Skin Care SERING DILUPAKAN, INI CARA MENCEGAH PENUAAN DINI YANG BISA DILAKUKAN SEHARI-HARI

Tahukah Anda, saat melewati usia 25 tahun, kulit Anda akan mulai mengalami penuaan? Pada awalnya, wujud penuaan ini memang tidak akan terlihat dengan jelas, apalagi saat usia 20-an, kulit berada dalam kondisi yang prima. Namun jika Anda abai dalam merawat kulit dan menjalani gaya hidup yang cenderung tidak sehat, maka penuaan dini dapat terjadi, terlihat dari munculnya kerutan dan kulit yang menjadi lebih kering.

Cara mencegah penuaan dini harus dilakukan secara konsisten setiap hari agar dapat dihindari. 

Tanda-tanda Penuaan Dini di Wajah

Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dihindari

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Dapat Dilakukan Sehari-hari

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Cara Mencegah Penuaan Dini

Tanda-Tanda Penuaan Dini di Wajah

Ada banyak hal yang terjadi saat kulit mengalami penuaan, biasanya berkaitan dengan berkurangnya zat-zat penting yang menjaga kondisi kulit tetap sehat, serta melambatnya proses tubuh dalam melakukan sesuatu. Zat-zat penting yang produksinya menurun dan jumlahnya berkurang di kulit di antaranya adalah kolagen, elastin, hyaluronic acid, serta minyak alami kulit. Sedangkan proses yang melambat akibat penuaan adalah proses peluruhan sel-sel kulit mati yang biasanya berlangsung dalam siklus 28-30 hari.

Penuaan kulit memang tidak bisa dihindari seiring pertambahan usia, tapi Anda dapat membuatnya prosesnya berlangsung lebih lambat. Merawat kulit sejak awal menjadi kunci untuk memperlambat proses penuaan kulit, juga menjadi cara mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah ketika proses penuaan kulit berlangsung lebih cepat dari normal. Misalnya saja Anda masih berusia 25 tahun tapi kerutan di area mata dan mulut sudah terlihat dengan jelas. 

Ada beberapa bentuk penuaan dini pada wajah yang harus Anda waspadai kemunculannya, yaitu: 

  • Kulit wajah menjadi mudah kusam. Penyebabnya adalah melambatnya proses peluruhan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga terjadi tumpukan sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam dan tak lagi terlihat bercahaya.
  • Lentigo. Biasa disebut dengan sun spot, lentigo biasa muncul di kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama dan berulang-ulang. Produksi melanin yang meningkat untuk melindungi kulit membuat lama-kelamaan muncul lentigo. 
  • Garis-garis halus dan kerutan. Keduanya biasa muncul pada akhir usia 30-an dan semakin tampak jelas pada usia 40-an. Jika Anda masih berusia 30-an awal dan kerutan sudah muncul, maka dipastikan Anda mengalami penuaan dini.
  • Berkurangnya volume wajah. Akibat menurunnya produksi kolagen dan deposit lemak di kulit, maka kepadatan kulit pun menjadi berkurang sehingga wajah terlihat menyusut. Tanda-tandanya adalah area mata yang terlihat cekung dan pipi terlihat sangat tirus.

Penyebab Penuaan Dini yang Harus Dihindari

Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena itu, cara mencegah penuaan dini yang efektif adalah dengan menghindari berbagai faktor penyebabnya. Penyebab utama dari terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari yang berlangsung dalam waktu lama dan terjadi terus-menerus di kulit wajah yang tidak terlindungi sunscreen. Sekitar 90 persen tanda-tanda penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlangsung sepanjang hidup. 

Faktor-faktor lain yang menjadi penyebab penuaan dini berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat, di antaranya adalah merokok, banyak mengonsumsi minuman beralkohol, pola makan yang tidak seimbang sehingga kekurangan nutrisi, malas berolahraga, dan sering begadang. Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi, misalnya perubahan cuaca yang ekstrim, begitu juga dengan faktor kesehatan seperti stres dan kesehatan yang buruk. 

Kondisi ini akan menjadi lebih parah saat Anda tidak merawat kulit dengan baik. Paling tidak, Anda harus melakukan perawatan kulit wajah secara mendasar, yaitu membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Kotoran yang menempel di kulit wajah akan dengan cepat menyebabkan masalah peradangan di kulit, sementara wajah yang dehidrasi dan kering tak terhindari akan mengalami penuaan dini. 

Cara Mencegah Penuaan Dini yang Dapat Dilakukan Sehari-Hari

Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan cara mencegah penuaan dini yang efektif. Berikut beberapa cara yang dianjurkan untuk Anda lakukan segera:

  • Pakai sunscreen setiap hari.

Walaupun cuaca mendung atau hujan, Anda harus tetap memakai sunscreen. Begitu juga saat Anda beraktivitas di dalam ruangan. Perlu Anda ketahui bahwa sinar UV yang terdapat di sinar matahari dapat menembus awal tebal dan hujan, dapat memantul di permukaan, serta dapat menembus kaca jendela. Jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, pilih sunscreen anti-aging dengan SPF 50+ serta PA++++, sedangkan jika banyak beraktivitas di dalam ruangan bisa memakai sunscreen yang kadar perlindungannya lebih rendah.

  • Berhenti Merokok

“Musuh” nomor dua kulit setelah sinar UV adalah rokok, karena itu, cara mencegah penuaan dini selanjutnya adalah berhenti merokok. Rokok dapat merusak jaringan kolagen dan mengecilkan pembuluh darah sehingga aliran darah tersendat. Padahal, kulit butuh oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke seluruh tubuh lewat darah dalam jumlah yang mencukupi. Efeknya adalah proses penuaan yang berlangsung lebih cepat dan lebih awal dari seharusnya.

  • Menerapkan pola makan dengan nutrisi seimbang

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan karbohidrat dapat mempercepat proses penuaan. Ini yang sebaiknya Anda kurangi jika ingin mendapatkan kulit yang awet muda. Terapkan pola makan seimbang dengan konsumsi sayur dan buah segar yang lebih banyak, karena nutrisi di dalamnya dapat membantu mencegah kerusakan di kulit yang memicu terjadinya penuaan dini.

  • Menjalani gaya hidup sehat

Mulai sekarang, Anda bisa mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat rutin berolahraga, meminimalkan konsumsi minuman beralkohol, tidur yang cukup selama delapan jam dalam sehari, serta menjaga kesehatan mental dengan baik untuk menghindari stres.

  • Merawat wajah dengan skincare untuk mencegah penuaan dini

Tak hanya harus konsisten dalam merawat wajah, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan yang memperlambat penuaan, seperti antioksidan, peptida, retinol, hyaluronic acid, AHA, BHA, dan kolagen. 

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Cara Mencegah Penuaan Dini

Lindungi kulit wajah Anda dengan produk sunscreen terbaik dari L’Oréal Paris, yaitu L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector. Rangkaian produk sunscreen ini memberikan kulit wajah Anda perlindungan dalam bentuk SPF 50 dan PA+++ untuk membantu mencegah penuaan dini, munculnya noda hitam, dan kulit tampak kusam yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari. L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat membantu merawat dan melembabkan kulit wajah. 

Ada empat varian dari L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kulit, yaitu:

  • L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear. Dilengkapi dengan kandungan niacinamide yang membantu merawat kulit normal cenderung kusam agar lebih cerah.
  • L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moisture & Fresh. Mengandung hyaluronic acid yang menghidrasi dan melembabkan kulit kering dengan optimal.
  • L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh. Dilengkapi dengan kandungan airlicium untuk membuat kulit tidak tampak berminyak dan menyamarkan pori-pori. 
  • L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect. Diperkaya dengan kandungan Vitamin CG (turunan Vitamin C) sebagai antioksidan yang mencerahkan kulit kusam.

Gunakan rangkaian L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector setiap hari sebagai cara mencegah penuaan dini. Anda bisa mendapatkan keempat variannya di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, atau beli langsung di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.