Skin Care BEBAS PORI-PORI TERSUMBAT DENGAN SUNSCREEN NON-COMEDOGENIC INI, YUK PAKAI!

Anda mungkin pernah membaca istilah non-comedogenic tertulis di keterangan produk skincare atau makeup, tapi tahukah Anda apa arti dari istilah itu? Secara sederhana, non-comedogenic diartikan sebagai tidak menyumbat pori-pori, sehingga pemakaian produk tersebut tidak berpotensi membuat terbentuknya komedo dan jerawat. Anda yang memiliki jenis kulit cenderung berminyak disarankan untuk memilih produk-produk skincare dan makeup yang memiliki sifat ini, termasuk produk sunscreen non-comedogenic.

Memahami tentang Istilah Non-Comedogenic

Manfaat Menggunakan Produk Skincare yang Non-Comedogenic

Seperti Apa Sunscreen yang Non-Comedogenic?

Sunscreen Non-Comedogenic dari L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector

Memahami tentang Istilah Non-Comedogenic

Saat memilih produk skincare, Anda memang sebaiknya memahami berbagai istilah yang umum digunakan agar produk yang Anda pilih sesuai dengan jenis dan kondisi kulit wajah. Jika Anda tidak paham istilah-istilah ini, khawatirnya Anda jadi salah pilih produk skincare dan penggunaannya tidak memberi hasil yang optimal.

Untuk pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, memilih produk skincare yang bersifat non-comedogenic sangat disarankan, termasuk sunscreen non-comedogenic. Istilah non-comedogenic digunakan untuk menjelaskan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat pori-pori tersumbat. Penyumbatan pori-pori memiliki istilah medis comedogenesis atau bisa disebut dengan komedo, dan kondisi pori-pori berkomedo inilah yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat. 

Komedo umumnya berupa kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih yang diproduksi kelenjar sebasea dalam pori-pori. Namun sisa produk makeup yang tidak dibersihkan, serta kandungan bahan dari produk skincare dan makeup juga dapat berkontribusi dalam menyumbat pori-pori.

Umumnya, bahan yang bersifat comedogenic adalah minyak, butter, dan wax, tapi ada juga jenis bahan-bahan ini yang bersifat non-comedogenic. Selain itu, ada pula bahan-bahan yang di jenis kulit tertentu berpotensi untuk menyumbat pori-pori, sedangkan di jenis kulit yang lain tergolong aman. Karena itu, untuk menghindari kerumitan ini, lebih baik Anda langsung memilih produk yang diberi label non-comedogenic daripada harus memperhatikan secara detail bahan-bahan kandungan dan konsentrasinya.

Manfaat Menggunakan Produk Skincare yang Non-Comedogenic

Karena produk skincare yang non-comedogenic tidak memiliki bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori, maka penggunaannya akan memberi manfaat berupa:

- Terhindar dari jerawat. Pada dasarnya, jerawat adalah komedo, baik komedo putih (whitehead) atau pun komedo hitam (blackhead) yang terpapar bakteri penyebab jerawat. Jika tidak ada komedo, maka jerawat juga tidak muncul.

- Tekstur kulit menjadi lebih halus. Pori-pori yang tersumbat komedo ukurannya akan menjadi lebih besar dan mulut pori-pori juga menjadi lebih lebar. Akibatnya, saat kulit disentuh, teksturnya terasa lebih kasar dan kulit terasa bergelombang. Kondisi ini berbeda dengan kulit wajah yang bebas komedo terasa halus saat disentuh.

- Penyerapan produk skincare menjadi lebih baik. Saat pori-pori tersumbat komedo, maka bahan-bahan aktif skincare tidak dapat menyerap dengan sempurna ke dalam lapisan kulit. Jika pori-pori bersih dari komedo, maka produk skincare dapat meyerap dengan cepat dan bekerja dengan efektif untuk merawat kulit wajah. 

- Mengurangi frekuensi eksfoliasi. Banyak yang mengandalkan eksfoliasi untuk masalah pori-pori tersumbat, sehingga cenderung melakukannya secara berlebihan. Padahal melakukan eksfoliasi terlalu sering berpotensi menyebabkan kulit wajah iritasi dan menjadi lebih sensitif. Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, disarankan melakukan eksfoliasi sebanyak dua kali seminggu; hindari melakukannya setiap hari.

