Skin Care

7 Jenis Jerawat dan Cara Efektif Mengatasinya

Masalah jerawat sering kali menjadi momok yang menjengkelkan bagi banyak orang. Memahami berbagai jenis jerawat dan bagaimana cara efektif mengatasinya sangat penting untuk meraih kulit yang bersih dan sehat. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis jerawat, cara efektif mengatasinya, dan bagaimana mencegah munculnya jerawat dengan produk yang direkomendasikan seperti Dapatkan produk L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% MelasylTM + Niacinamide + Glycolic Acid. 

DAFTAR ISI

Jenis Jerawat dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Semua Jenis Jerawat
Cara Mencegah Munculnya Jerawat
Rekomendasi Skincare untuk Atasi Jerawat

7 Jenis-jenis Jerawat dan Penyebabnya 

Ada berbagai jenis jerawat yang perlu dipahami, di antaranya: 

1. Jerawat Komedo 

Jenis jerawat ini terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat komedo terbagi menjadi dua, yaitu komedo terbuka (blackheads) yang berwarna hitam dan komedo tertutup (whiteheads) yang terlihat seperti jerawat putih kecil. Komedo sering kali muncul di area hidung, dagu, dan dahi Komedo terbuka memiliki pori-pori yang terbuka, sehingga terlihat hitam karena oksidasi. Komedo tertutup memiliki lapisan kulit tipis di atasnya, sehingga tampak putih atau kuning. 

2. Jerawat Papula 

Papula adalah benjolan kecil yang muncul akibat peradangan pada folikel rambut yang tersumbat. Jerawat papula biasanya berwarna merah dan tidak memiliki kepala berisi nanah. Papula bisa terasa sakit jika disentuh dan merupakan tahap awal dari jerawat pustula. Papula terlihat sebagai benjolan merah kecil di permukaan kulit, sering kali muncul dalam kelompok. 

3. Jerawat Pustula 

Pustula adalah benjolan merah yang berisi nanah akibat infeksi bakteri pada pori-pori yang tersumbat. Jerawat pustula sering kali muncul setelah jerawat papula mengalami infeksi lebih lanjut. Pustula terlihat sebagai benjolan dengan puncak berwarna putih atau kuning yang berisi nanah. 

4. Jerawat Nodul 

Jerawat nodul adalah jenis jerawat berupa benjolan keras dan menyakitkan yang terbentuk di bawah permukaan kulit akibat peradangan mendalam. Nodul lebih besar dan lebih serius dibandingkan dengan jerawat papula atau pustula. Nodul tampak sebagai benjolan besar dan keras di bawah kulit, sering kali tanpa kepala yang terlihat. 

5. Jerawat Kistik 

Jerawat kistik adalah kista besar yang berisi nanah dan terbentuk di bawah kulit. Ini adalah bentuk jerawat yang paling parah, sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri yang dalam. Kista terlihat sebagai benjolan besar dan merah dengan nanah yang tersembunyi di dalam kulit. 

6. Jerawat Mekanik 

Jenis jerawat ini disebabkan oleh gesekan atau tekanan pada kulit, seperti dari pakaian ketat, helm, atau peralatan olahraga. Jerawat mekanik sering kali muncul di area yang terkena gesekan terus-menerus. Jerawat mekanik tampak sebagai benjolan merah kecil di area yang sering mengalami gesekan. 

7. Jerawat Hormon 

Jerawat hormon disebabkan oleh fluktuasi hormon, terutama selama masa pubertas, menstruasi, atau kehamilan. Hormon dapat meningkatkan produksi minyak di kulit, yang dapat menyumbat pori-pori. Jerawat hormon biasanya muncul di area rahang dan dagu, sering kali sebagai jerawat nodul atau kista. 

Baca juga: Melasma: Penyebab, Gejala, dan Cara Menghilangkannya

 

Cara Mengatasi Semua Jenis Jerawat 

Adapun cara mengatasi semua jenis-jenis jerawat tadi adalah sebagai berikut:  

  • Pembersihan Rutin
    Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih yang lembut untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang bisa menyebabkan berbagai jenis jerawat. Pembersihan yang tepat mencegah jerawat nodul, jerawat papula, dan jerawat putih kecil. Menggunakan pembersih yang sesuai dapat mencegah timbulnya jerawat komedo yang terlihat seperti jerawat putih kecil di sekitar hidung dan dahi. 
  • Menghindari Memencet Jerawat
    Hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan lebih parah dan bekas luka. Memencet jerawat nodul atau pustula dapat memperburuk kondisi kulit dan menyebabkan jaringan parut. Memencet jerawat komedo bisa menyebabkan infeksi dan transformasi menjadi jerawat papula atau pustula. 
  • Pola Makan Sehat
    Konsumsi makanan sehat dan hindari makanan yang tinggi gula atau lemak yang dapat memicu berbagai jenis jerawat. Pola makan yang sehat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengurangi risiko jerawat. Diet sehat dapat mengurangi jerawat nodul yang sering dipicu oleh pola makan yang buruk. 
  • Konsultasi dengan Dokter Kulit
    Jika jerawat tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. Dokter kulit dapat meresepkan obat yang lebih kuat untuk mengatasi jerawat nodul atau kistik yang parah. Perawatan medis yang tepat dapat membantu mengatasi berbagai jenis jerawat dengan efektif. 

