Sudah Tahu Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Mata Bengkak Intip Tips Mengatasinya

Skin Care SUDAH TAHU KURANG TIDUR BISA MENYEBABKAN MATA BENGKAK? INTIP TIPS MENGATASINYA

Dampak dari kurang tidur terhadap kondisi tubuh memang cukup besar. Tak hanya membuat mood turun dan Anda jadi mudah marah, kurang tidur bisa menyebabkan masalah-masalah lain, seperti sulit berkonsentrasi, kemampuan kognitif menurun, kulit mengalami penuaan dini, dan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Di wajah, dampak dari kurang tidur terlihat langsung di area mata berupa mata bengkak dan muncul lingkaran hitam.

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Serum Mata untuk Membantu Mengempiskan Mata Bengkak

Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

Saat Anda kurang tidur walaupun 1-2 hari saja, area mata Anda akan langsung terlihat berbeda. Wajar saja, karena jika Anda kurang tidur pada malam hari, maka kulit tidak punya cukup waktu untuk melakukan regenerasi sel-sel kulit dan perbaikan-perbaikan lainnya. Ini berdampak ke kulit wajah yang biasanya akan menjadi kering, dehidrasi, tampak kusam, tampak pucat, dan tekstur kulit terlihat jelas. 

Hasil sebuah penelitian yang diadakan di Swedia menyebutkan kalau kurang tidur bisa menyebabkan kelopak mata terlihat lebih turun dan menggantung, mata tampak merah, mata bengkak, dan muncul lingkaran gelap di bawah mata. Penyebabnya adalah kurang tidur membuat jumlah oksigen di area mata berkurang sehingga pembuluh darah melebar. Kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata dan warna kulit di sekitar mata jadi bertambah gelap karena bayang-bayang pembuluh darah terlihat.

Mata bengkak juga bisa terjadi saat tubuh tidak punya cukup waktu untuk melancarkan aliran cairan-cairan tubuh. Padahal, saat Anda tidur, cairan akan mengalir ke wajah dan tertahan di situ, menyebabkan wajah menjadi bengkak. Area bawah mata termasuk yang menjadi bengkak karena disitu terdapat kantung berisi lemak yang ikut terisi air. Efek kurang tidur membuat cairan-cairan ini tidak mengalir seperti seharusnya, sehingga mata pun menjadi bengkak. 

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Mungkin Anda tidak menyangka kalau efek bergadang bagi wajah, termasuk area mata, bisa begitu besar. Apalagi jika saat bergadang, Anda memaksa mata tetap bekerja keras dengan menatap layar laptop, ponsel, dan televisi, misalnya untuk menonton drama Korea. Mata akan menjadi kelelahan dan efeknya akan semakin buruk bagi kulit area mata.

Karena kurang tidur bisa menyebabkan efek buruk yang merambat ke mana-mana, maka sebaiknya Anda kembali membiasakan diri untuk tidur yang cukup setiap malam, yaitu selama 7—9 jam. Buatlah rutinitas tidur setiap malam, misalnya dari jam 10 malam sampai jam 6 pagi, dan patuhilah rutinitas ini. Agar Anda lebih mudah untuk tidur, hindari konsumsi kafein kira-kira enam jam sebelum tidur, tak lagi makan 2—3 jam sebelum tidur, dan tidak menggunakan gadget 1—2 jam sebelum tidur.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata bengkak adalah:

  • Mengganjal kepala agar lebih tinggi saat tidur. Cara ini membantu mencegah cairan-cairan tubuh tidak berkumpul di wajah dan menyebabkan pembengkakan, termasuk di mata. Posisi kepala yang lebih tinggi juga membuat cairan yang tertahan di wajah dapat mengalir turun. 
  • Kompres mata dengan sesuatu yang dingin, bisa berupa kapas yang direndam air dingin, es batu yang dibungkus kain, bisa juga kantung teh atau irisan mentimun yang sudah didinginkan beberapa menit di freezer. Kompres dingin akan membantu pembuluh darah mengecil sehingga bengkak mata berkurang dan lingkaran hitam memudar. 
  • Mengurangi asupan garam. Garam dikenal dapat mengikat air di dalam tubuh. Saat kadar garam di dalam tubuh tergolong tinggi, maka akan terjadi retensi air dalam jumlah besar, menyebabkan banyak bagian tubuh yang membengkak. Salah satunya adalah di area mata. Mengurangi asupan garam dapat membantu mengempiskan mata yang terlanjur bengkak.
  • Mengelola stres dengan baik. Faktanya, stres tidak bisa dihindari tapi bisa dikelola dengan baik sehingga tidak berdampak buruk bagi tubuh. Seseorang jadi kurang atau tidak bisa tidur saat stress, padahal kurang tidur bisa menyebabkan mata bengkak. Stres juga membuat tubuh menahan pengeluaran garam, padahal garam juga merupakan penyebab mata bengkak.
  • Merawat kulit area mata dengan serum khusus mata. Pilih produk serum yang mengandung kafein karena dapat membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar di area mata, serta hyaluronic acid yang akan menghidrasi kulit area mata karena kurang tidur bisa menyebabkan kulit kering dan dehidrasi. 

Serum Mata untuk Membantu Mengempiskan Mata Bengkak

Bagaimana cara menjaga kesehatan kulit area mata dan pilihan produk skincare yang digunakan akan berpengaruh saat mata Anda bengkak akibat kurang tidur. Untuk produk serum mata yang dapat membantu mengatasi mata bengkak, Anda bisa mencoba L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum

Serum mata ini memiliki kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro untuk membantu menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit area mata. Diperkaya pula dengan kandungan 1% kafein untuk merevitalisasi kulit, mengurangi tampilan lingkaran hitam, serta mengurangi tampilan kantung mata. Seketika, kulit area mata langsung terasa lembap dan segar. Setelah pemakaian enam minggu, garis halus dan kerutan tersamarkan, kulit terasa kenyal, dan kantung mata tersamarkan.

L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum juga memiliki inovasi Instant Cooling Effect, dengan aplikator yang dipatenkan berupa triple roller applicator yang memberi efek dingin seketika. Aplikator ini dapat bergerak 360 derajat untuk menstimulasi proses penyerapan bahan aktif lewat pijatan secara menyeluruh di area mata, sehingga memberikan efek menenangkan kulit di area mata.

Berikut lima cara merawat area mata dengan L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum:

  1. Pastikan kulit area mata Anda sudah bersih dari kotoran dan sisa makeup dengan membersihkannya dengan makeup remover khusus untuk mata. 
  2. Keluarkan aplikator dari botol, lalu pijatkan dengan gerakan memutar di bawah mata ke arah pelipis. Ulangi empat kali.
  3. Pindahkan aplikator ke atas mata, lalu ratakan serum ke seluruh area kelopak mata. 
  4. Jika ada ekses serum, tepuk-tepuk kulit area mata menggunakan jari manis sampai serum menyerap sempurna.
  5. Lakukan perawatan pada pagi dan malam hari. Aplikasi serum mata ini dilakukan setelah aplikasi serum wajah dan sebelum aplikasi pelembap wajah.

Mengetahui kurang tidur bisa menyebabkan mata menjadi bengkak, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah tidur yang cukup dan menerapkan cara merawat wajah dengan produk skincare khusus mata, yaitu L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum. Anda bisa membeli serum mat aini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace terkemuka. Anda pun bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.