Skin Care REKOMENDASI SUNSCREEN YANG COCOK UNTUK KULIT BERMINYAK DAN BERJERAWAT DARI L'OREAL PARIS

Saat memiliki kulit wajah yang berminyak, tak hanya pori-pori besar dan kulit yang mudah mengkilap akibat minyak berlebih, tapi juga kulit menjadi rentan memiliki jerawat. Walau tak eksklusif hanya terdapat di kulit wajah yang berminyak, tapi jerawat memang paling potensial muncul di jenis kulit berminyak. Saat muncul jerawat, perawatan kulit berminyak harus disesuaikan menjadi perawatan kulit berminyak dan berjerawat, termasuk dalam memilih sunscreen. Anda bisa mengetahui sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat setelah memahami kondisi kulit tersebut dengan tepat.

Dari Kulit Berminyak Menjadi Berjerawat

Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Benarkah Kulit Berjerawat Tak Boleh Menggunakan Sunscreen?

Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat dari L’Oréal Paris 

Dari Kulit Berminyak Menjadi Berjerawat

Kulit wajah disebut memiliki jenis yang berminyak saat kelenjar sebasea yang terdapat di dalam pori-pori kulit aktif memproduksi minyak atau sering juga disebut dengan sebum. Minyak ini tak hanya berfungsi sebagai pelembab alami kulit wajah, tapi juga mendukung fungsi lapisan penghalang kulit (skin barrier) dalam melindungi kulit dari serangan agresor lingkungan, diantaranya kuman, polusi, alergen, asap rokok, dan lainnya.

Sayangnya, pada kulit wajah yang berminyak, jumlah minyak yang berlebih di kulit berpotensi untuk menyumbat pori-pori, bersama dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk, kotoran, sisa produk makeup dan skincare yang bersifat comedogenic, partikel polusi, dan lainnya. Semua ini dapat menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo, baik komedo putih (whitehead) maupun komedo hitam (blackhead). 

Komedo sebenarnya sudah merupakan bentuk jerawat, tapi jerawat yang tidak mengalami peradangan. Komedo akan mengalami peradangan saat terpapar oleh bakteri penyebab jerawat. Jerawat yang meradang ada empat jenis, yaitu:

1. Jerawat papula: Berbentuk bengkak kecil berwarna merah.

2. Jerawat pustula: Merupakan jerawat papula tapi terisi nanah, terlihat seperti memiliki “mata” kekuningan di bagian atas jerawat.

3. Jerawat nodul: Jerawat yang muncul di dalam lapisan kulit dan memiliki ukuran besar. Jerawat ini biasanya lunak dan menimbulkan rasa sakit.

4. Jerawat kistik: Merupakan jerawat nodul tapi berisi nanah. Jerawat ini terasa keras saat disentuh dan menimbulkan rasa sakit.

Jerawat papula dan pustula dapat diredakan dengan perawatan kulit wajah berminyak secara rutin ditambah dengan penggunaan obat jerawat. Sedangkan untuk penanganan jerawat nodul dan kistik ada baiknya dilakukan oleh dokter kulit. Jika tidak ditangani dengan benar, kedua jerawat ini dapat meninggalkan luka parut atau bopeng yang sulit untuk dihilangkan. 

Rutinitas Perawatan Kulit Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Walaupun kulit sedang berjerawat, tapi rutinitas perawatan kulit pada pagi dan malam hari tidak dapat dihentikan dengan alasan khawatir dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Tentu saja, Anda harus melakukan perawatan dengan tepat sesuai dengan jenis kulit berminyak yang dalam kondisi sedang berjerawat. 

Pada pagi hari, lakukan rutinitas perawatan wajah mendasar berupa membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Jika ingin lebih advance, Anda dapat menambahkan serum antioksidan yang membantu ikut membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Jangan lupa, Anda harus menyesuaikan facial wash, serum, day cream, dan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Begitu pula pada malam hari, sesuai perawatan kulit wajah dengan penggunaan produk-produk skincare yang ditujukan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selipkan penggunaan obat jerawat di kulit yang sudah dibersihkan tapi sebelum dilembabkan. Jika Anda ingin menggunakan serum, maka aplikasikan obat jerawat setelah Anda mengaplikasikan serum. Untuk perawatan kulit pada malam hari, Anda bisa menambahkan perawatan berkala yaitu eksfoliasi yang bisa dilakukan dua kali seminggu untuk kulit berminyak dan berjerawat. 

Benarkah Kulit Berjerawat Tak Boleh Menggunakan Sunscreen?

Ada satu mitos yang muncul di masyarakat yang kebenarannya sangat meragukan, yaitu larangan menggunakan sunscreen saat kulit wajah sedang berjerawat. Tidak jelas mengapa mitos ini muncul, tapi kemungkinannya disebabkan oleh kekhawatiran bahkan formula sunscreen dapat memperparah kondisi jerawat dengan mengiritasi dan/atau menyumbat pori-pori.

Mitos ini mendapat banyak bantahan dari para dokter kulit yang tetap menyarankan agar pemilik kulit berminyak yang sedang berjerawat untuk menggunakan sunscreen. Alasannya adalah karena paparan sinar UV dari matahari dapat memperparah kondisi jerawat dan membuat kerusakan jaringan kulit yang lebih besar. Anda disarankan untuk memilih produk sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat agar aman saat produk dioleskan di permukaan jerawat.

Satu hal yang disarankan para dokter kulit adalah memilih sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat yang bersifat non-comedogenic atau bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, ada baiknya Anda memilih sunscreen terbaik untuk kulit berjerawat yang tidak mengandung minyak (oil-free) dan aman untuk kulit yang sensitif. Anda juga sebaiknya menghindari menggunakan sunscreen khusus untuk kulit tubuh di kulit wajah, karena formulanya lebih kental, berat, dan berminyak sehingga bukan merupakan sunscreen yang cocok untuk kulit berjerawat.

Rekomendasi Sunscreen yang Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat dari L’Oréal Paris 

Mencari produk skincare yang cocok untuk jenis dan kondisi kulit memang bisa membuat kewalahan. Namun Anda tak perlu kewalahan mencari sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak yang sedang berjerawat, karena L’Oréal Paris hadir dengan rangkaian L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector dengan pilihan varian produk yang sesuai dengan jenis kulit. Seluruh rangkaian sunscreen ini membantu mencegah kulit tampak 5 tahun lebih tua dengan perlindungan SPF 50+ dan PA ++++. Formulanya juga memberi perlindungan dari partikel polusi PM 2,5 yang dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya serta membuat kulit mengalami penuaan. 

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat dari rangkaian ini adalah L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh. Sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat ini memiliki kandungan airlicium yang dapat mengontrol produksi minyak lebih lama di kulit wajah dan membuat keringat cepat menguap. Setelah aplikasi, hasilnya adalah tampilan yang matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan di cuaca yang panas dan lembab

Gunakan L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh sebagai penutup skincare routine Anda pada pagi hari. Aplikasikan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan bruntusan ini sebanyak dua jari penuh di seluruh wajah dan leher secara merata. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan dekat dengan jendela, maka aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali agar perlindungannya optimal.  

Hindari percaya mitos yang tidak jelas kebenarannya dan tetap gunakan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat untuk melindungi kulit wajah Anda dari sinar UV dari matahari. Anda bisa mendapatkan L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.