Make Up REKOMENDASI PRIMER UNTUK KULIT BERMINYAK DAN BERPORI BESAR SERTA TIPS MENGGUNAKANNYA

Anda mungkin paham bahwa pemakaian primer wajah penting untuk membuat produk-produk complexion make up dapat diaplikasikan dengan mudah dan hasilnya menjadi flawless. Namun ada begitu banyak pilihan berbagai jenis primer yang ada di pasaran dan ini bisa membuat Anda kewalahan dalam memilih yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah Anda. Apakah Anda pemilik jenis kulit berminyak dan bingung memilih produk primer untuk kulit berminyak dan berpori besar? Anda bisa simak penjelasan berikut untuk temukan primer terbaik untuk kulit berminyak.

Seperti Apa Jenis Kulit Berminyak?

Pilihan Primer untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer, Primer untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Seperti Apa Jenis Kulit Berminyak?

Memiliki jenis kulit berminyak artinya produksi minyak oleh kelenjar sebasea di kulit berlebih. Minyak sebenarnya punya fungsi penting bagi kulit karena dapat melindungi dan menjaga agar kulit tetap lembap dan terhindar dari dehidrasi. Namun bila produksinya berlebihan maka dapat menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul komedo dan jerawat.

Jenis kulit berminyak bisa dikenali dengan ciri-ciri berikut:

  • Kulit terlihat berminyak. Anda mungkin tak menyadari saat minyak di kulit wajah sudah berlebih, kecuali saat Anda sedang bercermin dan wajah terlihat mengilap.
  • Minyak berpindah ke benda yang Anda tempelkan ke wajah, seperti layar ponsel dan tisu. 
  • Pori-pori besar. Produksi minyak yang tinggi membuat pori-pori penuh minyak sehingga ukurannya membesar dan mulut pori-pori melebar.
  • Lebih mudah muncul komedo dan berjerawat. Ini merupakan efek produksi minyak berlebih yang menarik kotoran menempel di wajah. Kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih dapat menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Jika terpapar bakteri, maka komedo akan berubah menjadi jerawat.
  • Riasan wajah tidak tahan lama. Produk make up yang Anda aplikasikan biasanya akan tampak sempurna untuk jangka waktu pendek, setelah itu akan mulai bergeser karena didorong oleh minyak bahkan sampai luntur.

Pilihan Primer untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Mengetahui jenis dan kondisi kulit wajah Anda merupakan syarat penting dalam memilih primer wajah. Apalagi di pasaran, ada banyak jenis primer yang ditawarkan dengan fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda. Beberapa jenis primer adalah sebagai berikut: 

  • Blurring

Jika Anda mengeluhkan tampilan tekstur kulit yang terlihat nyata, mulai dari garis-garis halus, kerutan, dan pori-pori wajah yang besar, primer jenis ini sangat cocok untuk Anda. Primer ini bekerja secara spesifik untuk menyamarkan tekstur kulit karena memiliki bahan dasar silikon yang bekerja mengisi berbagai lekukan di kulit teksturnya menjadi halus. Namun jika kulit Anda termasuk yang sensitif, lakukan test patch terlebih dahulu karena kandungan silikon biasanya menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif.

  • Mattifying

Mattifying primer merupakan primer yang cocok untuk kulit berminyak karena umumnya mengandung bahan yang membantu mengontrol produksi minyak sehingga memberi hasil akhir wajah yang terlihat matte dan powdery lebih lama. Sering kali, mattifying primer juga membantu menyamarkan tampilan pori-pori sehingga cocok juga sebagai primer untuk kulit berminyak dan berpori besar. 

  • Hydrating

Setiap jenis kulit wajah bisa mengalami dehidrasi, termasuk kulit yang berminyak. Namun jenis primer ini memang lebih cocok untuk kulit wajah yang kering dan cenderung sensitif, karena dapat menghidrasi kulit dan membentuk lapisan yang lembap di permukaan kulit. 

  • Color correcting

Primer jenis ini berfungsi untuk mengoreksi warna kulit yang berbeda atau tidak rata. Karena itu, primer jenis ini bisa ditemukan dalam beberapa varian warna. Seperti primer berwarna oranye yang berfungsi untuk menyamarkan noda kehitaman di wajah karena bekas jerawat atau mata panda.

  • Illuminating 

Primer jenis ini ditujukan untuk membuat kulit wajah tampak bercahaya. Selain karena membantu melembapkan, cahaya yang terlihat natural di kulit wajah didapatkan karena primer ini mengandung partikel-partikel halus yang shimmering. Sebaiknya primer ini Anda gunakan saat ke acara-acara istimewa karena jika untuk sehari-hari akan terlihat berlebihan. 

Agar make up tidak mudah luntur pada wajah berminyak, Anda perlu memakai primer untuk kulit berminyak dan berpori besar. Dari beberapa jenis primer di atas, maka Anda dapat memastikan bahwa blurring primer dan mattifying primer yang dapat Anda pilih karena sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah Anda. 

L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer, Primer untuk Kulit Berminyak dan Berpori Besar

Jika Anda tak ingin mencari-cari lagi produk primer untuk pori besar dan berminyak, maka Anda bisa menggunakan primer yang bagus untuk kulit berminyak terbaru dari L'Oréal Paris, yaitu L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer. Primer ini akan membantu Anda mendapatkan hasil make up yang bertahan sepanjang hari dengan hasil akhir yang matte, tapi tetap terasa nyaman di kulit wajah. 

Dengan tiga keunggulannya, L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer tak hanya dapat berfungsi sebagai sebuah produk primer tapi juga skincare

  • Membantu kulit wajah tampak matte sepanjang hari karena memiliki konsentrasi tinggi bahan-bahan yang mengontrol produksi minyak di kulit wajah agar make up tidak luntur pada wajah berminyak. 
  • Memiliki formula berbasis serum yang membantu menghidrasi kulit wajah, sehingga primer tetap terasa lembap dan nyaman walaupun dipakai seharian.
  • Membantu menyamarkan tampilan pori-pori besar serta tekstur kulit lainnya karena mengandung bahan-bahan yang menyamarkan tampilan pori-pori akan membuat tekstur kulit menjadi halus merata.

Pemakaian primer untuk kulit berminyak dan berpori besar ini juga tergolong mudah. Berikut tips pemakaiannya yang bisa Anda ikuti:

  • Sebelum mengoleskan sesuatu di wajah, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar bakteri di tangan tidak berpindah ke kulit wajah. 
  • Siapkan wajah dengan memakai produk-produk skincare yang mendasar, yaitu membersihkan memakai facial wash, melembapkan dengan moisturizer, dan melindungi kulit wajah memakai sunscreen untuk pemakaian primer pada pagi atau siang hari. 
  • Ambil primer untuk kulit berminyak dan berpori besar lalu keluarkan sekitar sebesar kacang tanah untuk aplikasi satu wajah. Aplikasikan primer dimulai dari bagian tengah dari area wajah, lalu ratakan dengan gerakan melingkar. Tunggu selama 1-2 menit hingga primer meresap seperti skin care sebelum mengaplikasikan foundation
  • Untuk area wajah yang berlekuk dan sempit, seperti area mata, hidung, dan mulut, primer sebaiknya diaplikasikan dengan menggunakan kuas.

Pilihan primer untuk kulit berminyak dan berpori besar yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kulit wajah yang matte sepanjang hari serta tampak halus dan pori-pori tersamarkan. Anda bisa dapatkan L'Oréal Paris Infallible Lasting Primer secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama yang ada di kota Anda.