TIPS MENDAPATKAN MANFAAT OPTIMAL DARI PRODUK PERAWATAN WAJAH YANG ANDA GUNAKAN

Wajar saja jika Anda memilih dan menggunakan produk perawatan wajah hanya berdasarkan saran dan rekomendasi teman. Padahal Anda tidak tahu pasti apakah produk yang Anda gunakan ini benar-benar efektif atau tidak dalam merawat kulit wajah dan menjawab kebutuhan-kebutuhannya. Tak ada salahnya Anda mulai dari sekarang untuk lebih mengenal produk-produk skincare yang Anda gunakan agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal.

 

Gunakan Produk yang Sesuai Jenis Kulit

Hal apa saja yang Anda pertimbangkan saat membeli sebuah produk perawatan wajah? Jika Anda tergoda karena produk sedang trending di media sosial dan ramai dibicarakan oleh para beauty influencer, maka tahan dulu keinginan untuk membelinya agar tidak membuang uang. 

Saat memilih produk skincare, fokuskan perhatian Anda kepada formula dan manfaatnya, pastikan sesuai untuk jenis kulit wajah Anda dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kulit. Untuk itu, tentu saja, Anda harus mengenal dengan baik jenis kulit wajah Anda dan kebutuhan-kebutuhannya. Selain itu, cari tahu juga kandungan bahan di dalam produk skincare yang paling cocok untuk jenis dan kebutuhan kulit wajah Anda. Jangan ragu untuk mengamati daftar komposisi bahan-bahan yang terkandung dalam produk agar Anda tidak salah pilih.

Baca dengan Teliti Informasi di Kemasan Produk

Banyak orang yang tidak mau repot membaca berbagai informasi yang tertulis di kemasan produk atau lembaran kertas yang terselip di dalamnya. Padahal, membaca dengan teliti informasi yang disampaikan di kemasan produk perawatan wajah dapat membantu Anda mendapatkan manfaat optimal dari produk tersebut. Misalnya, cara aplikasi produk yang tepat, frekuensi penggunaan, atau efek samping dari penggunaan produk yang kurang tepat.

Anda sebaiknya tidak berasumsi bahwa semua produk sejenis itu sama saja. Misalnya krim pelembap wajah. Saat Anda mencoba krim pelembap dengan bahan aktif yang berbeda dari sebelumnya, maka Anda harus “berkenalan” dari awal dan mempelajari produk tersebut. Membaca informasi produk dengan teliti juga menghindari Anda dari masalah di kemudian hari, misalnya iritasi akibat ketidakcocokan dengan bahan yang terkandung di dalam produk.

 

Produk Perawatan Wajah yang Memberi Manfaat Lebih

Jenis kulit wajah boleh sama, namun kebutuhan-kebutuhannya bisa jadi berbeda. Untuk itu, Anda memang harus teliti melihat bahan-bahan yang terkandung dalam produk agar bisa menyimpulkan manfaat apa saja yang diberikan dan apakah sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Lebih baik lagi jika ternyata produk bisa memenuhi berbagai kebutuhan sehingga praktis untuk digunakan.

Penggunaan sheet mask, misalnya. Walau manfaat utamanya adalah menghidrasi kulit secara instan, namun sheet mask biasanya juga mengandung bahan yang memberi manfaat tambahan, misalnya membantu mencerahkan wajah, memudarkan noda hitam, atau meremajakan kulit. Jadi jika Anda sudah berusia 30-an dengan jenis kulit wajah berminyak, maka Anda bisa memilih sheet mask khusus untuk perawatan anti-aging namun memiliki kandungan tea tree yang memiliki kandungan anti-bakteri untuk mencegah munculnya jerawat.     

