Paling Ampuh Ini 10 Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Secara Alami

Skin Care PALING AMPUH! INI 10 CARA MENGANGKAT SEL KULIT MATI SECARA ALAMI

Saat kulit wajah Anda terlihat kusam, teksturnya terasa kasar, dan wajah seperti tidak bercahaya sama sekali, maka kemungkinan besar kulit wajah Anda butuh eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit yang sudah mati. Eksfoliasi perlu dilakukan karena membersihkan wajah sehari-hari saja tidak dapat mengangkat sel-sel kulit dengan optimal. Karena eksfoliasi cenderung membuat kulit menjadi lebih sensitif, maka Anda harus mengetahui cara mengangkat sel kulit mati yang benar.

Apa itu Eksfoliasi dan Berbagai Manfatnya

Sepuluh Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi Lembut dengan Rangkaian Loreal Paris Glycolic Bright

Apa Itu Eksfoliasi dan Berbagai Manfaatnya 

Regenerasi sel-sel kulit berlangsung secara alami setiap 28-30 hari. Pada akhir siklus, sel-sel kulit mati akan luruh dengan sendirinya sehingga sel-sel kulit baru akan naik ke permukaan kulit. Namun berbagai faktor dapat membuat proses luruhnya sel-sel kulit mati ini terganggu sehingga sel-sel kulit mati menumpuk di permukaan kulit.

Tumpukan sel-sel kulit mati di wajah ini dapat memunculkan berbagai masalah, umumnya berupa wajah yang tampak kusam dan tidak bercahaya. Tekstur kulit juga kasar dan bersisik karena kulit menjadi kering, ditambah dengan warna kulit yang tidak merata. Untuk memastikan wajah Anda bebas dari tumpukan sel-sel kulit mati, Anda sebaiknya rutin melakukan eksfoliasi. Cara mengangkat sel kulit mati akan membuat:

  • Kulit wajah Anda tampak cerah merata dan bercahaya.
  • Tekstur kulit menjadi halus dan lembut.
  • Penyerapan produk-produk skincare menjadi optimal sehingga bekerja efektif dalam merawat kulit wajah.
  • Makeup yang diaplikasikan dapat menempel dengan baik. Manfaat ini bisa didapat jika Anda rutin melakukan eksfoliasi.
  • Terbentuknya kolagen di kulit, sehingga kulit wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan. Ini merupakan manfaat jangka panjang dari eksfoliasi.

Sepuluh Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

Ada banyak cara menghilangkan sel kulit mati yang bisa Anda lakukan. Agar hasilnya optimal dan Anda terhindar dari iritasi kulit, hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukan eksfoliasi adalah jenis dan masalah kulit wajah. Untuk itu, Anda harus paham benar tentang kondisi kulit wajah, kalau perlu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk memastikannya.

Paling tidak ada 10 cara mengangkat sel kulit mati secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Memakai scrub wajah

Ini merupakan cara eksfoliasi wajah yang paling banyak dilakukan, tapi bukan berarti yang paling ideal. Jika butiran scrub terlalu kasar, atau Anda menggosok terlalu keras di kulit wajah, maka skin barrier bisa rusak dan kulit wajah bisa luka. Eksfoliasi memakai scrub wajah bisa dilakukan oleh pemilik wajah berminyak dan normal cenderung berminyak, asalkan dipilih butiran scrub yang lembut. 

2. Memakai alat eksfoliasi

Ada berbagai alat yang bisa Anda pakai untuk cara mengangkat sel kulit mati, seperti sikat wajah, spons, pad, sarung tangan, dan waslap. Eksfoliasi memakai alat-alat ini disebut eksfoliasi fisik karena Anda harus menggosok kulit wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sama seperti scrub wajah, eksfoliasi jenis ini disarankan untuk pemilik wajah berminyak dan normal cenderung berminyak.

3. Memakai produk skincare dengan kandungan AHA

AHA atau alpha-hydroxy acid adalah kelompok senyawa asam yang dapat melemahkan ikatan antara sel-sel kulit mati dengan kulit sehingga dapat luruh dengan mudah. Ada beberapa jenis asam yang termasuk AHA, yang paling sering digunakan adalah glycolic acid karena memiliki molekul paling kecil. Eksfoliasi kimia memakai AHA cocok untuk jenis kulit wajah kering, normal cenderung kering, dan sensitif.

4. Memakai produk skincare dengan kandungan BHA 

Bagaimana cara mengangkat sel kulit mati di kulit yang sedang berjerawat dan rentan berjerawat? Anda bisa pakai produk skincare dengan kandungan BHA atau beta-hydroxy acid. Berbeda dari AHA yang larut dalam air, BHA adalah kelompok asam yang larut dalam minyak sehingga dapat masuk ke pori-pori dan mengangkat sel-sel kulit mati sampai ke lapisan kulit. Karena itu, BHA cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak dan berjerawat.

5. Memakai produk skincare dengan kandungan retinol

Bahan aktif retinol memang bukan merupakan eksfolian, tapi dapat meningkatkan proses pergantian sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit mati dapat digantikan sel-sel baru. Karena manfaatnya ini, maka sebaiknya Anda tidak memakai produk skincare dengan kandungan bahan aktif retinol, AHA, dan BHA secara bersamaan atau di-layer, karena dapat membuat kulit iritasi.

6. Memakai enzim dari buah-buahan 

Beberapa buah-buahan memiliki kandungan enzim yang dapat membantu proses eksfoliasi. Namun enzim ini tidak seperti eksfolian kimia lain yang juga mendorong sel-sel kulit baru untuk naik ke permukaan. Karena itu, cara mengangkat sel kulit mati ini cocok untuk kulit yang sensitif. 

7. Memakai bubuk oatmeal

Oatmeal diketahui dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang menjadi salah satu penyebab sel kulit mati. Anda bisa menggunakan oatmeal yang sudah dihaluskan menjadi bubuk dan dicampur air sebagai scrub wajah.

8. Memakai yoghurt

Cara mengangkat sel kulit mati yang alami dan banyak dilakukan adalah memakai produk susu yang sudah difermentasi, seperti yoghurt dan buttermilk. Karena sudah difermentasi, maka pH produk-produk ini cenderung asam sehingga dapat digunakan untuk eksfoliasi. Di dalam susu juga terdapat lactic acid yang masuk kelompok AHA, dan ini juga ditemukan di yoghurt dan buttermilk. Kandungan lactic acid di yoghurt tergolong sangat rendah sehingga aman untuk kulit kering dan sensitif.

9. Memakai bubuk kopi

Bubuk kopi menjadi bahan yang sering dijadikan scrub alami kulit di tubuh, wajah, dan bibir karena kaya akan antioksidan dan dapat membantu mencerahkan kulit. Syaratnya adalah Anda menggunakan kopi bubuk yang butirannya sangat halus sehingga tidak merusak skin barrier. Anda bisa mencampur bubuk kopi dengan minyak Vitamin E atau yoghurt, lalu gosokkan di kulit wajah dengan lembut.

10. Dry brushing

Teknik Ayurveda kuno ini sebenarnya ditujukan untuk mengeksfoliasi kulit tubuh, tapi Anda bisa menerapkannya di kulit wajah memakai sikat wajah yang berbulu sangat lembut. Gunakan sikat yang kering di wajah yang sudah dicuci dan dalam kondisi setengah kering agar sel-sel kulit mati lebih mudah terangkat.

Eksfoliasi Lembut dengan Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright

Jika Anda lebih memilih eksfoliasi kimia dengan kandungan AHA yang lembut untuk semua jenis kulit, maka bisa mencoba rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Rangkaian ini terinspirasi dari prosedur peeling sehingga dapat membantu menyamarkan noda hitam dan membuat kulit wajah cerah merata.

L'Oréal Paris Glycolic Bright terbukti secara klinis mencerahkan kulit secara instan dan menyamarkan -57% noda hitam setelah pemakaian 2-4 minggu. Hasil ini didapatkan dari kandungan bahan aktif berupa glycolic acid yang masuk dalam kelompok AHA, niacinamide, dan symwhite. Produk-produknya bekerja pada 4 dimensi yang dapat mengurangi cahaya kulit dari waktu ke waktu, yaitu noda hitam, kulit kusam, warna tidak rata, dan kulit kasar. 

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam, L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream, dan L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask. Semua produk telah diuji oleh para ahli kulit dan terbukti pada kulit perempuan Asia.

Perawatan rutin dengan rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright merupakan cara mengangkat sel kulit mati yang praktis dan aman. Anda bisa mendapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di e-commerce/marketplace favorit. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.