Skin Care EFEKTIF! INI CARA MENGENCANGKAN KULIT WAJAH SECARA ALAMI DALAM 1 MINGGU

Salah satu tanda dari kulit yang mengalami penuaan adalah kulit yang menjadi kendur. Walau merupakan sesuatu yang terjadi secara alami saat usia bertambah, tapi tampilan kulit yang kendur dapat membuat percaya diri berkurang karena tidak enak dipandang.

Jika Anda sangat terganggu dengan tampilan kulit wajah yang kendur, tak ada salahnya Anda mencoba cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu ini yang memberi perubahan signifikan di wajah Anda.

Penyebab Kulit Wajah Kendur, Tak Hanya Penuaan

Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami dalam 1 Minggu Menggunakan Bahan Alami

Dukung Perawatan Kulit Wajah dengan Perubahan Gaya Hidup

Penyebab Kulit Wajah Kendur, Tak Hanya Penuaan

Penuaan kulit memang menjadi penyebab utama dari kulit yang kendur. Kebanyakan perempuan mulai mengalami kulit yang kendur saat berusia 35-40 tahun, karena pada rentang usia ini, produksi kolagen dan elastin sudah jauh menurun. Kedua protein ini memiliki peranan penting untuk menjaga agar kulit tetap kencang, padat, jaringannya kuat, dan kenyal, sehingga kulit menjadi kendur saat jumlahnya berkurang drastis.

Namun penuaan bukanlah satu-satunya penyebab kulit wajah menjadi kendur. Faktor lainnya adalah paparan sinar UV dari matahari di kulit wajah yang tak terlindungi sunscreen. Jika berlangsung dalam waktu lama dan terus-menerus, maka sinar UV dapat merusak jaringan kolagen dan elastin, menyebabkan kulit secara bertahap menjadi kendur dan “turun”. Penyebab lainnya adalah berat badan yang turun dengan drastis, merokok, serta pola makan yang buruk dan kurang nutrisi.

Berdasarkan penyebabnya ini, maka Anda dapat melakukan pencegahan kulit wajah menjadi kendur dengan cara merawat kulit wajah secara rutin dan konsisten menggunakan produk-produk skincare, termasuk di dalamnya adalah memakai sunscreen. Menjalani gaya hidup sehat dengan berhenti merokok serta menerapkan pola makan sehat dengan nutrisi seimbang juga dapat Anda lakukan untuk mencegah kulit kendur dan cara meremajakan kulit wajah.

Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda

Tak perlu risau berlebihan jika wajah Anda terlanjur kendur dan tak lagi kencang. Tips mengencangkan kulit wajah berikut ini bisa Anda terapkan agar wajah tak lagi kendur.

  • Pilih produk skincare dengan bahan aktif yang mendorong produksi kolagen

Tak semua produk yang diformulasikan untuk anti-aging memiliki bahan aktif yang dapat mendorong produksi kolagen sehingga membantu mengencangkan kulit wajah. Bahan-bahan aktif yang dikenal dapat melakukannya adalah hyaluronic acid, retinol, dan Vitamin C. Anda bisa memadukan penggunaan produk-produk skincare dengan ketiga bahan aktif ini sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu. 

  • Memijat wajah

Setelah menemukan produk skincare untuk mengencangkan kulit wajah yang sesuai, Anda dianjurkan untuk mengaplikasikan produk-produk ini sambil melakukan pemijatan wajah. Menurut penelitian, pijatan di wajah dan leher yang dilakukan secara teratur dapat membantu memperkuat manfaat dari produk-produk skincare yang Anda gunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu.

  • Lakukan senam wajah

Sebagai cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu, Anda dapat membantu mengencangkan kulit kendur dengan melakukan senam wajah. Tujuan melakukannya adalah untuk mengencangkan otot-otot wajah agar tampilan kulit kendur dapat berkurang. Fokuskan gerakan senam di pipi dan mulut tempat kulit kendur sangat terlihat. 

  • Mengonsumsi suplemen

Walau lebih efektif dijadikan sebagai pencegahan, tapi Anda bisa mencoba mengkonsumsi suplemen dengan kandungan yang membantu mendorong produksi kolagen di kulit wajah. Anda bisa mengonsumsi suplemen dengan kandungan hyaluronic acid, kolagen, dan Vitamin C.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami dalam 1 Minggu Menggunakan Bahan Alami

Selain cara-cara di atas, ada pula cara untuk mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini dipercaya dapat membantu mengencangkan kulit wajah, walaupun belum ada penelitian ilmiah yang menguji efektivitasnya.

  • Lidah buaya

Tanaman ini mengandung aloesin yang diyakini dapat meningkatkan elastisitas kulit serta menghidrasi dan melembabkan kulit wajah. Perawatan menggunakan lidah buaya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan daging lidah buaya segar di seluruh wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit. Setelahnya, cuci wajah sampai benar-benar bersih. 

  • Yoghurt

Kandungan lactic acid di dalam yoghurt dipercaya dapat membantu membuat pori-pori tampak kecil dan membantu mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan yoghurt sebagai masker untuk mengencangkan kulit wajah dengan frekuensi perawatan 2-3 kali seminggu. 

  • Delima

Buah berwarna merah ini memiliki kandungan fitonutrisi yang disebut dapat membantu mengencangkan kulit wajah yang kendur. Anda bisa mengaplikasikan pasta yang terbuat dari buah delima di permukaan wajah, lalu pijat lembut selama beberapa menit agar nutrisi dari buah ini menyerap ke dalam kulit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air hangat sampai bersih.

  • Kunyit

Zat kurkumin yang terdapat di dalam kunyit disebut dapat meningkat elastisitas kulit serta menghidrasi kulit dengan optimal. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampur kunyit dengan yoghurt dalam komposisi seimbang, lalu aplikasikan merata di wajah. Biarkan selama 15-20 menit, baru Anda bilas wajah menggunakan air hangat. 

Dukung Perawatan Kulit Wajah dengan Perubahan Gaya Hidup

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu juga bisa Anda lakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup yang selama ini Anda jalani. Perubahan gaya hidup ini mungkin tidak akan secara langsung membuat kulit wajah Anda menjadi lebih kencang, tapi dapat membantu perawatan kulit wajah yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.

Perubahan gaya hidup yang Anda lakukan tentunya menjadi lebih sehat, seperti:

  • Berolahraga secara teratur. Cara ini dapat membantu mengurangi tampilan kulit wajah yang kendur, terutama yang disebabkan oleh berat badang yang turun drastis.
  • Minum air yang cukup setiap hari. Untuk orang dewasa, standar kebutuhan konsumsi air putih adalah minimal dua liter sehari atau sekitar delapan gelas. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit, termasuk kulit yang kendur.
  • Berhenti merokok. Karena salah satu penyebab kulit wajah menjadi kendur adalah merokok, maka cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu dapat didukung dengan berhenti merokok. Hindari juga paparan asap rokok karena juga memiliki efek buruk terhadap kulit wajah.

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami dalam 1 minggu memang ada yang belum terbukti efektivitasnya secara ilmiah, tapi tak ada salahnya untuk Anda coba. Jika Anda ingin perawatan yang memberi hasil dalam waktu singkat, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk melakukan prosedur kosmetik yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah.