Sudah Tahu Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati Dengan Serum

Skin Care SUDAH TAHU CARA MENGHILANGKAN SEL KULIT MATI DENGAN SERUM?

Penyebab kulit kusam yang paling utama adalah menumpuknya sel-sel kulit mati. Anda perlu melakukan perawatan memakai produk skincare dengan tahapan pemakaian yang sesuai sebagai cara menghilangkan sel kulit mati. Salah satu produk skincare untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa membantu adalah serum.

Mengenal Manfaat Serum

Pentingnya Eksfoliasi dalam Perawatan Kulit Wajah

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Rumah

Serum Glycolic Acid dari Loreal Paris untuk Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati

Mengenal Manfaat Serum

Serum merupakan produk topikal bertekstur cenderung ringan dan cair yang mengandung satu atau beberapa bahan aktif yang terkonsentrasi. Serum ditujukan untuk membantu mengatasi masalah di kulit wajah Anda, misalnya hiperpigmentasi, dehidrasi, jerawat, dan penuaan. Karena teksturnya yang cair dan ukuran molekulnya yang kecil, maka serum dapat terserap dengan cepat dan optimal. Karena ini, hasil dari pemakaian serum bisa terlihat lebih cepat daripada produk skincare lainnya.

Serum memiliki beragam manfaat tergantung bahan aktif apa yang terkandung di dalamnya. Ada serum dengan kandungan niacinamide yang mencerahkan, ceramide yang bisa membantu memperbaiki skin barrier, hyaluronic acid yang menghidrasi, atau glycolic acid untuk eksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam serum biasanya memang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah kulit wajah dan tanda-tandanya.

Serum wajah dapat digunakan pada rutinitas perawatan kulit pagi atau malam hari. Setelah mengaplikasi serum wajah, usahakan wajah Anda tidak terpapar sinar matahari langsung. Aplikasikan serum setelah mencuci wajah atau setelah memakai toner dan sebelum memakai pelembap. Untuk cara aplikasi dan takarannya, Anda bisa mengikuti cara pemakaian yang terdapat di kemasan produk, karena perbedaan kandungan bahan aktif bisa membuat cara aplikasinya juga berbeda. 

Pentingnya Eksfoliasi dalam Perawatan Kulit Wajah

Salah satu serum yang rutin dipakai untuk merawat kulit wajah adalah serum eksfoliasi. Serum ini memiliki kandungan bahan aktif berupa eksfolian yang dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dengan lebih cepat. Salah satu eksfolian ini adalah glycolic acid yang umum digunakan untuk prosedur chemical peeling di klinik kecantikan, serta menjadi bahan aktif untuk serum eksfoliasi untuk cara menghilangkan sel kulit mati di rumah.

Sel kulit mati adalah sel-sel kulit yang luruh dari tubuh yang nantinya akan digantikan dengan sel-sel kulit baru. Jika tidak dibersihkan dengan rutin, sel-sel kulit mati akan menumpuk dan membuat kulit menjadi kusam, teksturnya kasar, hingga berjerawat. Untuk itu, Anda perlu melakukan eksfoliasi kulit wajah secara rutin sebagai cara mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi bisa membantu saat siklus peluruhan sel-sel kulit mati yang alami tidak berlangsung dengan optimal.

Dengan eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan wajah bisa dibersihkan, sehingga sel-sel kulit yang baru akan naik ke permukaan dan membuat kulit wajah tampak cerah dan segar. Rutin melakukan eksfoliasi juga membantu proses regenerasi kulit karena mendorong produksi sel-sel kulit baru. Manfaat lain eksfoliasi adalah membantu agar bahan aktif di produk skincare terserap lebih cepat ke dalam lapisan kulit, karena tidak ada lagi tumpukan sel kulit mati dan kotoran yang mengganggu. 

Apa pun jenis kulit wajah yang dimiliki, Anda perlu melakukan eksfoliasi, bahkan dari usia remaja juga sudah boleh melakukan perawatan ini. Pilihan eksfolian yang digunakan harus disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan jenis kulit masing-masing. Ini penting karena pemakaian eksfolian yang tidak tepat justru akan menimbulkan masalah kulit lain, seperti kulit kemerahan, iritasi atau malah menimbulkan masalah jerawat.

Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Rumah

Eksfoliasi atau cara menghilangkan sel kulit mati bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan memakai produk-produk skincare. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu eksfoliasi fisik dan eksfoliasi kimia. Eksfoliasi fisik dilakukan memakai scrub, spons, sikat wajah, atau kain khusus yang digosokkan ke kulit wajah. Sedangkan eksfoliasi kimia dilakukan memakai produk skincare yang mengandung bahan aktif berupa zat asam berupa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA) sebagai cara menghilangkan kulit mati.

AHA dan BHA memiliki perbedaan yang signifikan. AHA merupakan kelompok zat asam yang larut dalam air, sehingga cocok untuk jenis kulit wajah normal cenderung kering. Beberapa jenis AHA adalah glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, dan citric acid. Sedangkan BHA adalah kelompok zat asam yang larut dalam minyak, karena itu cocok untuk kulit normal cenderung berminyak dan kombinasi. Karena dapat menembus lapisan minyak di wajah, maka BHA dapat masuk ke pori-pori dan melakukan eksfoliasi, sehingga dapat membantu mengatasi masalah jerawat. 

Produk-produk yang umum digunakan untuk eksfoliasi kimia adalah toner dan serum, tapi serum cenderung lebih dipilih karena kandungan bahan aktifnya jauh lebih besar dan dalam bentuk konsentrat. Anda bisa memakai serum khusus AHA, misalnya serum dengan kandungan glycolic acid yang saat ini sedang tinggi peminatnya, serum khusus BHA, atau paduan keduanya sebagai cara menghilangkan sel kulit mati. 

Serum Glycolic Acid dari L'Oréal Paris untuk Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati

Menggunakan serum untuk cara menghilangkan sel kulit mati di wajah bisa Anda lakukan memakai L’Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum. Serum ini merupakan bagian dari rangkaian L’Oréal Paris Glycolic Bright yang diciptakan terinspirasi dari prosedur peeling untuk membantu membarui lapisan kulit serta meningkatkan empat dimensi cahaya kulit, yaitu kulit kusam, kulit kasar, noda hitam, dan warna kulit tidak merata.

L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum memiliki konsentrasi optimal 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan -57% noda hitam dalam empat minggu, karena mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi noda hitam hingga ke akarnya. Hasil yang terlihat adalah kulit tampak cerah dan glowing langsung setelah aplikasi serum. Setelah pemakaian selama dua minggu, noda hitam tersamarkan dan kulit tampak cerah merata. 

Untuk hasil yang optimal dalam cara menghilangkan sel kulit mati, Anda bisa memakai L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum bersama rangkaian L’Oréal Paris Glycolic Bright lainnya, yaitu L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream, dan L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask. Semua produk telah diuji oleh ahli kulit dan terbukti pada kulit Asia. 

Lakukan perawatan rutin memakai L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum sebagai cara menghilangkan sel kulit mati. Anda bisa mendapatkan produk serum ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.