Skin Care Ini Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam dari L'Oreal Paris

Pelembab wajah merupakan salah satu dari produk skincare mendasar yang harus Anda pakai sehari-hari untuk merawat kulit wajah, baik pagi dan malam hari. Kulit yang lembab dan terhidrasi dengan baik merupakan kunci untuk mendapatkan wajah yang memiliki tekstur yang halus dan lembut, serta tampak segar, cerah, dan glowing. Memakai pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam dengan kandungan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kulit wajah idaman tersebut dengan mudah.

Mengenal Kondisi Kulit Kering dan Kusam

Seperti Apa Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam yang Bagus?

Pelembab Wajah yang Menghidrasi dari Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal dan L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream

Mengenal Kondisi Kulit Kering dan Kusam

Banyak yang mengira bahwa kulit yang kering adalah kulit yang kekurangan cairan, padahal sebenarnya kulit kering adalah kulit yang kekurangan minyak alami untuk melembabkan kulit. Semua kulit memiliki kelenjar sebasea yang terdapat di dalam pori-pori dan memproduksi minyak alami. Minyak alami ini berfungsi untuk membuat permukaan kulit menjadi lembab serta lembut. Selain itu, minyak alami ini juga membentuk lapisan yang mencegah air di lapisan dan permukaan kulit menguap, sehingga kulit terhindar dari dehidrasi. 

Jumlah minyak yang diproduksi tergantung dari jenis kulit. Di jenis kulit berminyak, produksi minyak di kelenjar ini tergolong tinggi sampai berlebih, sedangkan di kulit kering, produksi minyaknya sangat sedikit sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan untuk melembabkan kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering, ditandai dengan ciri-ciri berupa kulit terasa tertarik, kadang terasa gatal, pori-pori tampak kecil, terlihat halus tapi terasa kasar saat disentuh, sering muncul ruam kemerahan, pecah-pecah, bahkan sampai mengelupas.

Selain karena faktor genetik, kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain, seperti cuaca dingin dan kelembaban udara yang rendah. Terlalu sering mencuci wajah juga dapat membuat kulit kering karena minyak alami di permukaan kulit ikut luruh bersama kotoran saat wajah dicuci. Pertambahan usia ikut berpengaruh membuat kondisi kulit lebih kering karena saat tubuh semakin menua, produksi minyak di kelenjar sebasea menjadi lebih sedikit. 

Kulit yang kering biasanya memicu dua hal. Pertama, kulit menjadi mudah dehidrasi karena tak ada lapisan minyak yang mencegah air menguap dari lapisan dan permukaan kulit. Ciri utama dari kulit yang dehidrasi adalah wajah tampak kusam dan menggelap. Kedua, kulit kering juga umumnya memiliki skin barrier yang terganggu bahkan rusak. Kondisi skin barrier membuat kulit wajah mudah bermasalah karena pertahanannya menjadi lemah terhadap agresor dari lingkungan, seperti sinar UV dari matahari, polusi, asap rokok, iritan, dan alergen. 

Seperti Apa Pelembab Wajah untuk Kulit Kering dan Kusam yang Bagus?

Kulit wajah yang kering membutuhkan produk pelembab yang dapat melembabkan sekaligus menghidrasi. Biasanya, pelembab untuk kulit kering ini memiliki paduan dari bahan-bahan pelembab berupa humektan, emolien, dan oklusif. Berbeda dari pelembab untuk kulit berminyak yang hanya mengandung bahan humektan karena produksi minyak alami di kulit sudah mencukupi untuk melembabkan kulit.

Penjelasan mengenai bahan-bahan pelembab humektan, emolien, dan oklusif yang terdapat di pelembab wajah adalah sebagai berikut:

  • Humektan adalah bahan yang dapat menarik air dari lingkungan sekitarnya, baik dari dalam tubuh maupun dari udara, untuk memastikan kadar air di kulit tercukupi sehingga kulit terhidrasi dengan baik. Beberapa jenis humektan juga membantu meluruhkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Bahan-bahan ini di antaranya adalah hyaluronic acid, glycerin, glycerol, asam amino (urea), madu, dan aloe vera.
  • Emolien adalah bahan yang bekerja dengan mengisi celah dan retakan di antara sel-sel kulit yang terdapat di permukaan kulit wajah, sehingga membuat kulit kering terasa nyaman dan lembut, serta membantu mengatasi rasa gatal dan iritasi. Emolien ikut membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Bahan emolien di antaranya adalah ceramide, fatty acid, antioksidan, minyak tumbuhan, shea butter, dan cocoa butter.
  • Oklusif adalah bahan yang membentuk lapisan di permukaan kulit untuk mencegah menguapnya air dari kulit untuk mencegah dehidrasi. Sama seperti emolien, oklusif juga berperan memperbaiki skin barrier yang rusak. Bahan oklusif di antaranya adalah lilin lebah (beeswax), petrolatum, lanolin, dimethicone, dan mineral oil

Perlu Anda pahami bahwa kandungan segala bahan pilihan yang terdapat pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam tidak ada artinya jika pemakaiannya tidak dilakukan secara rutin pada pagi dan malam hari. Untuk kulit yang kering, pelembab pagi (day cream) biasanya memiliki formula yang difokuskan untuk menjaga kelembaban seharian serta melindungi dari agresor lingkungan. Sedangkan pelembab malam (night cream) ditujukan untuk menutrisi kulit wajah untuk mendukung proses perbaikan sel dan jaringan saat Anda tidur, serta mencegah kulit mengalami dehidrasi yang biasa terjadi pada malam hari. 

Pelembab Wajah yang Menghidrasi dari Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal dan L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream

Untuk produk pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam yang dapat melembabkan sekaligus menghidrasi, Anda dapat mencoba L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream. Pelembab wajah ini cocok untuk Anda yang mengalami kulit kering akibat pengaruh faktor eksternal, seperti cuaca dan agresor lingkungan, yang juga membuat kulit wajah mengalami dehidrasi sehingga tampak kusam.

L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream memiliki formula hyaluron dengan ukuran 50x lebih kecil yang mampu menyerap ke dalam epidermis. Day cream ini dapat melembabkan kulit dan menghidrasi wajah dengan optimal. L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam yang dapat membantu menghindari dari dalam.

Sedangkan produk L’Oréal Paris Revitalift Crystal yang mengandung konsentrasi tinggi clarifying salicylic acid dapat mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati penyebab kusam serta menghaluskan tekstur kulit, sehingga kulit menjadi cerah bercahaya dan tampak sebening kristal cocok untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak. Pemakaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel Cream dengan seketika membuat kulit menjadi lembab dan terasa segar, serta kulit tampak cerah. Pemakaian secara rutin akan membuat kulit wajah Anda menjadi halus, lembut, dan tampak sebening kristal. 

Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda dapat memakai rekomendasi pelembab wajah untuk kulit kering dan kusam L’Oréal Paris Hyaluronic Acid Day Cream dan  L’Oréal Paris Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel Cream bersama rangkaian produk lainnya. Langsung saja Anda dapatkan day cream ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.