Cara Memilih Sunscreen Yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

Skin Care REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK KULIT KERING DAN KUSAM

Memakai sunscreen merupakan bagian dari skincare routine pada pagi hari yang telah menjadi kebutuhan mendasar. Tak heran karena mengingat bahwa sinar matahari merupakan musuh nomor satu kulit. Tak hanya mengandung UV filter yang melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, produk sunscreen pun kini dilengkapi dengan bahan-bahan aktif yang disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit. Kalau Anda membutuhkan sunscreen untuk kulit kering dan kusam, maka rekomendasi produk berikut bisa Anda pertimbangkan.

Kondisi Kulit Kering dan Dehidrasi Penyebab Kusam

Tips Memilih Produk Skincare termasuk Sunscreen untuk Kulit Kering dan Kusam

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering dan Kusam dari L’Oréal Paris

Kondisi Kulit Kering dan Dehidrasi Penyebab Kusam

Salah satu faktor yang menentukan jenis kulit adalah produksi minyak alami di kelenjar sebasea. Pada kulit yang kering, kelenjar sebasea hanya memproduksi sedikit minyak sehingga tidak cukup untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah sepanjang hari. Saat kulit kekurangan pelembap alami ini, ciri-ciri yang paling sering dialami adalah kulit menjadi terasa tertarik dan gatal-gatal. Ciri-ciri lain dari kulit kering adalah pori-pori kulit tampak samar, kulit tampak halus tapi saat disentuh terasa kasar, serta kulit pecah-pecah sampai mengelupas. 

Kebanyakan, faktor genetik lah yang membuat seseorang memiliki kulit wajah berjenis kering. Namun ada faktor-faktor lain yang juga dapat membuat kulit seseorang menjadi kering dan lebih kering, yaitu pertambahan usia, kondisi air yang digunakan untuk mandi dan mencuci wajah, kondisi lingkungan, terlalu sering mencuci wajah, paparan iritan, serta efek dari kondisi medis. 

Kulit yang kering dapat memicu dehidrasi karena biasanya, kondisi skin barrier kulit kering tidak sempurna sehingga cairan dari dalam lapisan kulit dapat dengan mudah menguap lewat pori-pori. Ciri-ciri kulit dehidrasi mirip dengan kulit kering, yang berbeda adalah kulit yang dehidrasi biasanya tampak kusam serta kerutan dan garis-garis halus tampak lebih jelas. 

Karena kondisi ini, kulit yang kering butuh produk-produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang dapat melembapkan untuk menggantikan peran minyak alami tersebut. Akan lebih baik jika bahan aktif ini bersifat humektan sehingga juga dapat menghidrasi kulit wajah dengan menarik air dari lingkungan sekitarnya dan menyimpannya di lapisan juga permukaan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya akan menjadi lebih sehat, lembap, kenyal, cerah, glowing, serta kondisi skin barrier menjadi optimal untuk melindungi kulit. 

Tips Memilih Produk Skincare termasuk Sunscreen untuk Kulit Kering dan Kusam

Sebenarnya secara mendasar, semua produk yang dipakai dalam skincare routine, baik pada pagi dan malam hari, sama saja untuk semua jenis kulit. Hal yang membedakan adalah kandungan bahan aktifnya agar manfaat yang diberikan bisa sesuai dengan jenis kulit serta kondisi kulit Anda. 

Berikut ini beberapa tips memilih produk-produk skincare untuk jenis kulit kering yang memiliki masalah kekusaman, termasuk memilih sunscreen yang bagus untuk kondisi kulit tersebut: 

1. Perhatikan formulasi yang ada di dalam sunscreen

Lebih baik pilih produk-produk skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit kering yang telah menjalani uji dermatologi dan bersifat hypoallergenic agar aman digunakan oleh kulit kering. Produk-produk yang memiliki formula ringan dan lembut di kulit menjadi pilihan agar tidak memicu iritasi.

