Skin Care KOMEDO HITAM DI HIDUNG? INI CARA AMPUH MENGHILANGKANNYA

Saat komedo hitam terbentuk di pori-pori hidung, hidung Anda tampak seperti memiliki bintik-bintik-bintik hitam yang menonjol keluar pori-pori. Komedo hitam di hidung sebenarnya merupakan sesuatu yang umum dan banyak orang mengalaminya. Namun tampilannya yang mengganggu membuat Anda ingin bisa menghilangkannya dengan cepat. Tak perlu ke klinik kecantikan Anda bisa menghilang komedo hitam ini dengan perawatan kulit menggunakan produk-produk skincare yang tepat.

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Kandungan Salicylic Acid di L’Oréal Paris Revitalift Crystal untuk Atasi Komedo Hitam

Penyebab Munculnya Komedo Hitam di Hidung

Komedo adalah sumbatan yang terbentuk di pori-pori, yang terdiri dari berbagai jenis kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih. Semua ini terjebak di dalam pori-pori dan sulit untuk keluar, sehingga akhirnya membuat pori-pori tersumbat. Jika dibiarkan sampai terpapar bakteri, maka komedo dapat berubah menjadi jerawat. 

Komedo biasanya terbentuk di bagian-bagian tubuh yang banyak memiliki pori-pori yang merupakan tempat kelenjar sebasea, yaitu di wajah, dada, punggung, dan bahu. Di wajah, pori-pori jenis ini banyak ditemukan di area T, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Inilah mengapa komedo hitam di hidung banyak dijumpai. 

Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Komedo putih terbentuk di pori-pori wajah yang bagian mulutnya tertutup oleh kulit, sedangkan komedo hitam terbentuk di pori-pori wajah yang mulutnya terbuka. Ini membuat bagian teratas komedo mengalami oksidasi saat terpapar udara dan menjadi penyebab komedo hitam. Perbedaan komedo hitam dan putih lainnya adalah komedo putih lebih mudah dibersihkan dan dikeluarkan dari pori-pori, sementara komedo hitam cenderung membandel sehingga banyak orang memaksa mengeluarkan komedo hitam dengan dipencet. 

Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung

Walaupun cenderung membandel, tapi komedo hitam bisa dihilangkan. Caranya, tentu saja, tidak dengan memencet hidung agar komedo hitam keluar dari pori-pori. Hal ini akan memperburuk kondisi kulit karena bisa membuat kulit mengalami peradangan dan meninggalkan bekas di kulit wajah. Tak hanya itu, bisa jadi hanya sebagian saja komedo yang berhasil dikeluarkan dari pori-pori dan meninggalkan sisa, sehingga tetap saja pori-pori Anda tersumbat.

Daripada memencet hidung untuk mengeluarkan komedo hitam, lebih baik Anda mengikuti cara-cara menghilangkan komedo hitam berikut ini:

  • Merawat kulit wajah setiap hari 

Anda harus disiplin melakukan perawatan kulit wajah setiap pagi dan malam hari, mulai dari membersihkan menggunakan sabun muka untuk menghilangkan komedo sampai melembapkannya. Pilih produk skincare yang ditujukan untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat karena komedo sebenarnya merupakan bentuk jerawat tapi tidak mengalami peradangan. Pada pagi dan siang hari, selalu aplikasikan sunscreen untuk mencegah kondisi kulit menjadi lebih buruk.

  • Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat meluruhkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori sekaligus membersihkan kulit wajah secara mendalam sampai ke pori-pori. Untuk melakukannya, Anda bisa memilih eksfolian kimia berupa glycolic acid karena memiliki molekul yang sangat kecil sehingga dapat masuk ke pori-pori, serta salicylic acid yang larut dalam minyak sehingga dapat masuk ke dalam pori-pori untuk membersihkannya. Hindari melakukan eksfoliasi menggunakan scrub karena akan memperparah kondisi komedo hitam di hidung. 

  • Memakai obat jerawat oles

Obat jerawat dapat membantu mengatasi komedo hitam yang membandel sekaligus mencegahnya terinfeksi bakteri agar tidak meradang. Pilih obat jerawat yang memiliki kandungan salicylic acid karena bersifat antibakteri dan anti peradangan. Produk menghilangkan komedo hitam ini sebaiknya digunakan dalam dosis yang rendah agar tidak membuat kulit iritasi.

  • Perawatan tambahan dengan bahan alami

Ada berbagai bahan alami yang dapat membantu mengatasi komedo hitam di hidung, dahi, dan dagu, di antaranya adalah tea tree oil dan teh hijau. Ikuti petunjuk pemakaian yang diberikan, atau Anda dapat berkonsultasi dengan ahlinya agar mendapatkan hasil optimal dari perawatan ini. 

  • Ekstraksi komedo dengan pore strip

Pore strip adalah semacam plester yang jika ditempelkan di hidung dapat membantu menarik komedo hitam yang menyumbat pori-pori. Agar pore strip dapat bekerja dengan optimal, maka ada baiknya Anda mengompres hidung dengan air hangat terlebih dahulu agar komedo hitam di hidung menjadi lebih lunak dan mudah untuk ditarik. Cara ini hanya bersifat sementara karena komedo akan kembali terbentuk jika Anda tidak merawat kulit dengan baik.

  • Melakukan prosedur di klinik kecantikan

Prosedur yang dilakukan di klinik kecantikan sangat efektif sehingga ampuh dalam mengatasi komedo hitam dalam waktu cepat. Beberapa prosedur yang dapat dilakukan adalah chemical peeling, terapi laser, dan mikrodermabrasi. Ketiga prosedur ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit. Berkonsultasilah terlebih dahulu untuk mengetahui prosedur mana yang paling sesuai untuk Anda. 

Kandungan Salicylic Acid di L’Oréal Paris Revitalift Crystal untuk Atasi Komedo Hitam

Anda tak perlu mencari lagi rangkaian produk perawatan wajah yang mengandung salicylic acid karena ada rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal. Rangkaian produk ini ditujukan untuk merawat jenis kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat karena memiliki kandungan salicylic acid yang efektif membantu menghilangkan komedo dan meredakan jerawat. Masalah komedo hitam di hidung akan dengan mudah teratasi. 

L’Oréal Paris Revitalift Crystal memiliki formula oil-free yang sangat ringan sehingga dapat meresap dengan cepat ke 10 lapisan kulit untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Saat kulit wajah terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya, maka produksi minyak di kelenjar sebasea juga akan terkontrol. Hasil perawatan dengan rangkaian ini adalah wajah yang bebas minyak, pori-pori yang tampak kecil dan tersamarkan, serta kulit yang tampak sebening kristal. 

Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal terdiri dari: 

  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water yang efektif membersihkan kulit wajah dari lima jenis kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, yaitu partikel polusi, sisa make up, debu, sebum, dan minyak berlebih. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal yang efektif membersihkan hingga 10 lapisan pori-pori, mengangkat kulit mati, dan mengontrol minyak di wajah.
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence yang mengandung clarifying salicylic acid dan healing centella asiatica untuk merawat kulit wajah agar halus, tampak muda, dan sebening kristal. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel Cream yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit wajah sampai 8 jam pemakaian karena kulit wajah terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence Treatment Mask yang membantu menghidrasi dan mencerahkan wajah secara instan setelah pemakaian selama 15 menit. Kulit jadi lembap, teksturnya halus dan lembut, tampilan pori-pori tersamarkan, dan wajah tampak sebening kristal.

Atasi komedo hitam di hidung Anda dengan cara yang tepat dan menggunakan produk-produk yang tepat, seperti rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Crystal. Dapatkan rangkaian produknya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.