Mudah Ini 5 Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Skin Care MUDAH! INI 5 CARA MENGHILANGKAN BINTIK HITAM DI WAJAH YANG BISA DILAKUKAN DI RUMAH

Saat muncul bintik hitam di wajah, Anda tentu ingin agar bintik tersebut bisa segera pudar dan samar. Namun kadang perawatan wajah yang Anda lakukan tak memberi hasil sesuai yang diharapkan. Kemungkinannya adalah cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang Anda lakukan kurang tepat, terutama pilihan produk-produknya. Melakukannya dengan tepat akan membantu mempercepat pudarnya bintik-bintik hitam yang mengganggu. Ada berbagai cara menghilangkan noda hitam di wajah yang bisa Anda lakukan, mulai dari cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami di rumah sampai dengan prosedur di klinik kecantikan. Namun sebelum menentukan caranya, Anda bisa mengetahui dulu berbagai penyebab munculnya bintik hitam sehingga mengatasinya pun tepat sasaran.

Penyebab Bintik Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah di Rumah

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah dengan L’Oréal Paris Glycolic Bright

Penyebab Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam merupakan hasil dari hiperpigmentasi, yaitu menggelapnya area kulit akibat produksi melanin (zat pigmen kulit dan rambut) yang berlebihan. Penyebabnya ada beragam, mulai dari paparan sinar matahari sampai pertambahan usia. Faktor-faktor pemicu ini membuat sel-sel melanosit di kulit memproduksi banyak melanin, biasanya sebagai bentuk pertahanan terhadap faktor pemicu. Sel-sel kulit di area yang perlu dilindungi kemudian menjadi gelap sehingga terbentuknya bintik hitam.

Beberapa penyebab utama dari terbentuknya bintik hitam di wajah adalah: 

1. Sinar UV dari matahari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama dan berlangsung berulang-ulang di kulit wajah yang tidak terlindungi dapat membuat kulit mengalami masalah bintik hitam. Ini terjadi akibat sinar UVA yang merusak sel-sel kulit, sehingga memicu sel-sel melanosit memproduksi melanin berlebih untuk pertahanan. Sel-sel kulit yang menggelap ini kemudian membentuk bintik hitam.

2. Peradangan. Saat kulit mengalami peradangan dan trauma, bisa akibat jerawat, luka, iritasi, atau gigitan serangga, maka sel-sel melanosit akan memproduksi banyak melanin agar sel-sel kulit tidak rusak. Inilah yang membuat area peradangan cenderung menggelap selama peradangan terjadi, dan sesudahnya terbentuk bintik atau noda hitam yang disebut post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). 

3. Perubahan hormon. Saat hamil, perempuan mengalami perubahan hormon yang dapat memicu munculnya bintik dan noda hitam yang disebut melasma. Melasma juga bisa terjadi pada perempuan yang mengonsumsi pil kontrasepsi. Biasanya melasma akan hilang dengan sendirinya saat hormon sudah stabil. 

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah di Rumah

Bintik hitam sebenarnya bisa dengan sendirinya pudar dan akhirnya menghilang, tapi butuh waktu yang sangat lama bahkan bisa sampai tahunan. Cara-cara menghilangkan bintik hitam di wajah berikut ini bisa Anda pilih yang paling sesuai dengan kepraktisan dan gaya hidup Anda. Namun Anda sebaiknya lebih hati-hati dalam memakai bahan-bahan alami karena tidak ada aturan pakai yang jelas sehingga berpotensi memicu iritasi.

1. Masker yoghurt

Yoghurt disebut memiliki kandungan AHA (alpha-hydroxy acid) alami berupa lactic acid sehingga dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati di wajah. Lactic acid memiliki molekul yang besar sehingga relatif aman digunakan di kulit wajah. Dengan pemakaian yang rutin dua kali seminggu, kulit wajah Anda akan menjadi lebih cerah, lembap, teksturnya halus, dan ruam kemerahan yang biasa muncul di jenis kulit kering teratasi. 

