Apa Itu Glycolic Acid Dan Manfaatnya Dalam Skincare

Skin Care APA ITU GLYCOLIC ACID DAN MANFAATNYA DALAM SKINCARE

Ada begitu banyak bahan aktif skincare yang menawarkan manfaatnya masing-masing, Anda harus lebih cermat dalam memilih bahan aktif mana yang paling cocok dengan jenis dan kondisi kulit Anda. Jika Anda memiliki masalah kulit wajah berupa kekusaman, berjerawat, penuaan dini, dan hiperpigmentasi, maka merawat kulit wajah dengan produk-produk skincare dengan bahan aktif glycolic acid adalah pilihan yang bisa Anda ambil. Mari kenali lebih jauh tentang bahan aktif ini.

Apa Itu Glycolic Acid?

Manfaat Glycolic Acid yang Perlu Anda Ketahui

Pemakaian Produk Skincare dengan Kandungan Glycolic Acid

Kandungan Glycolic Acid dalam L'Oréal Paris Glycolic Bright

Apa Itu Glycolic Acid?

Jika Anda rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah, atau pernah melakukan chemical peeling di klinik kecantikan, bisa jadi kulit wajah Anda sudah pernah bersentuhan dengan zat asam ini dan mendapat manfaat glycolic acid untuk kulit. Glycolic acid adalah asam yang diekstrasi dari tebu dan bersifat larut dalam air. Karena itulah, glycolic acid merupakan bagian dari Alpha Hydroxy Acids (AHA), sama seperti lactic acid, citric acid, dan malic acid

Dibandingkan jenis-jenis asam dari kelompok AHA lainnya, glycolic acid memiliki molekul paling kecil dan ringan dengan struktur yang simpel, sehingga lebih mudah untuk menembus sampai ke lapisan kulit terdalam dan bekerja efektif merawat kulit. Sebagai bagian dari AHA, maka fungsi glycolic acid untuk wajah adalah membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit bisa terjadi lebih cepat dan optimal. Hasilnya, kulit akan tampak lebih sehat, segar, cerah, halus, dan lembut.

Manfaat Glycolic Acid yang Perlu Anda Ketahui

Karena efektivitasnya dalam perawatan kulit, tidak heran jika glycolic acid banyak ditemui dalam produk-produk skincare. Apalagi ada beragam fungsi glycolic acid yang bisa Anda dapatkan jika merawat kulit wajah secara rutin memakai produk-produk skincare yang mengandung glycolic acid. Beberapa manfaat dan fungsi glycolic acid adalah:

1. Sebagai perawatan anti-aging

Usia 25 tahun menjadi titik balik saat produksi kolagen di tubuh mulai menurun. Selain kolagen, produksi hyaluronic acid dan elastin di tubuh juga menurun. Glycolic acid dapat membantu menstimulasi produksi ketiga zat penting ini sehingga kulit menjadi lebih kencang, elastis, dan kenyal. Ini dimungkinkan karena ukuran molekul glycolic acid sangat kecil sehingga dapat masuk sampai lapisan dermis kulit.

2. Mencerahkan kulit wajah

Tumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dapat membuat wajah tampak kusam dan menggelap. Walau kulit wajah secara alami akan meluruhkan sel-sel kulit mati ini, tapi ada kondisi-kondisi yang membuat prosesnya menjadi lebih lambat. Dibutuhkan eksfolian seperti glycolic acid yang dapat melemahkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga bisa luruh dengan cepat. Eksfoliasi yang dilakukan secara rutin akan membuat wajah tampak cerah dan segar dengan tekstur yang halus dan lembut.

3. Memudarkan hiperpigmentasi

Masalah hiperpigmentasi bisa disebabkan oleh paparan sinar UV dalam jangka panjang, noda bekas jerawat, penuaan kulit, dan melasma. Sebagai eksfolian, manfaat glycolic acid adalah meluruhkan sel-sel kulit mati dan menggelap akibat hiperpigmentasi, lalu memunculkan sel-sel baru yang segar dan cerah ke permukaan kulit. Rutin melakukan eksfoliasi akan mengatasi hiperpigmentasi sehingga warna kulit menjadi cerah merata.

4. Mengatasi dan mencegah jerawat

Jerawat bisa muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran terpapar bakteri. Karena ukuran molekul glycolic acid yang sangat kecil, maka dapat masuk ke dalam pori-pori dan melakukan eksfoliasi di sana. Kombo eksfoliasi di permukaan kulit dan di pori-pori membuat pemakaian glycolic acid untuk jerawat efektif karena dapat membantu penyembuhan jerawat sekaligus mencegah jerawat datang kembali.

5. Menghidrasi kulit

Salah satu penyebab kulit tampak kusam dan teksturnya kasar adalah dehidrasi. Karena merupakan humektan, maka glycolic acid dapat membantu mengatasi masalah dehidrasi karena dapat menarik dan mengikat air dari lingkungan untuk menghidrasi kulit. Manfaat yang diberikan glycolic acid adalah kulit menjadi lebih kenyal, tampak cerah, dan teksturnya menjadi halus. 

Pemakaian Produk Skincare dengan Kandungan Glycolic Acid

Anda yang tertarik untuk mendapatkan manfaat glycolic acid untuk wajah, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut sebelum mulai memakai produk-produk skincare dengan kandungan glycolic acid

1. Karena glycolic acid adalah zat asam, maka berpotensi untuk membuat kulit Anda iritasi dan memerah. Untuk itu, selalu gunakan produk skincare sesuai dengan petunjuk di cara pemakaian yang tertera di kemasan atau sesuai anjuran dokter kulit. 

2. Sebaiknya mulai dengan pemakaian produk skincare yang kandungan glycolic acid-nya rendah terlebih dahulu, yaitu sekitar satu persen atau kurang. Setelahnya, baru ditingkatkan secara bertahap. Misalnya, awali dulu dengan pemakaian facial wash. Jika tidak ada reaksi negatif di kulit wajah setelah pemakaian selama 1-2 minggu, bisa diikuti dengan pemakaian produk skincare lainnya. 

3. Glycolic acid dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif, maka Anda sangat disarankan untuk memakai sunscreen pada pagi dan siang hari. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari pemakaian glycolic acid bersama dengan bahan aktif lain yang keras, seperti retinol dan benzoyl peroxide

Kandungan Glycolic Acid dalam L'Oréal Paris Glycolic Bright

Mencari rangkaian produk skincare yang mengadung glycolic acid tak perlu membuat Anda repot, karena L'Oréal Paris punya rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright untuk perawatan kulit wajah Anda sehari-hari. Rangkaian ini diciptakan terinspirasi dari prosedur peeling untuk membantu membarui lapisan kulit serta meningkatkan empat dimensi cahaya kulit, yaitu kulit kusam, kulit kasar, noda hitam, dan warna kulit tidak merata. Hasil ini didapatkan dari kandungan bahan aktif berupa glycolic acid, niacinamide, dan symwhite.

Produk-produk L'Oréal Paris Glycolic Bright dengan kandungan glycolic acid adalah:

  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membersihkan wajah secara mendalam serta membantu mengangkat lapisan permukaan kulit yang menggelap. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang memiliki konsentrasi 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan -57% noda hitam dalam empat minggu karena mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam hingga ke akarnya.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang membantu mencerahkan dan menyamarkan tampilan noda hitam. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari penyebab noda hitam.
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang dilengkapi antioksidan Vitamin E sehingga dalam semalam membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencerahkannya secara merata. 
  • L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang secara intens menutrisi dan mencerahkan warna kulit secara merata dalam pemakaian selama 15 menit.

Mengetahui apa itu glycolic acid dalam skincare dan berbagai manfaatnya, membuat Anda tak perlu ragu lagi untuk memakai L'Oréal Paris Glycolic Bright untuk mengatasi masalah kekusaman, hiperpigmentasi, serta tekstur kulit kasar. Anda bisa mendapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.