Skin Care

TERLENGKAP! KETAHUI 10 URUTAN PEMAKAIAN SKINCARE YANG BENAR

Menggunakan skincare merupakan cara untuk meningkatkan kecantikan dan juga menjaga kesehatan dari kulit. Selain itu skincare datang dalam berbagai jenis yang dapat menyesuaikan dengan tujuan Anda menggunakan skincare, seperti mencerahkan, memudarkan bintik hitam, dan lainnya.
Urutan Skincare Pagi

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

Perbedaan Urutan Skincare Pagi dan Malam Hari

Urutan Pemakaian Skincare di Malam Hari  

Urutan Pemakaian Skincare di Pagi Hari 

Product skincare juga tidak terdiri dari satu atau dua produk saja, namun bisa mencapai puluhan untuk mencapai hasil yang optimal, Anda dapat mengikuti tahapan-tahapan urutan pemakaian skincare pagi yang benar berikut ini : 

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/sudah-benarkah-urutan-pemakaian-skincare-harian-anda-cek-disini" }

1. Micellar water atau makeup remover.

Selalu bersihkan wajah menggunakan micellar water atau makeup remover, terutama setelah menggunakan makeup. Langsung mencuci muka dengan sabun pembersih wajah tidak mengangkat semua kotoran dan sisa makeup yang melekat di wajah. Akibatnya pori-pori bisa tersumbat lalu kemudian muncul komedo dan jerawat.

Rekomendasi: L’ORÉAL Micellar Water - Refreshing untuk mengangkat sisa makeup dan kotoran, atau L’ORÉAL Dermo Expertise Gentle Lip and Eye Make-up Remover untuk makeup yang waterproof di mata dan bibir.

2. Sabun pencuci wajah.

Mencuci wajah menggunakan facial foam dan sabun pencuci wajah merupakan tahapan skincare yang benar selanjutnya. Gunanya adalah untuk memastikan semua kotoran dan produk yang tersisa di wajah terangkat secara total. Belum lagi, mencuci wajah dengan air dapat menyegarkan kulit.

Rekomendasi: L’ORÉAL Revitalift Milky Cleansing Foam, busa pembersih yang membersihkan dan merawat kulit wajah dengan tekstur milky yang melembapkan.

3. Eksfoliasi

Hindari mengeksfoliasi kulit wajah setiap hari karena akan merusak lapisan pelembap alami kulit. Cukup lakukan deep cleansing ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel- sel kulit mati dan kotoran yang membandel di wajah.

4.Toner

Urutan skincare ini sering dilewatkan karena tidak dianggap esensial. Padahal, toner sangat berguna terutama untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Toner membantu menyeimbangkan pH kulit serta menyegarkan kulit yang cenderung kering setelah dibersihkan.

Rekomendasi: L’ORÉAL Revitalift Aqua Milky Toner yang menyegarkan kulit wajah sekaligus menjaga kelembapan kulit.

5. Essence

Manfaat utama essence adalah memberi kelembapan bagi kulit wajah sehingga siap untuk menerima dan ‘mengikat’ manfaat dari produk perawatan yang selanjutnya Anda gunakan. Essence memiliki 1-2 bahan aktif dalam bentuk konsentrat; teksturnya cair dan ringan sehingga mampu meresap ke lapisan epidermis kulit untuk membantu merawat kulit dari dalam.

Rekomendasi: L’ORÉAL Revitalift Crystal Micro-Essence. Essence dengan Micronized Technology dengan tekstur cair dan ringan, sehingga dapat menyerap hingga ke 10 lapisan*. Diperkaya dengan Centella Asiatica dan Skin Brightening Actives untuk membantu melembapkan kulit, kulit terasa halus, dan tampak sebening kristal. Cocok untuk semua jenis kulit.

6. Serum, ampul, atau booster

Tahapan perawatan lanjutan menjadi urutan skincare berikutnya. Serum sangat penting untuk perawatan kulit karena memiliki kandungan nutrisi berupa berbagai bahan dalam konsentrat. Serum berfungsi untuk membantu merawat kulit, karena itu bahan-bahannya dipilih yang dapat menyerap ke epidermis kulit. Ampul atau booster memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan serum, hanya dengan konsentrasi bahan yang lebih tinggi.

Rekomendasi: L’ORÉAL Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang mengandung Hyaluronic Acid untuk membantu melembapkan kulit, menjaga kulit tetap elastis, dan melawan tanda-tanda penuaan.

Baca Juga : Kerutan Akibat Penuaan Dini, Bagaimana Cara Mengatasinya? 

7. Sheet mask

Sheet mask berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit. Gunakan sheet mask tiga kali seminggu atau saat ada kebutuhan khusus, misalnya sebelum menggunakan makeup untuk acara penting atau saat kondisi kulit sedang kering-keringnya.

Rekomendasi: Varian Face Mask L'ORÉAL Paris, yaitu L’ORÉAL Glycolic Instant Glowing Serum Mask, L'Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix, L’ORÉAL Revitalift Crystal Micro Essence Serum Mask, L’ORÉAL Revitalift Pro-Youth Face Mask Radiance + Anti-Aging Brightening Essence, L’ORÉAL Revitalift Pro-Youth Face Mask Skin Plumping + Anti-Aging Plumping Essence, dan L’ORÉAL Revitalift Pro-Youth Face Mask Skin Elasticity + Anti-Aging Lifting Essence, yang memiliki kandungan pelembap glycerin dari sebotol essence** dalam satu masker. Setelah pemakaian rutin, kulit akan terhidrasi, terasa lebih halus, dan tampak cerah.

8. Krim mata

Setelah wajah ternutrisi, urutan skincare selanjutnya adalah ‘mengunci’ semua nutrisi ini dengan krim pelembap, dimulai dengan krim mata. Krim mata membantu melembapkan kulit di sekitar mata sekaligus membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit.

Rekomendasi:Laser X3 Triple Action Eye Cream yang membantu merawat kekencangan kulit dan membantu melawan tanda-tanda penuaan di sekitar mata.

9. Krim pelembap

Pelembap tak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit wajah, tapi juga membantu ‘mengunci’ semua nutrisi dari perawatan sebelumnya di kulit serta menyamarkan keriput dan garis-garis halus. Bedakan penggunaan pelembap pada pagi dan malam hari karena memiliki kandungan bahan dan manfaat yang berbeda.

Rekomendasi: Pada pagi hari, gunakan L'Oreal Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF17, krim pelembap yang membantu melawan tanda-tanda penuaan, membantu kulit tampak glowing, serta membantu melindungi kulit dari sinar UV. Sementara untuk malam hari, gunakan L’ORÉAL Glycolic Bright Glowing Night Cream. Krim malam ini juga membantu menyamarkan keriput, mengencangkan kulit, dan membantu regenerasi sel-sel kulit saat tidur.

10. Sunscreen

Urutan skincare terakhir adalah penggunaan sunscreen pada pagi hari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa merusak kulit dan membuat kulit mengalami penuaan dini. Anda bisa menggunakan sunscreen atau pelembap yang mengandung sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV dari matahari.

Rekomendasi: L’ORÉAL UV Defender, sunscreen yang tak hanya melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV tapi juga dari partikel polusi.

Urutan skincare tersebut sebaiknya Anda lakukan secara konsisten setiap hari. Kalau sesekali waktu Anda terbatas, Anda bisa menggabungkan 2-3 langkah urutan dengan produk multifungsi. Yang penting, jangan abaikan perawatan dasar yang utama, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit.

Baca Juga : 5 cara mencerahkan kulit wajah secara alami

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/sudah-benarkah-urutan-pemakaian-skincare-harian-anda-cek-disini" }
Perbedaan Urutan Skincare Pagi Dan Malam

Beda Urutan Skincare pada Pagi dan Malam Hari

Dalam aturan cara memakai skincare yang benar, penggunaan produk pada pagi dan malam hari tidaklah sama. Karena menggunakan skincare di pagi hari berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan paparan polusi agar Anda dapat dengan nyaman beraktivitas seharian, sedangkan pada malam hari skincare berfungsi untuk membersihkan dan kembali menutrisi kulit sehingga kulit Anda tetap terjaga seharian.

Namun tetap ada langkah-langkah yang tidak boleh sampai terlewatkan. Baik pagi atau malam hari, Anda tetap harus menggunakan sabun pencuci wajah, toner, essence, serum/booster/ampul, krim mata, dan krim pelembap.

Micellar water/makeup remover digunakan pada malam hari setelah beraktivitas, begitu juga dengan eksfoliasi karena kulit wajah jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Hati-hati juga dengan penggunaan serum/booster/ampul, karena ada bahan aktif yang tidak bisa terpapar sinar matahari. Sheet mask sebaiknya digunakan pada malam hari agar hasilnya optimal, sementara sunscreen digunakan pada pagi hari.

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/sudah-benarkah-urutan-pemakaian-skincare-harian-anda-cek-disini" }
Urutan Skincare Malam

9 Urutan Skincare di Malam Hari yang Dapat Anda Ikuti

Jika diatas merupakan urutan pemakaian skincare pagi, ini adalah urutan step by stepnya untuk pemakaian skincare malam:

1. Pembersih makeup

Setelah seharian beraktifitas, wajah akan penuh dengan debu dan kotoran. Gunakan pembersih berbahan minyak yang efektif mengangkat sisa makeup, sunscreen, dan partikel polusi yang menempel pada wajah di malam hari.

