbedaan sunblock dan sunscreen dari segi hasil akhir. Berikut ini yang wajib dipahami: 

Hasil Akhir Sunblock 

Sunblock bekerja dengan membentuk lapisan perlindungan fisik di atas kulit, yang secara efektif memantulkan dan menyebarluaskan sinar UVA dan UVB. Karena cara kerjanya yang fisik, sunblock sering dianggap lebih efektif untuk individu dengan kulit sensitif atau kondisi kulit seperti rosacea, yang bisa memburuk karena panas yang dihasilkan oleh sinar matahari. Hasil penggunaan sunblock yang optimal mencakup: 

  • Perlindungan yang lebih kuat terhadap spektrum luas radiasi ultraviolet. 
  • Pengurangan risiko iritasi kulit, khususnya bagi mereka yang sensitif terhadap bahan kimia. 
  • Keefektifan langsung setelah aplikasi, tidak memerlukan waktu tunggu untuk mulai melindungi kulit. 

Hasil Akhir Sunscreen 

Sunscreen menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, yang kemudian dikeluarkan dari kulit. Ini membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV tanpa meninggalkan residu yang terlalu tebal atau terlihat. Penggunaan sunscreen secara rutin dan tepat bisa menghasilkan: 

  • Perlindungan yang lebih merata, memungkinkan aplikasi yang lebih kosmetik dengan kurangnya residu putih. 
  • Kegunaan yang lebih nyaman dengan tekstur yang lebih ringan, ideal untuk penggunaan harian dan di bawah makeup. 
  • Perlindungan yang efektif terhadap fotoaging, termasuk kerutan dan bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. 

Kedua jenis produk ini sangat penting untuk perlindungan kulit dalam jangka panjang. Baik sunblock maupun sunscreen harus diterapkan secara rutin, tidak hanya saat beraktivitas di bawah sinar matahari yang terik, tetapi juga sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian. Penting juga untuk memilih produk dengan SPF yang sesuai dan melakukan aplikasi ulang setiap dua hingga tiga jam selama paparan sinar matahari yang berkepanjangan, serta setelah berenang atau berkeringat. 

Dengan memahami karakteristik dan hasil akhir dari masing-masing produk, kamu dapat lebih baik dalam memilih dan menggunakan perlindungan matahari yang paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu. 

Baca Juga : Cara Memilih Sunscreen Terbaik Sesuai Warna Kulit 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya" }
Tekstur Sunscreen Cair
Caption

Pilih Sunblock atau Sunscreen? 

Setelah mengetahui perbedaan sunblock dan sunscreen, dari dua produk tersebut tidak ada produk yang lebih baik satu dari yang lain. Baik sunscreen maupun sunblock sama-sama memiliki fungsi untuk mencegah efek buruk sinar UV. Dalam penggunaannya, disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. 

Sunblock bisa digunakan bagi kamu yang akan beraktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti berolahraga di luar ruangan, panas-panasan saat konser, atau main ke pantai, karena efek perlindungan dari sunblock bisa dirasakan langsung tanpa harus menunggu. Sunblock memiliki tekstur yang kental dan biasanya meninggalkan warna putih ketika dioleskan di kulit. Di dalamnya terkandung bahan-bahan yang dapat membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Sementara untuk penggunaan sehari-hari atau untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, dapat menggunakan sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunscreen wajah yang bagus berfungsi untuk menyaring sinar matahari, sehingga masih akan ada sebagian sinar matahari yang akan terserap. Di dalamnya biasanya sudah terkandung SPF dengan angka yang menentukan berapa lama sunscreen itu dapat melindungi kulit. Misalnya, bila kulit akan terbakar matahari dalam waktu 15 menit, maka penggunaan SPF 10 dapat memperpanjang waktu hingga 10 kali lipat sebelum kulit terbakar. Setelah 150 menit berlalu, sunscreen harus kembali dioleskan

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya" }
Cara Kerja Sunscreen

6 Cara Pemakaian Sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh 

Berikut adalah penjelasan mengenai cara pemakaian sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50|PA++++, yang dirancang untuk memberikan perlindungan efektif terhadap sinar UV dengan hasil akhir yang matte dan bebas minyak, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan dan keindahan kulit dalam berbagai kondisi: 

1. Bersihkan Wajah 

Sebelum mengaplikasikan sunscreen, pastikan wajah kamu bersih dari kotoran, minyak, dan sisa make-up. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk hasil yang optimal. 