2. Pilih kandungan bahan yang dapat menghidrasi dan melembapkan

Ada banyak pilihan bahan yang dapat membantu Anda merawat kulit kering dan kusam Anda. Jika ingin yang alami, Anda dapat memilih minyak tumbuhan seperti argan oil, avocado oil, sunflower seed oil, jojoba oil, dan rosehip oil. Anda juga dapat memilih produk-produk skincare dengan kandungan bahan aktif seperti hyaluronic acid, glycerin, squalane, ceramides, dan omega fatty acid.

3. Pagi hari untuk melembapkan, malam hari untuk perbaikan

Pada pagi hari, fokuskan perawatan kulit wajah untuk menjaga hidrasi dan kelembapannya sepanjang hari. Karena itu, pilihan serum dan day cream perlu diperhatikan. Pilih day cream yang dapat mengunci hidrasi di dalam kulit, serta menjaga kelembapan di permukaan kulit wajah. 

Sedangkan pada malam hari, saatnya Anda memakai produk-produk yang dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang dialami kulit. Produk-produk skincare dengan kandungan antioksidan penting untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Pastikan juga produk-produk skincare dapat membantu memperbaiki skin barrier yang rusak dengan bahan kandungan berupa ceramides, omega fatty acid, dan kolesterol. Karena kulit kering cenderung kusam, maka Anda bisa mengatasi kekusaman dengan melakukan eksfoliasi kimia 1-2 kali seminggu, tergantung dari toleransi kulit.

4. Lindungi dengan sunscreen untuk kulit kering dan kusam

Sinar UVB dari matahari dapat membuat kulit Anda menjadi kering dan dehidrasi sehingga tampak kusam. Dengan kondisi skin barrier yang tidak berfungsi optimal, maka Anda butuh sunscreen dengan kandungan bahan aktif yang tak hanya dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, tapi juga menjaga kelembapan kulit. 

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Kering dan Kusam dari L’Oréal Paris 

Ada begitu banyak produk sunscreen di pasaran, Anda harus jeli memilih sunscreen untuk kulit kering dan kusam. Salah satu rekomendasi yang dapat Anda pertimbangkan adalah L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh, yaitu sunscreen yang diformulasikan untuk kulit kering dan dehidrasi. 

Tak hanya dapat melindungi kulit wajah dari sinar UV dari matahari dengan UV filter SPF 50+ dan PA++++, L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh membantu melembapkan dan menghidrasi dengan kandungan hyaluronic acid. Bahan aktif ini merupakan humektan yang dapat menarik air dari lingkungan untuk menghidrasi kulit, kemudian menahannya di lapisan dan permukaan kulit agar tidak menguap. Kemampuannya ini membuatnya juga cocok sebagai sunscreen untuk kulit sensitif. 

L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh merupakan bagian dari L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector yang memberi perlindungan spektrum luas SPF 50+ dan PA ++++ terhadap sinar UV dari matahari. Anda akan terhindari dari efek buruk sinar UV berupa tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam, sekaligus membantu mencegah kulit tampak 5 tahun lebih tua. Formulanya juga memberi perlindungan dari partikel polusi PM 2,5 yang dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya serta membuat kulit mengalami penuaan. 

Setiap varian dari rangkaian sunscreen ini mengandung bahan aktif pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh yang merupakan sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak dengan kandungan airlicium, L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect sebagai sunscreen untuk kulit kombinasi dengan kandungan Vitamin Cg, serta L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear untuk jenis kulit normal dengan kandungan niacinamide yang dapat dijadikan sunscreen untuk remaja. L’Oréal Paris UV Defender Invisible Fluid dengan tekstur sangat ringan, 20x lebih cair yang efektif melindungi dari keringat, kelembaban, dan polusi. 

Setelah menemukan sunscreen untuk kulit kering dan kusam L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh, perlindungan untuk kulit wajah Anda akan menjadi optimal. Produk sunscreen ini tersedia di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.