2. Aplikasi minyak almond manis

Bahan alami lain yang direkomendasikan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah adalah minyak almond manis, yang kaya nutrisi termasuk Vitamin E dan niacin yang dapat membantu mencerahkan bintik hitam. Namun Anda jangan sampai keliru memilih minyak almond manis jenis food grade, karena untuk perawatan kulit, minyak almond manis yang digunakan adalah jenis cosmetic grade

3. Eksfoliasi kimia dengan glycolic acid

Salah satu jenis AHA yang paling direkomendasikan untuk eksfoliasi kimia di rumah adalah glycolic acid. Asam ini memiliki molekul yang paling kecil di antara jenis asam AHA lainnya sehingga dapat masuk ke pori-pori dan mengeksfoliasinya untuk membantu mengatasi masalah komedo dan jerawat. Glycolic acid juga menjadi jenis asam pilihan yang banyak dipilih untuk prosedur chemical peeling di klinik kecantikan untuk cara membersihkan flek hitam di wajah.

4. Rawat dengan bahan-bahan aktif pencerah kulit

Ada beberapa bahan aktif yang terkandung di dalam produk-produk skincare yang terbukti dapat membantu mengatasi bintik hitam. Bahan aktif yang dinilai paling andal adalah Vitamin C. Ada juga niacinamide (Vitamin B3), retinol (Vitamin A), kojic acid, alpha arbutin, tranexamic acid, dan symwhite 377. Pilih yang paling sesuai dengan jenis kulit Anda untuk cara menghilangkan bintik hitam di wajah.

5. Selalu memakai sunscreen setiap hari

Jika Anda punya masalah hiperpigmentasi di wajah, maka paparan sinar matahari dalam waktu panjang di wajah yang tidak terlindungi sunscreen akan memperburuk kondisinya. Karena itu, sebagai bagian dari cara menghilangkan bercak hitam di wajah dan masalah hiperpigmentasi lainnya, Anda harus rutin memakai sunscreen setiap hari, apalagi jika sering beraktivitas di luar ruangan. Pilih jenis dan level perlindungan sunscreen yang sesuai kebutuhan.

Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah dengan L’Oréal Paris Glycolic Bright

Terinsiprasi dari prosedur peeling di klinik kecantikan, L'Oréal Paris mengembangkan rangkaian Glycolic Bright untuk kulit perempuan Asia. Rangkaian ini teruji secara klinis dapat menyamarkan bintik hitam sampai -57% serta membuat kulit wajah bercahaya dengan seketika setelah pemakaian selama dua minggu.

Rangkaian L’Oréal Paris Glycolic Bright memiliki empat manfaat untuk mengurangi masalah kulit wajah berupa bintik hitam, kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan tekstur yang terasa kasar. Kandungan brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite yang terdapat di dalamnya aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit yang sensitif.

  • L’Oréal Paris Glycolic Bright Daily Cleanser Foam: Merupakan pembersih wajah yang membantu mengeksfoliasi dan mengurangi tampilan kulit wajah yang kusam. 
  • L’Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum:Serum untuk bintik hitam ini mengandung konsentrasi brightening glycolic acid sebesar 1% untuk membantu memperbarui lapisan kulit dan meningkatkan empat dimensi cahaya kulit. Pemakaian selama empat minggu terbukti klinis dapat menyamarkan bintik hitam sampai -57%; warna kulit juga tampak lebih merata dan cerah. 
  • L’Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF17: Pemakaian day cream ini secara rutin dapat melembapkan kulit wajah secara intens serta membantu proses pembaruan kulit wajah, mengurangi tampilan kulit kusam, dan memberi perlindungan kulit terhadap sinar UV dari matahari. 
  • L’Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream: Pelembap ini dilengkapi dengan Vitamin E sehingga dalam semalam dapat mencerahkan dan menjadikan kulit tampak bercahaya. Krim malam ini juga terbukti secara klinis membantu memperbaiki skin barrier, melembapkan kulit secara intensif, dan menyamarkan bintik hitam. 
  • L’Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask
    Untuk perawatan berkala, Anda bisa tambahkan pemakaian serum mask ini 2-3 kali seminggu karena telah terbukti secara klinis bisa menyamarkan bintik hitam dan mencerahkan kulit seketika. 

Pemakaian rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright secara rutin setiap hari menjadi cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang tepat. Anda bisa membeli rangkaian ini secara online di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.