Skin Care MUDAH! INI CARA MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT HITAM DI PIPI

Salah satu hal yang mengesalkan saat ada jerawat muncul di wajah adalah Anda tak hanya mencari cara untuk menyembuhkan jerawat, tapi juga menghilangkan noda bekasnya yang sering kali butuh waktu lama sampai benar-benar hilang. Apalagi jika jerawat dan noda bekasnya ada di pipi, area wajah yang terbuka sehingga langsung terlihat orang lain. Jika selama ini Anda mengandalkan aplikasi produk makeup untuk menutupinya, maka sekarang bisa coba cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang disarankan ini.

Penyebab Munculnya Jerawat dan Noda Bekas Jerawat di Pipi

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Inspirasi Prosedur Peeling untuk Atasi Bekas Jerawat di L'Oréal Paris Glycolic Bright

Penyebab Munculnya Jerawat dan Noda Bekas Jerawat di Pipi

Banyak yang mengira kalau penyebab munculnya jerawat di wajah adalah kotoran, padahal itu hanyalah salah satunya. Jerawat bermula dari terbentuknya komedo, yaitu campuran berbagai kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih yang terjebak di dalam pori-pori dan akhirnya membentuk sumbatan. Komedo berubah menjadi jerawat saat terpapar bakteri penyebab jerawat dan mengalami peradangan.

Jerawat bisa muncul di area mana saja di wajah, tapi lebih sering muncul di area T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, karena mempunyai banyak pori-pori yang berisi folikel rambut dan kelenjar sebasea yang memproduksi minyak. Namun berbagai faktor menyebabkan jerawat bisa muncul di pipi, salah satunya adalah gesekan ke benda yang kotor, seperti sarung bantal, layar ponsel, jari-jari tangan, juga kuas dan spons makeup. Gesekan ini membuat kotoran dan bakteri berpindah ke kulit wajah dan dapat memicu munculnya jerawat.

Selama dan setelah peradangan jerawat berlangsung, sel-sel melanosit di kulit akan memproduksi banyak melanin (zat pigmen di kulit dan rambut) untuk membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Inilah yang menyebabkan kulit jerawat terlihat lebih gelap dari area sekitarnya. Setelah peradangan mereda, produksi melanin dalam jumlah besar ini tetap berlangsung, menyebabkan munculnya noda bekas jerawat atau PIH (post-inflammatory hyperpigmentation).  

Noda bekas jerawat umumnya muncul di orang-orang yang memiliki kulit sawo matang dan gelap, karena sudah terkandung banyak melanin di kulitnya. Warnanya pun bervariasi, mulai dari merah, cokelat, sampai hitam, tergantung dari warna kulit. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Bekas jerawat di wajah Anda butuh waktu untuk memudar sampai akhirnya benar-benar hilang. Tergantung dari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang Anda pilih, prosesnya bisa berlangsung dalam hitungan minggu sampai bulan. Kabar baiknya, Anda bisa menghilangkan bekas jerawat ini dengan perawatan kulit wajah dan penggunaan obat oles secara rutin. Namun jika Anda ingin hasil yang lebih cepat, melakukan prosedur medis di klinik kecantikan bisa menjadi pilihan.

Para dokter kulit menyarankan agar Anda sudah berpikir tentang cara hilangkan bekas jerawat begitu jerawat meradang. Dengan begitu, Anda bisa mulai langkah perawatan kulit untuk memudarkan noda bekasnya begitu jerawat sembuh. Perawatan yang dilakukan sejak awal akan menghindari noda bertambah gelap sehingga noda bisa pudar lebih cepat. Selain itu, selama perawatan menyembuhkan jerawat dan memudarkan noda bekasnya, Anda harus memakai sunscreen untuk mencegah noda menjadi semakin gelap.   

Berikut ini beberapa pilihan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Memakai obat oles dari dokter kulit

Jika Anda berkonsultasi ke dokter kulit, maka ia kemungkinan akan meresepkan obat oles yang mengandung bahan aktif yang memudarkan noda, yang paling umum adalah hydroquinone. Namun karena konsentrasi yang diberikan cukup besar, maka pemakaiannya harus dengan pengawasan dokter kulit untuk menghindari efek samping. Obat oles ini umumnya hanya untuk pemakaian jangka waktu tertentu dan hanya boleh diaplikasikan di noda bekas jerawat hitam.

2. Memakai bahan aktif yang mencerahkan noda 

Ada berbagai jenis bahan aktif yang memiliki manfaat ini. Vitamin C merupakan salah satu yang populer diikuti dengan retinol, niacinamide, alpha arbutin, kojic acid, azelaic acid, tranexamic acid, adapalene, dan symwhite 377. Bahan-bahan aktif yang dapat mengeksfoliasi kulit seperti glycolic acid dan salicylic acid juga disarankan untuk dipakai. Anda bisa memilih produk-produk skincare yang memiliki bahan-bahan aktif tersebut untuk pemakaian sehari-hari.

3. Prosedur medis di klinik kecantikan

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini membantu Anda dengan cepat memudarkan noda bekas jerawat sampai hilang. Prosedur yang paling efektif adalah terapi laser, tapi tersedia pula prosedur lain yaitu IPL, chemical peeling menggunakan glycolic acid, dan mikrodermabrasi. Anda sebaiknya mengikuti saran dari dokter kulit mengenai prosedur yang paling cocok untuk kulit wajah Anda.

Inspirasi Prosedur Peeling untuk Atasi Bekas Jerawat di L'Oréal Paris Glycolic Bright

Jika Anda memilih memakai produk-produk skincare sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, maka produk perawatan yang bisa Anda pertimbangkan adalah rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Rangkaian ini diciptakan terinspirasi dari prosedur peeling untuk membantu menyamarkan flek hitam hingga -57% dengan hasil mulai terlihat dalam waktu dua minggu. Hasil ini didapatkan berkat kandungan bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite.

Gunakan rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Rangkaian ini terdiri dari:

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membantu mengeksfoliasi untuk menyamarkan noda hitam dan kulit tampak glowing merata. 

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang memiliki konsentrasi 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan 57% noda hitam dalam empat minggu karena mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam hingga ke akarnya.

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang membantu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari penyebab noda hitam.

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang dilengkapi antioksidan Vitamin E sehingga dalam semalam membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencerahkannya. 

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang secara intens menutrisi dan meratakan warna kulit dalam pemakaian selama 15 menit.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi memakai rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright akan memberi hasil yang optimal jika Anda menggunakannya secara disiplin sehari-hari. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa mendapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di berbagai e-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.