Make Up SELAIN BIKIN RIASAN TAHAN LAMA, INI KEGUNAAN PRIMER MAKE UP LAINNYA

Dari beragam produk complexion make up, primer wajah merupakan produk yang muncul belakangan. Tak heran jika banyak orang yang belum paham benar kegunaan primer make up dan menganggap produk ini bisa dilewatkan penggunaannya jika kulit wajah sudah disiapkan menggunakan produk-produk skincare. Padahal, primer wajah memiliki banyak manfaat, mulai dari yang utama yaitu membuat riasan menjadi tahan lama, sampai membantu membuat kulit wajah Anda menjadi dasar yang flawless untuk aplikasi produk make up selanjutnya.

Jenis-Jenis Primer Make Up, Tak Hanya Primer Wajah

Jenis-Jenis Primer Make Up, Tak Hanya Primer Wajah

Mungkin selama ini Anda menyangka bahwa primer make up hanyalah berbentuk primer yang diaplikasikan ke kulit wajah. Padahal, produk ini memiliki beberapa jenis dan masing-masing memiliki kegunaan primer make up yang berbeda.

Primer wajah memang merupakan produk primer make up yang paling utama. Primer ini menjadikan kulit wajah Anda sebagai kanvas yang ideal dari riasan wajah secara keseluruhan, sehingga produk complexion make up menjadi lebih mudah untuk diaplikasikan. Primer wajah juga membuat hasil riasan tahan lebih lama, tidak bergeser, dan tidak mencoreng. 

Ada beberapa tipe primer wajah yang disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajah, di antaranya adalah:

  • Mattifying primer. Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berminyak, maka inilah primer make up untuk kulit berminyak karena memiliki bahan yang dapat menyerap minyak berlebih di wajah. Hasil akhirnya kulit wajah yang matte dan powdery dalam jangka waktu yang lama.
  • Hydrating primer. Bagi pemilik kulit wajah kering dan rentan dehidrasi, primer make up untuk kulit kering ini sangat membantu untuk menghidrasi kulit dan membentuk lapisan yang lembap di permukaan kulit. Ini membuat foundation dapat menempel dengan baik serta terhindar dari masalah patchy dan cracking.
  • Blurring primer. Kegunaan primer make up ini adalah membuat kulit menjadi halus dengan cara menyamarkan tekstur kulit. Primer ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit bertekstur kasar, pori-pori besar, serta memiliki garis-garis halus dan kerutan. Umumnya blurring primer berbahan dasar silikon.
  • Color-correcting primer. Primer wajah ini dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan warna kulit, misalnya kulit wajah yang sedang kemerahan akibat peradangan, mengalami hiperpigmentasi, atau kulit kusam. Jenis primer ini memiliki warna yang berbeda tergantung dari masalah warna kulit; warnanya akan menetralkan warna kulit yang bermasalah tersebut.
  • Illuminating/luminizing primer. Jenis primer ini memberi hasil akhir berupa wajah yang tampak bersinar karena mengandung partikel-partikel halus yang shimmering dan sparkling. Kulit wajah Anda menjadi seakan-akan bercahaya secara natural.

Selain berbagai primer wajah yang dijelaskan di atas, ada pula jenis primer make up lainnya yang perlu Anda ketahui. Anda disarankan untuk juga memiliki jenis-jenis primer ini agar secara keseluruhan, hasil riasan wajah Anda menjadi on point.

  • Eye primer, yaitu primer yang diaplikasikan di kelopak mata. Kegunaan primer make up ini adalah meratakan warna kulit sekaligus menghaluskan tekstur kulit kelopak mata. Selain itu, eye primer juga menjaga agar eyeshadow dapat bertahan lama, warna-warnanya tampak intens serta tidak creasing. Tak hanya eyeshadow, eyeliner pun juga menjadi tahan lama dan tak cepat pudar jika diaplikasikan di kelopak mata yang sudah dioleskan eye primer.
  • Lash primer, yaitu primer yang diaplikasikan di bulu mata sebelum maskara. Tujuan dari pemakaian lash primer adalah untuk membuat helaian bulu mata menjadi lebih tebal setelah diaplikasikan maskara. Selain itu, warna lash primer yang putih membuat warna maskara, baik yang hitam atau berwarna cerah, menjadi lebih pekat. Lash primer biasanya mengandung bahan yang membantu melembapkan bulu mata sehingga tidak mudah kering dan patah.
  • Lip primer, yaitu primer make up yang diaplikasikan di bibir untuk membuat menjadi halus dan lembut, sehingga lipstik dapat menempel dengan sempurna dan warna pun tampak intens. Selain itu, kegunaan primer make up ini adalah mencegah lipstik keluar dari garis bibir sehingga terlihat tidak rapi.

Berbagai Kegunaan Primer Wajah Selain Primer untuk Make Up Tahan Lama

Menjaga agar hasil riasan wajah menjadi tahan lama merupakan kegunaan primer make up yang banyak diketahui orang. Namun sebenarnya ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Melindungi kulit wajah dari paparan produk make up

Manfaat ini umumnya diberikan untuk kulit wajah yang sensitif dan rentan berjerawat. Untuk mencegah wajah mengalami iritasi dan peradangan akibat pemakaian produk make up, maka produk primer, termasuk primer make up untuk kulit berjerawat, akan membentuk semacam lapisan yang melindungi kulit wajah dari paparan produk make up yang diaplikasikan.

  • Membuat hasil riasan wajah menjadi lebih halus

Tak hanya kulit wajah Anda saja yang teksturnya menjadi halus, kegunaan primer make up juga membuat riasan wajah juga lebih halus. Bahkan ada yang menjabarkan kalau wajah seperti di-airbrush karena begitu halus tampilannya. Wajah juga terlihat lebih muda karena tampilan kerutan dan garis-garis halus tersamarkan.

  • Membuat warna make up menjadi lebih pigmented dan vibrant

Di mana pun primer make up diaplikasikan, baik di kulit wajah, di kelopak mata, di helaian bulu mata, dan di bibir, produk make up yang diaplikasikan setelahnya dipastikan akan memiliki warna yang terlihat pigmented dan vibrant. Bahkan maskara dan eyeliner yang berwarna hitam akan terlihat menjadi hitam pekat. Begitu juga dengan produk make up dengan warna nude, akan terlihat on point di wajah Anda.

Perhatikan Hal Ini sebelum Menggunakan Primer untuk Make Up

Agar hasil yang diberikan dari pemakaian primer make up menjadi optimal, maka ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, di antaranya:

  • Primer dan foundation memiliki bahan dasar yang sama

Banyak yang tidak memahami bahwa primer wajah dan foundation harus dipasangkan sesuai dengan bahan dasarnya. Jika Anda menggunakan primer berbahan dasar silikon, maka pilih foundation yang juga berbahan dasar silikon. Hindari memadukan primer yang mengandung silikon dengan foundation yang berbahan dasar air, begitu pula sebaliknya. Paduan ini dapat menyebabkan foundation bergeser dan luntur dengan cepat.

  • Foundation yang Anda gunakan belum mengandung primer

Dengan semakin populernya penggunaan produk make up yang bersifat hybrid, maka Anda harus perhatikan dengan cermat apakah foundation yang akan Anda gunakan sudah mengandung primer wajah atau belum. Jika foundation Anda tidak mengandung primer coba menggunakan L'Oréal Paris Infallible Primer. Produk terbaru dari L'Oréal Paris membantu menyiapkan kulit wajah agar tetap matte namun lembap untuk hasil make up yang bebas kilap sepanjang hari dan menyamarkan pori-pori.

Setelah membaca informasi di atas tentang kegunaan primer make up, semoga Anda tak ragu lagi untuk memakai produk make up yang bermanfaat ini.