Intip Formula Skincare Untuk Menghilangkan Bruntusan Di Jidat Yang Wajib Ada

Skin Care 5 PENYEBAB UTAMA WARNA KULIT TIDAK MERATA DAN CARA MENGATASINYA

Warna kulit yang tidak rata bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu penampilan. Hal ini disebabkan oleh kelebihan produksi melanin, yaitu zat pigmen dalam tubuh yang mewarnai rambut dan kulit. Istilah yang sering digunakan untuk menyebutnya adalah hiperpigmentasi. Punya masalah hiperpigmentasi bisa membuat rasa percaya diri Anda menyusut. Simak 10 trik dan cara mengatasi warna kulit tidak merata berikut ini.

Kenali Penyebab Warna Kulit Wajah Tidak Merata

Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Merawat Wajah dengan Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright

Kenali Penyebab Warna Kulit Wajah Tidak Merata

Sebelum Anda fokus untuk mencari solusi dari masalah hiperpigmentasi ini, sebaiknya lebih mengenal apa saja yang bisa menjadi penyebabnya. Beberapa penyebab utama yang paling sering dialami adalah:

- Melasma

Melasma adalah masalah warna kulit tidak merata yang terjadi sebagai akibat dari perubahan yang terjadi di tubuh yang berhubungan dengan hormon. Fluktuasi hormon biasa muncul pada kondisi seperti kehamilan atau memakai alat kontrasepsi.

- Sinar UV dari matahari

Kulit yang terpapar sinar matahari secara terus-menerus tanpa adanya perlindungan seperti sunscreen, pada akhirnya akan mulai memunculkan masalah hiperpigmentasi. Saat kulit Anda terlalu banyak terpapar sinar UV dari matahari, kulit akan melawan efek buruknya dengan produksi melanin yang berlebihan di area kulit tersebut. Hal ini yang akhirnya membuat warna kulit wajah yang tidak merata, bisa berupa belang atau muncul lentigo.

- Faktor usia

Seiring berjalannya waktu, kulit Anda mengalami penuaan yang ditandai dengan melambatnya proses regenerasi sel-sel kulit. Kondisi ini menjadi salah satu faktor penyebab warna kulit yang tidak merata.

- Peradangan atau cedera

Warna kulit tidak merata dapat terjadi ketika ada luka atau setelah peradangan di kulit wajah, misalnya saat ada jerawat dan eksim, yang meninggal noda hitam akibat produksi melanin yang berlebihan. Hiperpigmentasi jenis ini sering disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation).  

- Tumpukan sel-sel kulit mati

Jika Anda tidak melakukan eksfoliasi secara teratur, sel-sel kulit mati di permukaan kulit akan terus menumpuk. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab warna kulit yang tidak merata dan bahkan masalah kulit lainnya, seperti kulit kusam.

Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

Hiperpigmentasi sebenarnya tidak berbahaya dan merupakan kondisi yang diderita kebanyakan orang. Walau begitu, kondisi ini bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Untungnya, ada cara meratakan warna kulit wajah yang dapat dilakukan, yaitu dengan mengatasi berbagai bentuk hiperpigmentasi yang mungkin Anda derita. Anda bisa mencoba menerapkan 10 trik mengatasi warna kulit tidak merata berikut ini.

1. Memakai sunscreen

Cara mengatasi warna kulit wajah tidak merata ini penting karena juga membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi. Aplikasikan sunscreen sebagai penutup skincare routine Anda setiap pagi sebelum memulai aktivitas harian. Gunakan minimal SPF 30 dan PA+++ untuk melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar UV. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali, apalagi jika Anda sering berkeringat.

2. Eksfoliasi 

Anda bisa membantu regenerasi kulit berlangsung lebih cepat dengan rutin melakukan eksfoliasi. Anda bisa menggunakan melakukan eksfoliasi fisik menggunakan scrub atau eksfoliasi kimia dengan produk skincare yang mengandung asam sebagai eksfolian, seperti glycolic acid. Sesuaikan frekuensi eksfoliasi dengan jenis kulit wajah Anda.

3. Memilih produk skincare yang tepat

Kulit wajah yang terawat dengan baik menggunakan produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit akan secara otomatis terlihat lebih cerah dan segar. Karena itu, selalu pilih produk skincare yang tepat untuk meratakan warna kulit wajah. 

4. Tidak menyentuh wajah terlalu sering

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih dapat memicu munculnya jerawat atau memperparah peradangan yang sedang terjadi. Ini dapat meninggalkan noda hitam yang butuh waktu untuk pudar dan tampak samar. 

5. Menjaga asupan makanan

Beberapa masalah kulit dapat dipicu oleh makanan. Agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya Anda menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi seimbang untuk sehari-hari. Hindari makanan tinggi gula karena gula berlebih dapat memicu peradangan di tubuh, termasuk di kulit. 

6. Pastikan tubuh terhidrasi

Asupan cairan dalam tubuh sangat penting dalam menjaga kelembapan kulit serta membantu regenerasi sel-sel kulit. Pastikan tubuh selalu terhidrasi dengan konsumsi air putih minimal dua liter sehari. Batasi minuman berkafein tinggi dan beralkohol karena dapat memicu terjadinya dehidrasi di tubuh Anda.

7. Cukup tidur

Bergadang punya efek buruk ke kulit. Selain membuat Anda tampak pucat, kulit juga menjadi kusam. Mencukupi waktu tidur sangat penting untuk mendapatkan kulit sehat dan terhindar dari masalah hiperpigmentasi. 

8. Jaga pola hidup sehat

Pastikan Anda berolahraga teratur serta tidak merokok untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah.

9. Terapi laser

Perawatan di klinik kecantikan dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi warna kulit tidak merata. Terapi laser bisa jadi pilihkan untuk memudarkan hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, PIH, dan pertambahan usia.

10. Memakai produk makeup

Pilihan terakhir sebagai cara meratakan kulit belang adalah dengan memakai produk makeup. Namun Anda harus ingat bahwa efek penggunaan makeup hanya sementara, karena itu masalah hiperpigmentasi harus tetap diatasi. 

Merawat Wajah dengan Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright

Setelah mengetahui cara mengatasi warna kulit tidak merata, saatnya beralih pada perawatan menggunakan rangkaian produk skincare yang dapat membantu mengatasi warna kulit Anda yang tidak merata. Seperti rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright yang terinspirasi dari prosedur peeling sehingga dapat membantu menyamarkan noda hitam dan membuat kulit wajah cerah merata.

L'Oréal Paris Glycolic Bright terbukti secara klinis mencerahkan kulit secara instan dan menyamarkan 57% noda hitam setelah pemakaian 2-4 minggu. Hasil ini didapatkan berkat kandungan bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite. Produk-produknya bekerja pada 4 dimensi cahaya kulit yang dapat mengurangi cahaya kulit dari waktu ke waktu, yaitu noda hitam, kulit kusam, warna tidak rata, dan kulit kasar. Semua produk telah diuji pada kulit perempuan Asia untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit Anda.

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam, L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream, dan L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen  L'Oréal Paris UV Defender yang mengandung SPF dan PA50++++ di siang hari baik saat Anda berkegiatan di dalam maupun luar ruangan . 

Lakukan perawatan intensif dengan rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright sebagai cara mengatasi warna kulit tidak merata. Anda bisa mendapatkan rangkaian produknya di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di berbagai e-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama yang ada di kota Anda.