Skin Care 10 PENYEBAB KANTUNG MATA BENGKAK YANG PALING UMUM DAN CARA MENGATASINYA

Dibandingkan area wajah lainnya, kulit di sekitar mata strukturnya lebih tipis dan halus sehingga rentan terhadap masalah kulit. Banyak keluhan seputar kulit area mata yang bisa Anda alami, seperti kantung mata, lingkaran hitam, kerutan atau tumbuh bintil di sekitar mata. Jika mata terlihat berkantung adalah keluhan yang Anda alami, Anda tidak perlu khawatir. Simak penyebab kantung mata bengkak dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Serum Mata untuk Atasi Kantung Mata Bengkak dari L'Oréal Paris

Berbagai Penyebab Kantung Mata Bengkak

Munculnya kantung di bawah mata umumnya terjadi seiring pertambahan usia. Meski bukan masalah serius, tapi cukup mengganggu penampilan. Penampilan Anda bisa terlihat lebih tua serta wajah kelihatan lesu dan tidak segar akibat kehadiran kantung mata yang bengkak. 

Untuk mendapatkan cara menghilangkan bawah mata bengkak, sebelumnya Anda harus tahu penyebab munculnya kantung di bawah mata. Berikut 10 penyebab kantung mata bengkak yang harus Anda ketahui: 

1. Pertambahan usia

Saat umur bertambah, otot dan jaringan di bawah kelopak mata mulai melemah. Kulit di bawah mata mulai mengendur dan lemak yang menopang mata berpindah ke bawah kelopak mata. Akibatnya mata tampak berkantung dan bengkak.

2.  Kurang tidur 

Terlalu sering bergadang adalah salah satu penyebab kantung mata bengkak. Saat Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, pembuluh darah di bawah mata akan melebar. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata dan warna kulit di bawah jadi bertambah gelap.

3. Konsumsi garam tinggi

Pola makan yang kurang sehat juga dapat kantung mata menjadi bengkak. Jika makanan yang dikonsumsi tinggi kadar garamnya maka risiko kantung mata bengkak akan semakin besar karena sifat garam yang menahan cairan di dalam tubuh, termasuk di kelopak mata. Akibatnya, mata tampak bengkak dan menggelap. 

4.  Alergi

Alergi adalah penyebab kantung mata bengkak yang juga banyak ditemui. Reaksi alergi umumnya menyebabkan hidung mampet, bersin dan mata berair. Dapat pula diikuti dengan timbulnya kantung mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. 

5. Pola makan buruk

Pola makan tidak sehat dan kurang minum air putih dapat menjadi penyebab kantung mata bengkak. Memperbanyak asupan protein dan air putih dapat menghindari masalah ini.

6.  Stres

Ketidakmampuan mengelola stres dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, termasuk di area sekitar mata. Saat stres melanda, kulit di bawah mata menjadi lemah dan terjadi penumpukan cairan sehingga terbentuk kantung mata.

7. Paparan sinar matahari

Sinar matahari bisa jadi musuh besar bagi yang tinggal di negara tropis. Pigmen kulit yang bernama melanin sebenarnya berfungsi mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV. Namun paparan sinar matahari secara terus-menerus akan membuat produksi melanin di kulit melonjak. Melanin yang menumpuk di bagian bawah mata akan menyebabkan hiperpigmentasi dan kantung mata bengkak.

8. Faktor genetik

Jika kedua orang tua Anda pada masa mudanya memiliki kantung mata, maka risiko Anda untuk mengalami kantung mata bengkak akan semakin besar. Kondisi ini memang sulit dihindari tapi bisa dikurangi dampaknya dengan pola hidup sehat.

9. Penyakit tiroid

Gangguan tiroid dapat berupa kadar tiroid dalam tubuh yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Salah satu gejala yang timbul adalah kantung mata yang bengkak. Untuk mengatasinya diperlukan pengobatan intensif di bawah pengawasan dokter.

10. Rokok, kafein, dan alkohol

Penyebab kantung mata bengkak yang terakhir adalah kebiasaan merokok ditambah konsumsi kafein dan alkohol yang tinggi. Dampak dari ketiga bagi kulit wajah Anda memang tidak main-main, termasuk kantung mata bengkak, merusak jaringan kolagen, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan.

Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Jika menghadapi masalah kantung mata, ada beberapa cara mengempiskan kantung mata yang bengkak yang dapat Anda lakukan. Cara-cara ini sebagian besar dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

  • Kompres mata selama 10-15 menit dengan kapas yang sudah dibasahi air dingin. Anda dapat menggantinya dengan irisan mentimun dingin atau kantung teh hijau setelah diseduh dan dibiarkan sampai panasnya berkurang.
  • Merawat kulit area mata dengan serum khusus mata. Pilih yang mengandung bahan-bahan seperti kafein serta hyaluronic acid, peptide, dan ceramides yang dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. 
  • Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan kaya nutrisi sehingga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh.
  • Kurangi konsumsi garam dari menu makanan sehari-hari agar tidak terjadi penumpukan cairan tubuh.
  • Hindari konsumsi minuman dengan kadar kafein dan alkohol tinggi, serta perbanyak minum air putih. 
  • Jika ingin hasil yang permanen, Anda dapat melakukan prosedur medis, seperti suntikan filler, laser resurfacing, blepharoplasty, atau operasi kelopak mata. Prosedur medis akibat kantung mata bengkak ini kini tersedia di banyak klinik kecantikan dan dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit.

Serum Mata untuk Atasi Kantung Mata Bengkak dari L'Oréal Paris

Sebagai salah satu cara mengatasi kantung mata bengkak, Anda bisa secara rutin memakai serum mata sebagai bagian dari skincare routine pada pagi dan malam hari. Pilih produk serum mata yang memiliki bahan aktif yang efektif merawat kulit sekitar mata Anda, seperti serum mata terbaru dari L'Oréal Paris, yaitu L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum

Serum mata ini dapat membantu merawat kulit di sekitar mata sehingga terbebas dari lingkaran hitam, kantung mata bengkak, dan kerutan. Ini dimungkinkan dengan kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro yang membantu menghidrasi dan mengenyalkan kulit area mata. Dilengkapi pula dengan kandungan 0,5% kafein yang memberi energi kepada kulit, mengurangi tampilan lingkaran hitam, serta mengempiskan kantung mata. Setelah pemakaian selama dua minggu, tampilan area mata Anda jadi lima tahun lebih muda!

Tak hanya formulanya, keunggulan lain dari L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum yang inovatif adalah bentuk aplikator yang berupa tiga buah roller ball. Aplikator ini dapat memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Penyebab kantung mata bengkak sudah Anda ketahui, kini saatnya menggunakan L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum untuk membantu mengatasinya. Dapatkan serum mata ini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.