Seperti Apa Sunscreen yang Non-Comedogenic?

Salah satu produk skincare yang dikhawatirkan dapat menyumbat pori-pori adalah sunscreen. Physical sunscreen memang memiliki tekstur kental dan mengandung mineral oil sehingga dikhawatirkan dapat menyumbat pori-pori di kulit yang berminyak dan rentan berjerawat. Berbeda dengan chemical sunscreen yang teksturnya cair dan cepat meresap ke dalam kulit, tapi dikhawatirkan dapat membuat kulit sensitif jadi iritasi.

Sebenarnya dengan memilih sunscreen non-comedogenic, Anda akan terhindar dari masalah pori-pori yang tersumbat. Sunscreen non-comedogenic untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, tentu saja, memiliki bahan-bahan kandungan yang tidak menyumbat pori-pori sehingga pori-pori Anda bebas dari komedo dan potensi munculnya jerawat. Anda tinggal memperhatikan label kemasan sunscreen untuk memastikan ada klaim non-comedogenic di sana.

Anda juga dapat memilih sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat, karena umumnya produk sunscreen untuk jenis kulit wajah ini merupakan sunscreen non-comedogenic. Namun ada juga rangkaian produk sunscreen yang bahan-bahannya memang bersifat non-comedogenic, terlepas dari peruntukkan jenis kulitnya, seperti rangkaian sunscreen L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector.

Sunscreen Non-Comedogenic dari L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector

Apa pun jenis kulit Anda, tak perlu khawatir saat menggunakan rangkaian sunscreen L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector, karena semua produknya memiliki formula yang non-comedogenic. Jadi Anda akan terbebas dari masalah komedo dan pori-pori yang tersumbat. 

L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector membantu mencegah kulit tampak 5 tahun lebih tua dengan perlindungan spektrum luas SPF 50+ dan PA ++++ yang memberi perlindungan dari efek sinar UV berupa tampilan garis halus, noda hitam, dan kulit tampak kusam. Formulanya juga memberi perlindungan dari partikel polusi PM 2,5 yang dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya serta membuat kulit mengalami penuaan. Inilah yang membuat L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector merupakan sunscreen non-comedogenic

Setiap varian sunscreen ini mengandung bahan aktif pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah, sehingga juga dapat merawat kulit wajah.

- L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Matte & Fresh: Cocok buat Anda yang memiliki kulit wajah berminyak yang ingin mendapat tampilan matte dan pori-pori tersamarkan, bahkan saat cuaca panas pada suhu 45 derajat Celcius dan kelembapan 80%. Manfaat ini didapat dari kandungan airlicium yang dapat mengontrol produksi minyak lebih lama di kulit wajah dan membuat keringat cepat menguap. 

- L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Correct & Protect: Dilengkapi dengan Vitamin Cg (turunan dari Vitamin C) sebagai antioksidan yang mendukung kerja sunscreen dalam melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas serta membantu mencerahkan kulit wajah. Mengandung apricot pigment yang dapat menyatu dengan kulit secara optimal agar warna kulit tampak merata dan bercahaya. Cocok untuk jenis kulit kombinasi. 

- L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Bright & Clear: Mengandung brightening niacinamide yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah seketika hingga 84%. Cocok untuk mencerahkan kulit wajah yang terlanjur kusam sekaligus melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV. Sunscreen ini dapat digunakan oleh pemilik jenis kulit normal.

- L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector Moist & Fresh: Tak hanya melindungi kulit wajah tapi juga membantu melembapkan dan menghidrasi dengan kandungan hyaluronic acid. Kandungan ini biasa digunakan di produk skincare untuk anti-aging karena dapat menahan air di lapisan kulit agar tidak menguap. Cocok untuk kulit wajah kering.

- L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector: Sunscreen terbaru dari L’Oréal Paris memiliki tekstur 11 kali lebih ringan dengan hasil invisible look yang ampuh melindungi kulit dari sinar UV. Formula milky yang ringan di wajah ini juga dilengkapi dengan formula anti aging lho. Sunscreen ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Tak perlu repot mencari sunscreen non-comedogenic karena Anda bisa menemukannya di rangkaian L’Oréal Paris UV Defender UV Serum Protector. Rangkaian sunscreen ini tersedia di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.