2. Aplikasikan Secara Merata 

Ambil sunscreen secukupnya pada ujung jari. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan leher. Pastikan bahwa seluruh area yang terpapar sinar matahari tercover dengan baik. Menggunakan teknik tepukan ringan dapat membantu produk meresap lebih baik tanpa meninggalkan residu yang berlebih. 

3. Biarkan Menyerap 

Setelah mengaplikasikan sunscreen, biarkan selama beberapa menit agar produk dapat menyerap sempurna ke dalam kulit. Ini penting untuk memastikan bahwa perlindungan terhadap sinar UV bisa bekerja dengan efektif. 

4. Aplikasikan Make-up 

Jika kamu ingin menggunakan make-up, pastikan sunscreen telah benar-benar menyerap ke dalam kulit. Sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh memiliki hasil akhir matte yang membuatnya menjadi dasar yang baik untuk make-up. 

5. Aplikasikan Ulang Sunscreen 

Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap dua hingga tiga jam jika Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau jika Anda berenang atau berkeringat. Ini penting untuk mempertahankan efektivitas perlindungan dari sinar matahari. 

6. Simpan Sunscreen dengan Benar 

Terakhir, simpan sunscreen di tempat yang sejuk dan kering, jauh dari sinar matahari langsung. Pastikan tutup botol ditutup dengan rapat setelah penggunaan untuk menjaga kualitas produk. 

Dengan tekstur yang kental namun tidak lengket dan ringan saat digunakan, L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh menawarkan proses aplikasi yang mudah dan nyaman. Produk ini tidak hanya melindungi dari sinar UV tetapi juga membantu melawan efek polusi dan mengurangi minyak berlebih, menjadikan produk ini pilihan yang ideal untuk digunakan sehari-hari. 

Jika kamu lebih memilih sunscreen, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah sunscreen L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50|PA++++. Sunscreen wajah yang bagus mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV dengan hasil akhir yang matte (tidak memberikan tampilan kilau) sepanjang hari dan bebas minyak. Dengan begitu, kulit bisa terlindungi dari efek paparan sinar matahari. 

Di dalam L’Oréal Paris UV Perfect Matte & Fresh UV SPF 50 / PA ++++ terdapat kandungan mexoryl XL Filter dan Long UVA Filters. Kedua kandungan ini dapat membantu memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang dapat menyebabkan penggelapan warna kulit, munculnya noda hitam, penuaan dini, serta warna kulit tidak merata. Ada pula kandungan detoxyl yang akan membantu melindungi kulit dari partikel polusi dan debu pada kulit. 

Ditambah lagi, sunscreen wajah dengan kemasan menarik dan handy berupa botol pipih berwarna hijau pucat ini juga mengandung 3 ekstrak tanaman astringent yang mampu membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit. Terakhir, sunscreen wajah ini juga diperkaya dengan adanya mattifying pure clays yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih untuk hasil akhir tanpa kilap. Tekstur dari sunscreen wajah dari L’Oréal Paris ini cenderung kental namun tidak lengket dan cukup ringan saat digunakan sehingga mudah diratakan pada kulit. 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya" }
Cara Pakai UV Defender Serum
Caption
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/seperti-apa-essence-yang-bagus-untuk-wanita-baca-di-sini", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/seperti apa essence yang bagus untuk wanita baca di sini", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/apac/id/articles/top-30-articles/50sepertiapaessenceyangbagusuntukwanitabacadisini-min.jpeg?rev=ba6ea42b21e94d9c95e23584871ff6ca", "height":630, "width":1400 }, "datePublished": "2023-10-18T10.48.59+00:00", "dateModified": "2023-10-18T10.50.45+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Rahasia memiliki kulit wajah yang tampak sehat, lembut dan tampak sebening kristal adalah dengan melakukan langkah skincare routine yang tepat, diikuti oleh penggunaan produk yang sesuai. Salah satu tips penting dalam mendapatkan kulit glowing adalah dengan menambahkan essence di skincare routine Anda. Memasukkan penggunaan essence yang bagus dalam skincare routine bertujuan untuk mempersiapkan wajah agar dapat menerima asupan nutrisi dari perawatan yang akan Anda lakukan selanjutnya." } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/ketahui-perbedaan-sunblock-dan-sunscreen-sebelum-membelinya", "name": "beauty magazine/ketahui perbedaan sunblock dan sunscreen sebelum membelinya" } } ] }