5 Penyebab Kerutan Di Bawah Mata Pada Remaja Dan Cara Mencegahnya

Skin Care 5 PENYEBAB KERUTAN DI BAWAH MATA PADA RAMAJA DAN CARA MENCEGAHNYA

Menghabiskan waktu dengan posting dan scrolling di media sosial bisa jadi adalah hobi para remaja saat ini. Banyak informasi menarik, video kocak, dan gosip terpanas yang bisa didapatkan dari media sosial. Namun hati-hati, terlalu lama mengakses media sosial dan menatap layer dapat menjadi penyebab kerutan di bawah mata pada remaja.

Kondisi Kulit Wajah Remaja

Penyebab Kerutan di Bawah Mata pada Remaja

Cara Mengatasi Kerutan Bawah Mata pada Remaja

Merawat Area Bawah Mata Sejak Usia Dini

Kondisi Kulit Wajah Remaja

Masa remaja bisa menjadi masa yang membingungkan jika dihubungkan dengan perkembangan dan pertumbuhan. Begitu banyak perubahan yang terjadi mulai saat puber, dimulai pada usia 8-13 tahun untuk anak perempuan dan 9-14 tahun untuk anak laki-laki. Kurangnya informasi yang didapat bisa membuat remaja bingung dan frustrasi menghadapi berbagai perubahan ini karena merasa orang dewasa tak mengerti apa yang mereka rasakan.

Salah satu dampak dari perubahan hormon yang terjadi pada remaja adalah kulit wajah yang sangat berminyak. Jika wajah tidak dirawat dengan baik, maka masalah jerawat akan muncul dengan segera, mulai dari komedo sampai jerawat yang sangat parah seperti jerawat batu (jerawat sistik). Karena itu, jika Anda punya anak, keponakan, atau adik yang masih berusia remaja, sarankan untuk mulai merawat kulit wajahnya sejak awal agar masalah-masalah kulit akibat perubahan hormon dapat dihindari.

Remaja bisa menerapkan langkah-langkah mendasar ini untuk merawat kulit wajahnya: 

1. Rutin cuci wajah dua kali sehari menggunakan facial wash ringan yang cocok untuk kulit remaja. Gunakan air hangat jika wajah sangat berminyak. Setelahnya, serap air di wajah dengan menepuk-nepukkan handuk.

2. Saat wajah masih setengah kering, oleskan pelembap. Apa pun jenis kulit wajah, pelembap dibutuhkan karena dapat memberi manfaat yang berbeda sesuai jenis kulitnya.

3. Setelah pelembap menyerap dengan baik, aplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV yang terkandung di sinar matahari. Semua masalah kulit akan menjadi lebih buruk jika kulit terpapar sinar UV dalam jangka waktu panjang tanpa perlindungan.

Penyebab Kerutan di Bawah Mata pada Remaja

Selain jerawat, ada masalah kulit yang kini banyak dialami kaum remaja, yaitu kerutan dan kantung mata menghitam atau mata panda yang merupakan tanda-tanda kulit wajah mengalami penuaan dini. Mengapa kondisi ini dapat terjadi pada remaja yang masih berusia muda? Kerutan dan mata panda disebabkan oleh:

1. Konsumsi makanan tidak sehat

Remaja bisa menghabiskan sebagian besar waktunya dalam sehari di luar rumah dan seringkali jajan apa saja saat lapar. Jajanan ini umumnya mengandung lemak trans yang dapat menjadi salah satu penyebab kantung mata pada remaja. Apalagi jika ditambah dengan konsumsi fast food yang rendah gizinya yang akan memperparah kerutan di bagian bawah mata. 

2. Sering menatap layar gadget

Kaum remaja sangat suka beraktivitas menggunakan gadget mereka dalam jangka waktu lama dan tanpa henti. Terlalu lama fokus menatap layar dapat membuat otot-otot mata menjadi tegang dan Lelah. Blue light yang terpancar dari layar gadget juga secara bertahap akan merusak merusak jaringan kolagen di kulit wjaah. Inilah yang menjadi penyebab kerutan di bawah mata pada remaja sekaligus menjadi penyebab kantung mata hitam pada remaja. 

