Skin Care MANFAAT MASKERAN WAJAH DI MALAM HARI SECARA RUTIN

Salah satu rutinitas perawatan kulit wajah mingguan yang tak boleh terlewatkan adalah maskeran. Manfaat maskeran wajah tak hanya merawat dan menutrisi kulit, tapi juga untuk relaksasi dan melepas stres setelah seharian beraktivitas. Karena itulah, maskeran biasanya dilakukan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit pada malam hari sebelum tidur. 

Manfaat Maskeran Wajah secara Rutin

Pentingnya Maskeran Wajah pada Malam Hari 

Masker Wajah dengan Kandungan Glycolic Acid untuk Eksfoliasi 

Optimalkan Manfaat Maskeran Wajah Anda

 

Manfaat Maskeran Wajah secara Rutin

Rutinitas maskeran untuk merawat kulit wajah sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Jika dulu masker wajah kebanyakan berupa krim atau bubuk yang dicampur dengan air mawar, maka saat ini masker sudah mengalami perkembangan pesat dengan hadirnya banyak varian peel-off mask, sheet mask, gel mask, hydrogel mask, dan lainnya. Bahkan ada pula masker yang khusus untuk area wajah di bawah mata. 

Masker wajah merupakan pelengkap dari rutinitas perawatan kulit wajah yang Anda lakukan sehari-hari. Di dalam masker wajah terkandung nutrisi yang konsentrasinya lebih tinggi dibandingkan krim pelembap, sehingga dapat memberi hasil instan sesuai dengan kebutuhan. Penggunaannya selama 10-15 menit membuat kulit wajah punya waktu panjang untuk menyerap kandungan nutrisi di dalam masker. Paparan nutrisi dari masker dalam waktu panjang ini juga membuat kondisi kulit menjadi lebih secara keseluruhan. 

Karena dapat memberi hasil instan, tak heran jika masker juga bisa digunakan saat Anda ingin kulit wajah tampak segar, cerah, dan lembap secara instan. Misalnya setelah perjalanan jauh yang melelahkan, saat kurang tidur, atau saat akan merias wajah lengkap untuk acara penting. Setelah penggunaannya, maka Anda akan langsung merasakan manfaat maskeran wajah yaitu kulit yang menjadi lebih segar, rileks, cerah, dan lembap.

Pentingnya Maskeran Wajah pada Malam Hari 

Untuk mendapat manfaat maskeran wajah dengan optimal, maka penggunaannya sebaiknya diselipkan di rutinitas perawatan wajah Anda pada malam hari, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Mengapa dilakukan pada malam hari? Karena pada malam hari, kulit membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit saat sedang tidur, termasuk memulihkan dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam masker wajah akan sangat membantu proses tersebut.

Selain itu, pada malam hari, kulit wajah menjadi seperti spons yang memiliki daya serap lebih tinggi dibandingkan pada siang hari. Dengan demikian, kulit akan menyerap nutrisi yang ada di produk-produk perawatan kulit wajah dengan lebih cepat dan mudah, termasuk nutrisi di masker. Setelahnya, jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap malam agar nutrisi dari masker tidak menguap lewat pori-pori dengan cepat.

Itulah manfaat maskeran malam hari. Walau begitu, tak berarti Anda tak bisa menggunakan masker wajah pada waktu lainnya. Para ahli perawatan kulit juga menyarankan untuk menggunakan masker wajah pada pagi hari sebelum beraktivitas. Manfaat maskeran wajah pada pagi hari ini adalah mempersiapkan kulit sebelum aplikasi produk-produk makeup. Kulit yang segar dan lembap membuat produk makeup lebih mudah diaplikasikan dan dapat bertahan lebih lama saat Anda beraktivitas seharian.

Masker Wajah dengan Kandungan Glycolic Acid untuk Eksfoliasi 

Anda dapat memilih masker wajah yang memberi manfaat sesuai kebutuhan, misalnya masker untuk menghidrasi, melembapkan, mencerahkan, eksfoliasi, meredakan peradangan, bahkan untuk membersihkan dengan mendalam. Manfaat yang diberikan oleh masker wajah ini tergantung dari bahan-bahan kandungan yang terdapat di dalam masker tersebut.

