Selain Cegah Penuaan Ini 12 Fungsi Kafein Untuk Kulit Wajah

Skin Care SELAIN CEGAH PENUAAN INI 12 FUNGSI KAFEIN UNTUK KULIT WAJAH

Minuman berkafein dikenal akan manfaatnya untuk meningkatkan fungsi otak, membangkitkan mood, hingga memberi energi. Namun tahukah Anda, bahwa fungsi kafein tidak hanya sebatas itu? Ternyata ada pula kegunaan kafein yang berkaitan dengan kecantikan kulit. Tak heran, jika saat ini semakin banyak produk skincare mata yang menjadikan bahan tersebut sebagai salah satu hero ingredient di dalamnya.

Kandungan Kafein yang Baik untuk Kulit

12 Fungsi Kafein untuk Kulit dari Produk Skincare

Manfaat Kafein di Serum Mata dari L’Oréal Paris

Kandungan Kafein yang Baik untuk Kulit

Pada awalnya, kafein banyak digunakan dalam pengobatan kuno masyarakat Tiongkok untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun, berkat kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan modern, kini mulai marak manfaat kafein untuk kulit untuk perawatan kulit, terutama yang menggunakan bubuk kopi. Saat ini, Anda bisa dengan mudah menemukan produk skincare yang menawarkan manfaat kafein untuk wajah.

Fungsi kafein tersebut tak luput dari sifat molekul kafein yang berukuran kecil sehingga mampu menembus lapisan kulit dengan baik. Selain itu, kafein merupakan vasokonstriktor yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih kencang. Inilah sebabnya kafein kini marak digunakan pada berbagai produk kecantikan, terutama produk anti-aging.

12 Fungsi Kafein untuk Kulit dari Produk Skincare

Penggunaan kafein sebagai kandungan bahan di produk skincare tak luput dari berbagai khasiat kafein untuk kecantikan kulit. Berikut ini selusin fungsi kafein untuk kulit yang cukup populer. 

1. Mencegah kerusakan kulit

Salah satu dampak buruk dari paparan polusi adalah terbentuknya radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Kafein mempunyai kandungan antioksidan yang dikenal dapat menetralkan radikal bebas dan memperbaiki sel-sel kulit yang terlanjur rusak.

2. Mendorong pembentukan kolagen

Minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kopi hijau disebut dapat membantu meningkatkan pembentukan kolagen di kulit. Pasalnya, kafein memiliki kandungan asam amino yang bermanfaat untuk mendorong pembentukan kolagen dan elastin yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

3. Mendukung fungsi skin barrier

Penggunaan produk skincare yang mengandung kafein dapat membantu skin barrier untuk menjalankan fungsinya dalam melindungi tubuh secara optimal. Pasalnya, kafein mengandung niacin atau Vitamin B3 yang salah satu manfaatnya adalah untuk mendukung fungsi skin barrier.

4. Menghaluskan tekstur kulit 

Karena dapat mengecilkan pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih kencang, maka manfaat kafein untuk wajah salah satunya adalah menghaluskan tekstur kulit, kerutan, dan garis-garis halus.

5. Mengatasi selulit

Salah satu fungsi kafein dalam dunia kecantikan adalah kemampuannya untuk mencegah munculnya selulit. Pasalnya, kafein dapat menghambat aktivitas enzim fosfodiesterase yang kemudian memicu proses penguraian lemak. 

6. Menyamarkan stretch mark

Banyak yang menganjurkan untuk rutin melulur bagian tubuh yang memiliki stretch mark dengan lulur kopi. Selain dapat mengeksfoliasi kulit untuk membuatnya menjadi lebih halus, lulur kopi juga mengandung kafein yang dapat mendorong pembentukan kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang dan tampilan stretch mark tersamarkan. 

7. Meredakan peradangan

Iritasi, luka, atau infeksi biasanya dapat memicu peradangan di kulit, ditandai kulit menjadi kemerahan dan terasa hangat saat disentuh. Produk skincare dengan kandungan kafein dapat membantu meredakan peradangan di kulit, termasuk peradangan kulit akibat paparan sinar UVB yang berlebihan dari matahari, karena kafein bersifat anti-peradangan. 

8. Mencerahkan kulit

Di dalam kafein terdapat kandungan Vitamin B3 yang juga dikenal akan manfaatnya untuk membantu mengatasi hiperpigmentasi. Tak heran jika salah satu fungsi kafein yang cukup populer dalam dunia kecantikan adalah untuk mencerahkan kulit.

9. Mencegah kanker kulit

Kerusakan sel-sel kulit, terutama yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari, berpotensi untuk terbentuknya kanker kulit juga terjadi dalam jangka waktu Panjang. Fungsi kafein selanjutnya adalah mencegah terjadinya kanker kulit karena karena kafein kaya akan antioksidan.

10. Meredakan jerawat

Tak hanya mengandung zat antioksidan dan anti-peradangan saja, fungsi kafein juga diketahui mempunyai senyawa anti-mikroba. Senyawa tersebut pun membuat kafein memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

11. Membantu mengatasi kantung mata

Kantung mata bengkak disebabkan oleh pembuluh darah di area mata yang melebar, sehingga menyebabkan penumpukan air di kulit bawah mata dan membuat mata menjadi sembab. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan produk perawatan mata yang mengandung kafein karena kafein membantu melancarkan aliran pembuluh darah hingga mengurangi retensi cairan di bawah mata. 

12. Membantu mengatasi mata panda

Pelebaran pembuluh darah di area mata dapat membuat kulit tampak menggelap. Kafein dapat membantu mengecilkan pembuluh darah sehingga mata panda teratasi dan kulit area mata akan kembali tampak cerah.

Manfaat Kafein di Serum Mata dari L’Oréal Paris

L'Oréal Paris hadir dengan serum mata terbaru yang membantu Anda mengatasi berbagai masalah di kulit area mata, yaitu L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum. Setelah 2 minggu pemakaian rutin, Anda bisa mendapatkan tampilan area mata yang lebih segar dan bahkan tampak lebih muda 5 tahun!

Produk serum mata ini menggabungkan kemampuan hyaluronic acid dan kafein untuk membantu mengatasi permasalahan kulit di sekitar mata. Kandungan 1,5% HA makro dan mikro di serum ini membantu menghidrasi dan menjaga elastisitas kulit area mata. Sedangkan fungsi kafein dari kandungan kafein sebesar 1% akan membantu merevitalisasi kulit, serta mengurangi tampilan mata panda sekaligus kantung mata. 

Anda pun bisa merasakan efek dingin seketika saat mengaplikasikan L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum karena aplikatornya berupa tiga buah cooling stainless ball yang dapat bergerak 360 derajat untuk menstimulasi kulit area mata lewat pijatan. Tak hanya itu, penggunaan aplikator ini juga dapat membantu mengempiskan mata yang sembab dan kantung mata, serta memberi efek menenangkan kulit di area mata seketika. 

Aplikasikan L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum setiap malam dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan kulit area mata Anda sudah bersih dari kotoran dan sisa makeup
  2. Keluarkan aplikator dari botol, lalu pijatkan dengan gerakan memutar di bawah mata kea rah pelipis. Ulangi empat kali.
  3. Pindahkan aplikator ke atas mata, lalu ratakan serum ke seluruh area kelopak mata. 
  4. Jika ada ekses serum, tepuk-tepuk kulit area mata menggunakan jari manis sampai serum menyerap sempurna.

Dengan berbagai fungsi kafein pada L'Oréal Paris Revitalift 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum, memiliki tampilan mata yang lebih segar dan awet muda idaman tentunya bukan merupakan hal yang sulit. Anda bisa segera dapatkan serum mata ini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia di e-commerce/marketplace favorit Anda. Anda pun bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.