Website PPD Homepage 1920x864

Hair Care INTIP MANFAAT ESSENTIAL OIL CEDARWOOD UNTUK RAMBUT RONTOK

Salah satu masalah rambut yang menghantui perempuan adalah rambut rontok.

Rambut manusia secara alami memang akan mengalami kerontokan setiap harinya, dengan jumlah yang dianggap normal adalah maksimal 100 helai per hari. Jika sudah lebih dari itu, maka saatnya Anda menemukan solusi dari masalah rambut rontok sebelum bertambah parah. Menggunakan produk dengan kandungan cedarwood oil bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Cedarwood dan Berbagai Manfaatnya

Cedarwood dan Berbagai Manfaatnya

Dikenal di Indonesia dengan kayu aras atau kayu cedar, cedarwood adalah sejenis tumbuhan yang banyak tumbuh di pegunungan daerah Mediterania, terutama di negara Lebanon. Tak heran jika ada istilah Cedar of Lebanon dan bendera negara ini menampilkan pohon kayu cedar di bagian tengahnya.

Pohon kayu cedar merupakan salah satu pohon yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi manusia sejak dahulu kala. Bagi bangsa Fenisia yang dikenal andal dalam pertukangan kayu, manfaat cedarwood adalah menjadi bahan baku pembuatan kapal. Sedangkan bangsa Mesir menggunakan kayu cedar untuk membuat mumi karena dapat mengusir serangga yang dapat merusak mumi. Sementara itu, bangsa Ottoman menggunakan kayu cedar sebagai bahan bakar kereta api karena kayunya dapat terbakar dengan cepat.

Tak hanya itu, minyak esensial dari kayu cedar juga umum digunakan untuk mengatasi berbagai masalah di tubuh manusia, mulai dari menyembuhkan peradangan di kulit, mengatasi rambut rontok, serta menggunakannya sebagai aromaterapi yang menenangkan. Berbagai manfaat oil cedarwood ini didapatkan karena minyak tersebut memiliki sifat diantaranya berupa antiseptik, anti-peradangan, antispasmodik, anti jamur, dan diuretik. 

Pada masa lalu, minyak esensial kayu cedar terbuat dari pohon kayu cedar Lebanon. Namun karena sekarang pohon ini sudah langka, maka untuk pembuatan minyak esensial ini kebanyakan menggunakan cedarwood Tiongkok, Himalaya, serta Virginia dan Texas (Amerika Serikat). 

Manfaat Cedarwood Untuk Rambut dan Kulit Kepala

Minyak esensial dari kayu cedar merupakan salah satu jenis minyak esensial yang disarankan untuk perawatan rambut, terutama yang berkaitan dengan rambut rontok dan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian pada tahun 1998 membuktikan bahwa penggunaan minyak esensial kayu cedar bersama beberapa minyak esensial lainnya dapat membantu mengatasi masalah alopecia areata, yaitu penyakit yang menyerang folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok dan tidak tumbuh lagi. Setelah penggunaan campuran beberapa minyak esensial ini selama tujuh bulan, 44 persen dari penderita mengalami pertumbuhan rambut kembali.

Manfaat lain dari minyak esensial cedarwood adalah merawat kulit kepala yang berketombe dan menderita eksim. Sifat anti jamur dan anti-peradangan di minyak esensial ini membuat rasa gatal dan ketombe di kulit kepala menjadi berkurang. Untuk perawatan kulit kepala, Anda bisa memberi 4-5 tetes minyak esensial kayu cedar ke shampo dan kondisioner saat Anda keramas.

Steam Mask dengan Kandungan Minyak Esensial Cedarwood

Jika ingin memasukkan cedarwood essential oil dalam perawatan rambut dan kulit kepala, Anda bisa mencoba cara praktis dengan menggunakan rangkaian L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium – Sleek yang terdiri dari shampo, kondisioner, dan steam mask. Perawatan teratur menggunakan rangkaian ini akan membuat rambut menjadi lembap, lurus, dan lembut serta kulit kepala ternutrisi sehingga dapat membantu mengatasi rambut rontok. 

L'Oréal Paris Extraordinary Oil Premium Shampoo and Conditioner – Sleek mengandung 100% french amber cedarwood essential oil alami yang berasal dari pegunungan di Prancis yang membantu memperbaiki kutikula rambut yang rusak. Penggunaan keduanya membantu melembapkan rambut kering, meluruskan rambut kusut, serta menjadikan rambut terasa halus sampai lebih dari 98% setelah satu kali pemakaian. 

Tambahkan penggunaan shampo dan kondisioner ini dengan perawatan menggunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask. Masker rambut ini merupakan yang pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan self-heating steam cap yang dapat memberikan sensasi hangat setelah kontak dengan rambut yang lembap. Manfaat penggunaan self-heating cap mirip dengan hair steam di salon kecantikan, sehingga dapat membantu penyerapan nutrisi dari masker yang diaplikasikan di rambut menjadi lebih intens.

Masker rambutnya sendiri memiliki kandungan 100% french amber cedarwood essential oil yang dipercaya sejak dulu dapat memelihara kelembapan rambut dan menutrisi kulit kepala. Pemakaian masker rambut ini bersama self-heating steam cap selama lima menit akan membantu batang rambut ternutrisi 4X lebih optimal dari pangkal hingga ujungnya, serta membuat pori-pori kulit kepala dan kutikula rambut dapat menyerap kelembapan dan nutrisi dari masker rambut dengan optimal. 

Langkah-Langkah Penggunaan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask

Merawat rambut menggunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask di rumah menjadi pilihan bagi Anda yang tidak sempat ke salon karena lebih praktis dan hemat waktu. Anda tak perlu khawatir akan kesulitan menggunakan masker rambut ini, karena caranya sangat mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 

  1. Setelah penggunaan shampo dan kondisioner, bilas rambut sampai bersih. Ambil L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask lalu buka “Bagian 1” yang berisi deep nourishing mask
  2. Aplikasikan masker rambut ini dari bagian akar hingga ujung rambut. Setelah diaplikasikan merata, beri pijatan lembut di kulit kepala untuk membantu proses penyerapan nutrisi.
  3. Ambil kembali kemasan dan buka “Bagian 2” yang berisi self-heating steam cap. Kenakan menutupi rambut dan kepala, lalu diamkan selama lima menit agar kandungan nutrisi dapat terserap dengan optimal hingga bagian batang rambut terdalam.
  4. Setelah itu, gunakan air dingin untuk membersihkan masker dan membilas rambut, lalu keringkan dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk. 

Anda dapat menggunakan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask setiap selesai keramas atau 2-3 kali dalam seminggu. Jika setelahnya Anda menggunakan alat-alat penata rambut dengan panas tinggi seperti catokan, hair dryer, dan hair curler, maka aplikasikan terlebih dahulu salah satu dari lima varian L'Oréal Paris Extraordinary Oil sebagai pelindung rambut dari kerusakan. 

Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak esensial cedarwood untuk rambut dan kulit kepala lewat penggunaan L'Oréal Paris Extraordinary Oil Steam Mask. Untuk mendapatkan masker rambut ini, Anda bisa membelinya secara online di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai E-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama yang ada di kota Anda.