Mencoba Produk Perawatan Multifungsi

Dengan alasan kepraktisan, saat ini ada produk perawatan wajah yang dibuat multifungsi. Misalnya saja, kombo pembersih makeup + pembersih wajah, toner + essence, dan krim pagi + sunscreen. Namun pastikan kalau formula dan bahan yang digunakan untuk fungsi-fungsi tersebut bisa saling mendukung jika dipadukan dalam satu produk. Misalnya saja Vitamin C dalam krim pagi + sunscreen. Tak hanya mencerahkan kulit wajah, tapi kandungan antioksidan di Vitamin C dapat membantu sunscreen bekerja dengan optimal.

Bagi penggunanya, produk skincare multifungsi ini menjadi pilihan praktis karena tak perlu mengaplikasikan terlalu banyak produk di wajah, juga menghemat waktu dan uang. Walaupun begitu, Anda harus paham ada produk-produk skincare yang tidak bisa dipadukan dengan yang lain dan harus digunakan sendiri agar hasilnya optimal. Jika sebelumnya Anda tak pernah menggunakan produk multifungsi, sebaiknya pelajari terlebih dahulu instruksi penggunaannya karena bisa jadi ada perbedaan dari produk biasa.

Hindari Berlebihan dalam Menggunakan Produk Perawatan Wajah

Kadang, untuk memastikan bahwa produk skincare bekerja dengan optimal, Anda mengaplikasikannya dengan berlebihan. Toner diaplikasikan sampai berlapis-lapis untuk mendapatkan kelembapan yang diinginkan, eksfoliasi dilakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang cerah dan segar, dan membersiihkan wajah dilakukan berulang-ulang dalam sehari untuk membersihkan minyak berlebih. Padahal, di instruksi penggunaan produk sudah dituliskan cara dan rekomendasi penggunaannya. 

Anda perlu memahami bahwa menggunakan produk yang tepat pada waktu yang tepat lah memberi hasil yang optimal, bukan berapa banyak produk digunakan. Penggunaan yang berlebihan malah berpotensi membuat kulit wajah iritasi, apalagi jika produk yang digunakan cukup keras seperti chemical exfoliator. Membersihkan wajah lebih dari dua kali sekali, kecuali dalam keadaan kotor atau setelah berolahraga, malah dapat membuat kulit wajah kering. Jadi, sadari bahwa melakukan segala sesuatu dengan berlebihan akan ada konsekuensinya, termasuk penggunaan produk perawatan wajah.

Konsentrasikan Perawatan Anti-Aging pada Malam Hari

Ada alasan mengapa perawatan kulit wajah dilakukan lebih intensif pada malam hari. Pertama, proses pembaruan dan perbaikan sel-sel kulit yang rusak berlangsung pada malam hari dan mencapai puncaknya pada pukul 2-4 dini hari. Kedua, pada malam hari, kulit wajah menjadi seperti spons sehingga memiliki daya serap yang tinggi terhadap produk perawatan wajah yang diaplikasikan.

Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan menggunakan produk-produk skincare khusus anti-aging yang biasanya memiliki bahan-bahan aktif yang mendukung proses pembaruan dan perbaikan sel-sel kulit serta mendorong produksi serat-serat alami dalam jaringan kulit. Sebelumnya, pastikan dulu tanda-tanda penuaan apa yang ingin Anda atasi, lalu pilih produk yang dapat menjawab kebutuhan tersebut berdasarkan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Tergantung ukuran molekulnya, hyaluronic acid dapat Anda andalkan untuk menghidrasi kulit wajah baik di dalam lapisan kulit maupun di permukaan kulit. Retinol dan peptide dapat membantu mendorong produksi serat kolagen dan elastin secara alami, sehingga kulit wajah menjadi lebih kenyal, elatis, dan kencang. 

Pada akhirnya, Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dari produk perawatan wajah yang digunakan jika Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Tak hanya itu, pelajari cara penggunaannya dan gunakan sesuai saran yang diberikan agar hasilnya pun sesuai dengan yang Anda harapkan. Temukan rangkaian produk anti aging terbaik dari L'Oreal Paris sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan kulit Anda.

 

Skip the slider: Full Range Skin Care

Improve your routine

Show your new look more love: