FAKTA-FAKTA TENTANG HYALURONIC ACID YANG ANDA PERLU TAHU

Seiring perkembangan teknologi di bidang kecantikan, Anda menjadi semakin familiar dengan bahan-bahan yang digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan. Salah satu adalah hyaluronic acid yang belakangan ini sangat populer sebagai bahan aktif dalam produk-produk skincare khusus anti-aging. Senyawa ini diyakini dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit secara optimal, menyamarkan kerutan, serta membantu kulit menjadi lebih kenyal dan elastis.

Agar lebih tahu tentang kandungan ini dan manfaatnya bagi kulit, Anda perlu menyimak fakta-fakta tentang hyaluronic acid berikut. 


Hyaluronic Acid diproduksi Alami oleh Tubuh

 

Hyaluronic acid bisa ditemukan di dalam tubuh manusia dan hewan, terkonsentrasi di lapisan dermis kulit, persendian, dan mata. Jika menjadi bahan buatan yang ditambahkan ke dalam produk skincare, zat ini diformulasikan dengan proses bioteknologi menggunakan energi dan bakteri. 


Namun, perlu Anda ingat. Seperti zat-zat lain di dalam tubuh, misalnya kolagen dan elastin, jumlah hyaluronic acid akan berkurang seiring pertambahan usia. Saat Anda mencapai usia 50 tahun, kemungkinan besar kandungan hyaluronic acid alami di tubuh sudah berkurang 50%. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi produksinya dalam tubuh, di antaranya dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan. 

 

Baca Juga : Tips Mendapatkan Manfaat Optimal Dari Produk Perawatan Wajah yang Digunakan


Manfaatnya Menakjubkan bagi Kulit

 

Ada alasan kenapa hyaluronic acid sering menjadi pilihan untuk bahan aktif dalam produk skincare, yaitu manfaatnya yang memang menakjubkan bagi kulit, di antaranya:

 

Menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit, menjadikannya tampak lebih cerah, halus, dan kenyal. Hyaluronic acid bersifat humektan, yang artinya zat ini bisa mengikat air di lapisan kulit, sehingga kadar airnya terjaga dan kulit terhindar dari dehidrasi.

 

Pemakaian produk skincare yang mengandung hyaluronic acid secara rutin akan membantu menyamarkan garis halus dan kerutan, bahkan yang sudah cukup dalam. 

 

Bisa digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan kulit yang sensitif. Hyaluronic acid bahkan menjadi bahan aktif yang selalu direkomendasikan para dokter kulit untuk perawatan anti-aging


Besar Molekulnya Bisa Berbeda

 

Hyaluronic Acid dalam produk skincare dapat diciptakan dalam ukuran makro dan mikro. Jika molekulnya berukuran makro, maka zat ini akan menghidrasi permukaan kulit dengan cara menarik air dari udara dan mengikatnya. Sementara jika molekulnya berukuran mikro, maka hyaluronic acid dapat masuk ke dalam lapisan kulit untuk membantu proses regenerasi dan rekonstruksi. Semakin kecil molekulnya, maka semakin dalam masuk sampai ke lapisan dermis. Di lapisan ini, ini hyaluronic acid buatan berukuran nano ini akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi hyaluronic acid alami berbarengan dengan serat kolagen.


Aman untuk Digunakan Setiap Hari

Karena hyaluronic acid buatan juga bersifat alami, maka aman untuk digunakan rutin setiap hari, bahkan saat melakukan skincare routine pada pagi dan malam hari. Pada malam hari, pilihlah serum yang mengandung hyaluronic acid, karena kulit cenderung mengalami dehidrasi saat Anda tidur. Selain itu, pukul 2-4 dini hari adalah momen emas karena sel-sel kulit beregenerasi sampai tiga kali lebih cepat. Dengan memanfaatkan momen ini, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih muda dalam waktu lebih singkat.

Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.