2. Pembersih wajah atau Facial Wash

Tahapan kedua dari double cleansing ini fokus membersihkan kulit wajah dari sisa pembersih makeup serta kotoran lainnya. Gunakan facial wash yang sesuai dengan concern kulit kamu ya misal untuk wajah glowing dan cerah kamu bisa gunakan L’Oreal Paris Glycolic Bright Glowing Clear Foam untuk mengangkat lapisan kulit yang menggelap.

3. Eksfoliasi (seminggu dua kali)

Langkah ini penting untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori-pori penyebab wajah terlihat kusam. Anda bisa gunakan scrub atau eksfoliasi kimia untuk melakukannya.

4. Toner

Toner bermanfaat untuk menyeimbangkan PH kulit wajah sekaligus menyegarkan kulit wajah setelah seharian beraktivitas..

5. Essence

Membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah yang berkurang setelah dibersihkan, sekaligus mempersiapkan kulit wajah untuk menerima perawatan selanjutnya.

6. Serum

Mengandung bahan-bahan dengan konsentrasi tinggi yang membantu mengatasi masalah kulit wajah secara spesifik, misalnya untuk penuaan dini, dehidrasi, hiperpigmentasi, dan lainnya. Kamu bisa gunakan L'Oreal Instant Glowing Face Serum; Cukup 2-3 tetes saja dan dioles ke seluruh wajah, fungsinya untuk mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam hingga ke akarnya.

7. Sheet mask (seminggu 2-3 kali)

Dengan penggunaan rutin, sheet mask dapat membantu menghidrasi kulit dengan optimal sekaligus memberi efek relaksasi yang baik bagi kulit wajah. Kamu bisa gunakan L'Oreal Instant Glowing Serum Mask,yang akan mencerahkan hingga 2 tingkat warna kulit hanya dalam 15 menit.

8. Krim mata

Kulit di sekitar mata yang tipis dan sensitif membutuhkan krim khusus untuk membantu menjaga kekencangan menyamarkan garis-garis halus, serta lingkaran hitam dan kantung mata tampak berkurang.

9. Pelembap malam

Produk ini membantu mengunci semua kelembapan dan nutrisi yang diterima kulit wajah selama perawatan malam berlangsung, serta membantu regenerasi sel-sel kulit wajah saat tidur.

Baca Juga : 10 Urutan skincare di malam hari agar bangun dengan kulit wajah sebening kristal

Setelah mengetahui urutan skincare yang benar pagi dan malam beserta produk rekomendasi dari L’Oréal Paris, Anda tak perlu bingung lagi. Dapatkan semua produk yang direkomendasikan di atas, di website resmi L’Oréal Paris Indonesia dan gerai-gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan.

Jika kamu masih mengalami kesulitan untuk mencari skincare yang cocok untukmu, kamu bisa menggunakan skin genius dari L’Oréal Paris Indonesia. Melalui Fitur ini kamu bisa mendapatkan saran skincare yang sesuai untuk kebutuhan kulitmu dan juga analisa perawatan kulit seperti dari ahli! Ayo coba fitur nya di sini atau klik banner di bawah ini!

 *diuji pada lapisan stratum korneum melalui uji instrument

**Berdasarkan perhitungan kadar rata-rata glycerin di L’ORÉAL Revitalift Micro-Essence 22 ml

***Baca cara penggunaan dan peringatan.

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/sudah-benarkah-urutan-pemakaian-skincare-harian-anda-cek-disini" }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/produk-skincare-untuk-pemula", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/produk skincare untuk pemula", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-08-08T06.38.00+00:00", "dateModified": "2023-08-08T06.39.06+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat ini, penduduk Jakarta dan kota-kota besar lain di Indonesia sedang berperang melawan polusi. Hal ini karena tingginya tingkat pencemaran udara, terutama di Jakarta yang bahkan pernah diberitakan merupakan kota dengan kualitas udara terburuk di dunia!" } }, { "@type":"ListItem", "position": 2, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/rahasia-skincare-untuk-mencerahkan-wajah", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/rahasia skincare untuk mencerahkan wajah", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T18.02.02+00:00", "dateModified": "2023-10-20T18.03.04+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat kulit wajah terlihat kusam, wajar jika Anda merasa kurang percaya diri. Untungnya, membuat wajah tampak cerah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan produk skincare mencerahkan wajah. Masukkan perawatan ini dalam ritual harian kecantikan Anda setiap hari untuk hasil yang optimal, diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Lantas, seperti apa cara kerja skincare mencerahkan wajah dan menghilangkan kusam?" } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/sudah-benarkah-urutan-pemakaian-skincare-harian-anda-cek-disini", "name": "beauty magazine/sudah benarkah urutan pemakaian skincare harian anda cek disini" } } ] }