3. Merokok

Baik karena ingin mencoba hal baru atau karena ikut-ikutan teman, remaja bisa punya kebiasaan merokok. Setelah sinar UV dari matahari, kandungan nikotin di dalam rokok merupakan musuh besar kulit karena dapat merusak berbagai jaringan di kulit dan menyebabkan penuaan diri. Terpapar asap rokok pun dapat menjadi penyebab kerutan di bawah mata pada remaja karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan mudah keriput. 

4. Stres

Stres tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi bisa pula terjadi pada anak-anak dan remaja. Stres dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang salah satunya terlihat dari kondisi kulit wajah, termasuk kerutan di bawah mata. Banyak menangis saat stres juga dapat menjadi penyebab mata panda pada remaja.

5. Produk skincare dan makeup yang tidak cocok

Karena ingin mengikuti tren, remaja bisa mencoba dan gonta-ganti produk skincare dan makeup, padahal tidak sesuai dengan jenis dan kondisi kulitnya. Akibatnya, kulit menjadi kering, iritasi, sampai muncul masalah kulit seperti jerawat dan kerutan di bawah mata.

Cara Mengatasi Kerutan Bawah Mata pada Remaja

Setelah mengetahui penyebab kerutan di bawah mata pada remaja, maka berikut ini adalah beberapa langkah tepat untuk mengatasinya.

1. Asupan makanan bergizi

Atasi kerutan di bawah mata, sangat disarankan untuk mengonsumsi variasi buah-buahan dan sayuran yang mengandung Vitamin C serta antioksidan lainnya. Antioksidan dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel kulit rusak yang memicu penuaan dini.

2. Batasi penggunaan gadget

Kadang karena keasyikan, penggunaan gadget jadi terlalu lama dan seperti tak bisa berhenti. Karena itu, batasi penggunaannya untuk keperluan hiburan, misalnya menonton video, bermain gim, dan mengakses media sosial, Jika menggunakan gadget untuk keperluan belajar, maka biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap 30 menit dengan memandang sebuah objek yang jauh kira-kira selama 30 detik.

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Berhenti merokok, tidur yang cukup, dan berolahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat, kualitas hidup menjadi lebih baik dan munculnya kerutan atau kantung di bawah mata bisa dihindari.

4. Merawat kulit wajah secara rutin dan tepat

Biasakan merawat kulit wajah pada pagi dan malam hari menggunakan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Untuk remaja, sangat penting untuk lebih selektif memilih produk yang dapat digunakan oleh remaja agar terhindari dari iritasi dan masalah kulit.

Merawat Area Bawah Mata Sejak Usia Dini

Untuk remaja yang sudah memiliki masalah kerutan di bawah mata, maka bisa melakukan perawatan kulit di area mata dengan produk dapat digunakan oleh remaja, bisa berupa krim atau serum mata. Pilih yang memiliki kandungan bahan yang efektif untuk merawat dan membantu mengatasi masalah kerutan dan mata panda, seperti L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum

Serum ini diformulasikan khusus untuk merawat area di bawah mata serta memudarkan tampilan kerutan dan garis-garis halus. Kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro membantu menghidrasi dan mengenyalkan kulit area mata, sementara kandungan 0,5% kafein memberi energi kepada kulit, mengurangi tampilan mata panda, serta mengempiskan kantung mata. Hasilnya sudah terlihat setelah pemakaian selama dua minggu, berupa tanda-tanda penuaan dini di area mata yang berkurang.

Tak hanya formulanya, L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum memiliki bentuk aplikator yang berupa tiga buah roller ball. Aplikasi serum menggunakan aplikator ini memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Penyebab kerutan di bawah mata pada remaja sudah diketahui, kini saatnya menggunakan L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum untuk membantu mengatasinya. Dapatkan serum mata ini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.