Tips Melakukan Bleaching Highlight Rambut Di Rumah

Hair Color TIPS MELAKUKAN BLEACHING HIGHLIGHT RAMBUT DI RUMAH

Mungkin Anda selama ini sudah terbiasa mewarnai rambut sendiri di rumah, apalagi ketika pandemi saat Anda membatasi kunjungan ke salon kecantikan. Sekarang Anda tergoda untuk mencoba melakukan bleaching highlight rambut sendiri di rumah, apalagi sudah ada produk bleach rambut dari L'Oréal Paris untuk membantu Anda melakukan bleaching sendiri di rumah. Jika Anda ingin mencobanya, pelajari dengan benar cara bleaching agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Highlight Rambut sebagai Teknik Mewarnai Rambut 

Cara Melakukan Bleaching Highlight Rambut di Rumah 

Bleaching Highlight Rambut dengan L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme

Highlight Rambut sebagai Teknik Mewarnai Rambut 

Salah satu teknik mewarnai rambut adalah highlight, yaitu memberi warna lebih terang dari warna dasar rambut di beberapa bagian rambut tertentu yang dipilih secara strategis. Tujuan memberi warna rambut highlight adalah untuk membuat rambut terlihat lebih berdimensi, lebih bervolume, membuat warna kulit wajah terlihat lebih cerah, serta tampilan rambut Anda lebih modern. 

Untuk mendapatkan warna rambut yang lebih terang ini, bagian-bagian rambut yang dijadikan highlight akan di-bleach terlebih dahulu. Karena umumnya highlight hanya 1-2 tingkat lebih terang dari warna rambut dasar, maka level bleaching highlight rambut pun juga tidak terlalu tinggi.  

Untuk membuat highlight, para hair colorist menyarankan agar Anda tak hanya mengandalkan bleaching rambut saja, tapi juga mewarnai rambut setelah di-bleaching dengan warna yang lebih terang dari warna rambut dasar tapi tetap satu tone. Jika ingin highlight yang jauh lebih terang, maka disarankan untuk menggunakan dua warna rambut yang masih satu tone untuk menciptakan gradasi warna yang terlihat lebih natural.

Jika dilakukan oleh hair colorist profesional di salon, maka ada beragam teknik highlight yang digunakan, di antaranya bleaching highlight rambut menggunakan foil yang klasik, balayage yang gradasinya sangat halus sehingga terlihat natural, babylight yang memberi highlight di tempat-tempat pilihan sehingga hasilnya seperti highlight natural di rambut anak-anak, dan money peace yang memberi highlight hanya di rambut yang membingkai wajah,. 

Jika Anda melakukan bleaching highlight rambut sendiri di rumah, maka Anda bisa memilih untuk hanya melakukan bleaching saja sampai warnanya 1-2 tingkat lebih terang, atau bleaching lalu diwarnai lagi dengan pewarna rambut yang satu tone dengan warna rambut dasar. Tentu saja hasilnya akan berbeda dengan yang dilakukan oleh hair colorist profesional. Namun jika dilakukan sesuai arahan, maka hasilnya bisa tetap memuaskan. 

Cara Melakukan Bleaching Highlight Rambut di Rumah 

Sebelum melakukan bleaching rambut, Anda harus memastikan bahwa rambut Anda benar-benar sehat, dalam artian rambut Anda terhidrasi dengan baik, kelembabannya terjaga, dan terasa lembut. Karena itu, ada baiknya jika jauh hari sebelum bleaching, Anda sudah terlebih dahulu rutin melakukan perawatan rambut. 

Satu hari sebelum bleaching, Anda sangat disarankan untuk melakukan tes alergi, caranya adalah dengan mengoleskan krim lightening di kulit bagian belakang telinga. Jika terdapat reaksi alergi seperti kulit menjadi gatal-gatal dan muncul ruam kemerahan, maka batalkan rencana Anda untuk melakukan bleaching sendiri. 

Jika tak ada reaksi alergi, maka siapkan perlengkapan untuk bleaching highlight di rumah, yaitu kain atau handuk bekas untuk menutup bahu, kaos bekas untuk Anda kenakan, L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme, highlight cap, sarung tangan, dan cat rambut L'Oréal Paris Excellence jika Anda ingin mewarnai rambut yang sudah di-bleaching. Selain itu, cuci rambut Anda beberapa jam sebelum bleaching agar rambut bersih, memiliki sedikit minyak alami, dan dalam keadaan kering. 

Sebelum bleaching, kenakan highlight cap dan keluarkan rambut yang akan di-bleach sesuai keinginan Anda lewat lubang-lubang yang ada. Kemudian, kenakan sarung tangan lalu lakukan tahap-tahap proses bleaching ini:

1. Campurkan bubuk bleach, krim lightening, dan krim developer di botol aplikator. Kocok hingga semuanya menyatu dengan sempurna. 

2. Aplikasikan krim di rambut yang akan di-highlight. Gunakan aplikator untuk membantu meratakan aplikasi. Setelah itu, diamkan sesuai waktu yang disarankan di lembaran petunjuk pemakaian.

3. Setelah bleaching selesai, cuci dan bilas rambut menggunakan Professional pH Purple Shampoo sampai bersih. 

4. Aplikasikan Lightweight Nourishing Mask di kondisi rambut yang masih setengah basah, diamkan selama 10-15 menit untuk menghindari porositas batang rambut.

5. Cuci dan bilas rambut sampai bersih. Pada tahap ini, Anda sudah selesai melakukan bleaching highlight rambut. Jika ingin memberi warna rambut bleaching, maka lanjutkan ke tahapan mewarnai rambut menggunakan L’Oréal Paris Excellence.

Jika Anda ingin memberi highlight dengan warna yang sangat kontras dengan rambut dasar, misalnya highlight rambut silver di rambut hitam, kemungkinan Anda harus melakukan dua kali bleaching untuk mendapatkan rambut yang benar-benar putih sebelum kemudian diwarnai dengan L'Oréal Paris Excellence Fashion Ash Supreme varian Silver Ash 9.11. 

Bleaching Highlight Rambut dengan L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme

Untuk melakukan bleaching sendiri di rumah untuk membuat highlight, Anda harus memilih produk bleach yang berkualitas agar rambut terhindar dari kerusakan. Seperti L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme merupakan krim bleaching rambut kualitas salon yang tak hanya membuat warna rambut jadi lebih terang, tapi juga merawat agar rambut tetap sehat dan kuat.

L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme dapat membantu menaikkan level warna rambut hingga 8 level, bahkan di warna dasar rambut yang gelap. Semir bleaching ini diperkaya dengan ceramide dan kolagen yang membantu menjaga dan melembabkan rambut dari dalam sehingga rambut tidak mudah kering. 

Dalam satu kemasan L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme, Anda akan mendapatkan:

- Bubuk bleach, krim lightening, dan krim developer: Menaikkan level warna rambut dengan cara menghilangkan pigmen rambut.

- Professional pH Purple Shampoo: Shampoo ini membantu menyeimbangkan pH rambut, menetralisir efek brassy (warna rambut menjadi kekuningan) setelah bleaching, serta membersihkan rambut dan kulit kepala.

- Lightweight Nourishing Mask: Masker rambut ini diperkaya dengan active caring oil  yang merawat dan menutrisi rambut. Menjadikan rambut tetap lembut dan lima kali lebih kuat.

Jika sudah yakin ingin melakukan bleaching highlight rambut sendiri di rumah, maka Anda bisa langsung menyiapkan L'Oréal Paris Excellence Bleach Supreme. Anda bisa mendapatkannya di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce dan marketplace kenamaan. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik yang ada di kota Anda.