Apakah masker wajah bisa digunakan untuk eksfoliasi? Tentu saja bisa. Masker yang membantu eksfoliasi kulit wajah umumnya mengandung bahan-bahan aktif yang merupakan eksfoliator kimia berupa zat asam dari kelompok alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA). Zat asam ini mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit dengan melemahkan ikatan antara sel-sel kulit mati di permukaan kulit dengan sel-sel kulit baru. 

Asam dari kelompok AHA di antaranya adalah glycolic acid, lactic acid, dan citric acid, sementara asam dari kelompok BHA adalah salicylic acid. Di antara jenis asam kelompok AHA lainnya, glycolic acid memiliki partikel yang paling kecil dan ringan sehingga dapat bekerja mengeksfoliasi kulit wajah dengan optimal. Karena itulah, glycolic acid banyak digunakan oleh para dermatologis atau klinik kecantikan selain itu juga banyak ditemukan di produk-produk perawatan kulit wajah lainnya, termasuk di masker wajah. 

Selain mengeksfoliasi kulit, glycolic acid juga memiliki manfaat lainnya bagi kulit wajah Anda, yaitu membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit, mendorong produksi kolagen, mencerahkan kulit secara merata, mengatasi jerawat, membuat tampilan pori-pori tampak lebih kecil, serta melembapkan dan menghidrasi kulit. Semua ini bisa Anda dapatkan sebagai manfaat maskeran wajah menggunakan masker yang mengandung glycolic acid.

Jika Anda termasuk pemula dalam melakukan eksfoliasi wajah, maka ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu menggunakan masker eksfoliasi dengan kandungan glycolic acid ini sekali dalam seminggu. Jika setelah 2-3 kali pemakaian tidak terjadi iritasi, maka Anda dapat gunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini berlaku juga bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif.

Optimalkan Manfaat Maskeran Wajah Anda

Masker wajah memang jadi cara yang efektif untuk merawat dan menutrisi kulit wajah Anda. Namun pemakaian yang kurang tepat akan membuat Anda tidak mendapatkan manfaat-manfaat masker wajah dengan optimal. Anda bisa menerapkan tips pemakaian masker wajah berikut untuk memastikan Anda mendapatkan manfaatnya sesuai keinginan:

  • Pastikan wajah Anda sudah dibersihkan sebelum menggunakan masker. Hal ini penting agar kotoran di wajah tidak mengganggu proses penyerapan nutrisi dari masker ke dalam kulit. Setelah masker selesai digunakan, aplikasikan pelembap untuk mengunci nutrisi di dalam kulit dan mengurangi potensi terjadinya iritasi kulit.
  • Hindari menggunakan terlalu lama. Mungkin Anda pikir menggunakan masker lebih lama akan membuat kulit dapat menyerap nutrisi dari masker dengan maksimal. Padahal, menggunakan masker melebihi waktu yang dianjurkan berpotensi membuat kulit menjadi iritasi. Jadi, pastikan waktu penggunaan masker sesuai anjuran di kemasan produk, dan jaga agar Anda tidak sampai ketiduran saat menggunakannya.
  • Maskeran setiap hari belum tentu memberi hasil optimal. Melihat manfaat instan yang diberikan oleh masker, bisa jadi Anda tergoda untuk menggunakannya setiap hari. Padahal, manfaat maskeran setiap hari belum tentu lebih besar dari pada maskeran 2-3 kali seminggu. Pertimbangkan juga potensi iritasi kulit wajah jika maskeran setiap hari, terutama pada kulit yang rentan berjerawat dan kulit sensitif.

Menggunakan masker secara rutin dan konsisten akan memberi Anda manfaat maskeran wajah yang Anda inginkan. Anda bisa mengikuti saran untuk melakukannya pada malam hari agar nutrisi dari masker terserap dengan optimal, atau menggunakannya sesekali pada waktu yang lain untuk membantu menyegarkan dan melembapkan kulit wajah secara instan.

Anda bisa langsung mencoba masker wajah terbaru dari L’Oréal Paris yang memiliki formula Glycolic Acid. Gunakan masker L’Oréal Paris Glycolic Bright yang bantu mencerahkan sekaligus menutrisi kulit wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa menggunakan rangkaian perawatan wajah lengkap L’Oréal Paris Glycolic Bright yang bantu mengurangi bintik hitam ataupun noda serta mencerahkan. Dapatkan rangkaian produk perawatan wajah L’Oréal Paris Glycolic Bright di website resmi L’Oréal Paris Indonesia atau datang langsung ke gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan terkemuka di kota Anda.