Ini 5 Rahasia Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami Dan Cepat

Skin Care INI 5 RAHASIA MENGHILANGKAN FLEK HITAM DI WAJAH SECARA ALAMI DAN CEPAT

Saat flek hitam muncul di wajah, bisa jadi Anda mendesah panjang sambil berharap agar flek hitam ini bisa segera pudar. Munculnya flek hitam memang bisa sangat mengganggu penampilan karena warna kulit wajah menjadi tidak merata. Anda perlu mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat agar wajah kembali cerah merata dan masalah ini tak lagi mengganggu Anda.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Lima Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Cepat

Cara Cepat Menghilangkan Flek Hitam di Wajah denga Rangkaian Glycolic Bright

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Flek hitam muncul di wajah saat sel-sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin (zat pigmen di rambut dan kulit), sebuah kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi. Karena produksi melanin sangat banyak, maka area kulit tempat sel-sel melanosit itu berada akan mejadi lebih gelap dibanding area sekitarnya. Salah satu bentuknya adalah flek hitam.

Ada beragam penyebab hiperpigmentasi, tapi ada beberapa yang utama. Mengenali penyebabnya akan membantu Anda mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat. 

  • Paparan sinar matahari 

Sinar matahari bisa menyebabkan hiperpigmentasi karena di dalamnya terkandung sinar UVA dan UVB yang bisa sangat merusak kulit. Jika kulit wajah terus-menerus terpapar sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen, sinar UVB dapat menyebabkan munculnya flek hitam dalam hitungan hari. Sedangkan sinar UVA memberi dampak jangka panjang karena kerusakan yang terjadi di tingkat sel, sehingga flek hitam baru akan muncul dalam hitungan tahun dan sulit untuk diatasi.

  • PIH (post-inflammatory hyperpigmentation)

Peradangan di kulit wajah, bisa akibat jerawat, lecet, gigitan serangga, atau luka, dapat meninggalkan bekas berupa flek hitam. Orang dengan kulit sawo matang dan gelap lebih rentan mengalami PIH dan jika sudah terbentuk flek hitam, maka butuh waktu lama untuk menghilangkannya.

  • Fluktuasi hormon

Hiperpigmentasi juga bisa disebabkan oleh fluktuasi hormon, misalnya saja melasma yang umum diderita oleh ibu hamil. Melasma juga bisa terbentuk saat seorang perempuan menggunakan alat kontrasepsi. Melasma akan hilang dengan sendirinya saat kondisi hormon kembali stabil.

Lima Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Cepat

Sebenarnya cara menghilangkan flek hitam pada wajah dengan cepat itu hanya bisa dilakukan lewat prosedur di klinik kecantikan. Pemakaian produk-produk skincare dan bahan alami untuk menghilangkan flek di wajah secara alami dan cepat memang bisa dilakukan, tapi tetap butuh waktu yang lebih lama dibandingkan prosedur di klinik kecantikan. 

Jika Anda lebih ingin menghilangkan flek hitam dengan cara yang alami, maka lima cara ini bisa Anda terapkan. Lakukan secara rutin dan disiplin agar hasilnya juga optimal. Perlu Anda ingat bahwa bahan-bahan alami tidak ada standar cara pemakaian yang disarankan, jadi hasilnya bisa bervariasi pada setiap orang. Selain itu, Anda juga harus waspada dengan efek sampingnya. Jika kulit wajah iritasi, maka segera hentikan pemakaian.

1. Mengoleskan susu 

Susu, buttermilk (susu fermentasi), bahkan susu asam dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami dan cepat. Pasalnya, di dalam susu terdapat asam laktat (lactic acid), salah satu zat asam yang merupakan eksfolian dan masuk kelompok alpha-hydroxy acid (AHA). Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari asam laktat jika memakai yogurt. Oleskan susu cair, buttermilk, susu asam, atau yogurt di flek-flek hitam di wajah, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas. Lakukan dua kali sehari.

2. Konsumsi pasta tomat

Tomat lebih disarankan untuk dikonsumsi dibandingkan dijadikan masker jika Anda ingin menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat, terutama flek hitam akibat paparan sinar matahari. Lebih baik lagi jika tomat sudah dijadikan pasta, karena kandungan likopen (sejenis antioksidan) dalam pasta tomat lebih tinggi dari tomat segar. Selain itu, kandungan beta-karoten di tomat akan diubah tubuh menjadi Vitamin A yang dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit yang menggelap akibat hiperpigmentasi. 

3. Masker buah beri

Jenis-jenis asam yang masuk kelompok AHA, seperti glycolic acid, citric acid, dan malic acid dapat ditemukan di varian buah beri, seperti stroberi, , ceri, dan raspberry. Glycolic acid merupakan zat asam dari kelompok AHA yang memiliki molekul terkecil sehingga dapat masuk ke lapisan kulit dan melakukan perbaikan dari dalam tanpa menyebabkan peradangan. Jadikan buah-buahan ini sebagai masker dengan menghancurkannya dulu sampai halus, baru kemudian bubuhkan di wajah.

4. Minyak almond manis sebagai produk skincare 

Minyak ini mengandung Vitamin E dan niacin (bentuk Vitamin B3) yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat, juga untuk bentuk-bentuk hiperpigmentasi lainnya. Karena bersifat non-comedogenic, maka minyak ini bisa Anda gunakan sebagai cleansing oil untuk membersihkan sisa makeup, atau sebagai face oil untuk melembapkan wajah.

5. Eksfoliasi dengan papaya

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu penyembuhan bekas luka yang timbul, dan enzim ini juga disebut dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan flek hitam di pipi secara alami dan cepat, terutama flek hitam akibat PIH. Enzim papain disebut memiliki cara kerja seperti AHA, yaitu melemahkan ikatan di sel-sel kulit mati sehingga dapat diluruhkan dengan cepat. 

Cara Cepat Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Rangkaian Glycolic Bright

Jika Anda lebih memilih memakai produk-produk skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat, Anda dapat mencoba rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Rangkaian produk ini diciptakan terinspirasi dari prosedur peeling. sehingga dapat membantu menghilangkan flek hitam dan membuat kulit wajah cerah merata.

L'Oréal Paris Glycolic Bright terbukti secara klinis mencerahkan kulit secara instan dan menyamarkan -57% noda hitam setelah pemakaian 2-4 minggu. Hasil ini didapatkan berkat kandungan bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite. Produk-produknya bekerja pada 4 dimensi cahaya kulit yang dapat mengurangi cahaya kulit dari waktu ke waktu, yaitu noda hitam, kulit kusam, warna tidak rata, dan kulit kasar. Semua produk telah diuji pada kulit perempuan Asia untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit Anda.

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam, L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17, L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream, dan L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask. Gunakan secara rutin untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat.

Selain lima cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat, Anda juga dapat memakai produk-produk L’Oréal Paris Glycolic Bright untuk mendapatkan hasil optimal dan wajah bebas flek hitam. Rangkaian ini bisa Anda dapatkan di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.