 

Cara Mencegah Munculnya Jerawat 

Ada beberapa cara mencegah munculnya berbagai jenis jerawat, di antaranya sebagai berikut:  

  • Menjaga Kebersihan Kulit
    Bersihkan wajah secara teratur, terutama setelah berkeringat. Pembersihan yang baik dapat mencegah pori-pori tersumbat yang menyebabkan jerawat putih kecil. Pembersihan rutin mencegah munculnya komedo yang sering kali tampak sebagai jerawat putih kecil. 
  • Menghindari Produk Kosmetik Berat
    Gunakan produk kosmetik non-komedogenik yang tidak menyumbat pori-pori. Produk ini membantu mencegah jenis-jenis jerawat yang disebabkan oleh kosmetik berat. Kosmetik non-komedogenik mencegah terbentuknya jerawat komedo dan jerawat papula. 
  • Mengelola Stres
    Stres dapat memicu produksi minyak berlebih, jadi penting untuk mengelola stres dengan baik. Mengelola stres dapat membantu mengurangi risiko jerawat nodul yang sering dipicu oleh stres. Mengurangi stres membantu mencegah berbagai jenis jerawat. 
  • Rutin Mengganti Sarung Bantal
    Sarung bantal yang bersih membantu mencegah penumpukan minyak dan bakteri. Mengganti sarung bantal secara rutin dapat mencegah jerawat papula dan pustula. Sarung bantal yang bersih mencegah jerawat putih kecil dan komedo. 
  • Menghindari Sentuhan Wajah yang Berlebihan
    Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor untuk mencegah perpindahan kotoran dan bakteri. Sentuhan wajah yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat papula dan pustula. Mengurangi sentuhan wajah mencegah munculnya berbagai jenis jerawat.

 

Rekomendasi L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% MelasylTM + Niacinamide + Glycolic Acid dan L’Oreal Paris Revitalift Oil Control 2% Hyaluronic + Salicylic Night Serum 

L'Oreal Paris memiliki dua produk andalan yang efektif untuk mencegah munculnya jerawat, yaitu L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% MelasylTM + Niacinamide + Glycolic Acid dan Revitalift Oil Control 2% Hyaluronic + Salicylic Night Serum. Produk-produk ini dirancang khusus untuk membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan rentan jerawat, serta menjaga kelembapan kulit. 

L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% MelasylTM + Niacinamide + Glycolic Acid 

Glycolic Acid membantu mengelupas sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat, sementara MelasylTM bekerja untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Bahan aktif MelasylTM sudah teruji selama 18 tahun penelitian. Produk ini efektif untuk mencegah berbagai jenis jerawat, termasuk jerawat putih kecil dan komedo. Glycolic Acid + MelasylTM efektif untuk mengatasi jerawat papula dan pustula dengan membersihkan pori-pori dan mengurangi peradangan. 

L’Oreal Paris Revitalift Oil Control 2% Hyaluronic + Salicylic Night Serum

Serum malam dengan kombinasi 2% Hyaluronic Acid dan Salicylic Acid ini efektif untuk mengontrol produksi minyak, mengurangi peradangan, dan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal sepanjang malam. Produk ini sangat baik untuk mencegah jerawat nodul dan jenis jerawat lainnya.Serum ini membantu mencegah munculnya jerawat papula dan pustula dengan mengurangi produksi minyak berlebih dan menjaga kebersihan kulit. 

Kedua produk ini dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit harian kamu untuk mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap sehat dan bersih. Dengan memahami jenis-jenis jerawat dan penyebabnya, kamu dapat mengambil langkah-langkah efektif untuk mengatasi dan mencegah jerawat. 

Selain itu, penggunaan produk yang tepat seperti L'Oreal Paris Glycolic Bright Serum dengan 8% MelasylTM + Niacinamide + Glycolic Acid dan L’Oreal Paris Revitalift Oil Control 2% Hyaluronic + Salicylic Night Serum dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang sehat dan bebas jerawat. Temukan produk official dari L’Oreal Paris ini di toko-toko kosmetik terdekat atau melalui toko online resmi L'Oréal Paris di e-commerce.

{ "@context": "https://schema.org/", "@type": "WebPage", "speakable": { "@type": "SpeakableSpecification", "cssSelector": ["speakable-content"] }, "url": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/jenis-jerawat-dan-cara-mengatasinya" }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "Thing", "subjectOf": { "@type": "ItemList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/5-cara-mencerahkan-kulit-wajah-secara-alami", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/5 cara mencerahkan kulit wajah secara alami", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-18T11.04.18+00:00", "dateModified": "2023-10-18T11.05.22+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Tinggal di negara tropis, terik matahari berisiko membuat kulit menjadi kusam, terutama di area wajah. Tak heran, banyak wanita Indonesia terus berusaha menemukan cara mencerahkan kulit wajah, kalau bisa secara alami." } }, { "@type":"ListItem", "position": 2, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/cara-mencerahkan-wajah-dan-merawatnya-dengan-sheet-mask", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/cara mencerahkan wajah dan merawatnya dengan sheet mask", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T17.12.59+00:00", "dateModified": "2023-10-20T17.13.34+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Dalam beberapa tahun terakhir, sheet mask telah menjadi andalan para wanita di dunia sebagai cara mencerahkan wajah dan melembapkan kulit dengan instan^. Cukup memakai sheet mask 15-20 menit saja lalu dilanjutkan dengan memijat wajah untuk penyerapan sisa serum, kulit wajah yang kusam langsung terlihat cerah dan berkilau juga terasa lembap dan lembut. " } }, { "@type":"ListItem", "position": 3, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/3-manfaat-masker-untuk-mencerahkan-wajah-kusam", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/3 manfaat masker untuk mencerahkan wajah kusam", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-11-20T03.41.54+00:00", "dateModified": "2023-11-20T03.42.32+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat wajah terlihat kusam, langsung gunakan saja masker untuk mencerahkan wajah kusam dan dapatkan berbagai manfaatnya." } }, { "@type":"ListItem", "position": 4, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2022-06-21T09.50.32+00:00", "dateModified": "2023-10-19T04.14.52+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 5, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/selain-mencerahkan-ini-5-manfaat-niacinamide-lainnya", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/selain mencerahkan ini 5 manfaat niacinamide lainnya", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2021-11-01T12.07.11+00:00", "dateModified": "2022-01-06T15.00.48+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Inovasi di dunia kecantikan dan perawatan kulit tak pernah berhenti. Pada setiap masa, selalu ada bahan-bahan aktif yang menjadi tren karena terbukti efektivitasnya dalam merawat kulit wajah. Sejak tahun lalu, niacinamide menjadi salah satunya. Berbagai manfaat niacinamide yang memberi hasil nyata saat dijadikan kandungan produk perawatan kulit wajah membuatnya menjadi bahan aktif favorit yang banyak dicari." } }, { "@type":"ListItem", "position": 6, "url" : "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/rahasia-skincare-untuk-mencerahkan-wajah", "item":{ "@type": "Article", "mainEntityOfPage":{ "@type":"WebPage" }, "headline":"beauty magazine/rahasia skincare untuk mencerahkan wajah", "image":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id", "height":0, "width":0 }, "datePublished": "2023-10-20T18.02.02+00:00", "dateModified": "2023-10-20T18.03.04+00:00", "author": { "@type": "Brand", "name": "L'Oréal Paris" }, "publisher":{ "@type":"Organization", "name":"L'Oréal Paris", "logo":{ "@type":"ImageObject", "url":"https://www.loreal-paris.co.id/-/media/project/loreal/brand-sites/oap/shared/baseline/navigationext/loreal-paris-black-logo.svg?rev=ccef8bb6ae004dd08e346ec4ab8edbec", "width":189, "height":60 } }, "description":"Saat kulit wajah terlihat kusam, wajar jika Anda merasa kurang percaya diri. Untungnya, membuat wajah tampak cerah bisa dilakukan dengan cepat menggunakan produk skincare mencerahkan wajah. Masukkan perawatan ini dalam ritual harian kecantikan Anda setiap hari untuk hasil yang optimal, diiringi dengan gaya hidup yang sehat. Lantas, seperti apa cara kerja skincare mencerahkan wajah dan menghilangkan kusam?" } } ] } }
{ "@context": "http://schema.org", "@type": "BreadcrumbList", "itemListElement": [ { "@type":"ListItem", "position": 1, "item": { "@id": "/", "name": "Home" } } , { "@type":"ListItem", "position": 2, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine", "name": "Beauty Magazine" } } , { "@type":"ListItem", "position": 3, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/skin-care", "name": "Beauty Magazine Skin Care" } } , { "@type":"ListItem", "position": 4, "item": { "@id": "https://www.loreal-paris.co.id/beauty-magazine/jenis-jerawat-dan-cara-mengatasinya", "name": "beauty magazine/jenis jerawat dan cara mengatasinya" } } ] }