Skin Care CARA MENGHILANGKAN SMILE LINE TANPA PERLU KE DOKTER KECANTIKAN

Ada berbagai tanda penuaan di kulit wajah dalam bentuk garis-garis, kerutan, dan juga lipatan. Salah satunya adalah smile line atau garis senyum, atau sering disebut juga dengan lipatan nasolabial, yang biasanya terbentuk saat Anda tersenyum. Seiring pertambahan usia, smile line menjadi semakin jelas dan dalam, bahkan saat Anda tidak tersenyum pun garis ini bisa terlihat. Anda butuh cara menghilangkan smile line serta tanda-tanda penuaan lainnya di wajah agar bisa tersenyum dengan bebas tanpa khawatir menciptakan kerutan.

Penyebab Garis Senyum Muncul di Wajah

Cara menghilangkan Smile Line dengan Perawatan di Rumah

Cara Menghilangkan Smile Line dengan Hyaluronic Acid dari L'Oréal Paris

Penyebab Garis Senyum Muncul di Wajah

Jika dilihat dari namanya, tentu saja garis senyum muncul saat Anda tersenyum. Garis ini muncul saat wajah Anda membuat ekspresi senyum atau tertawa. Sebenarnya bukan smile line saja yang terbentuk saat Anda tersenyum, tapi juga kerutan di sudut luar mata yang disebut dengan crow’s feet. Kerutan ini terbentuk karena biasanya Anda akan otomatis memicingkan mata jika tersenyum atau tertawa dengan tulus. 

Saat usia Anda masih remaja, smile line hanya akan terlihat saat tersenyum dan tertawa saja, lalu garis ini akan hilang karena kulit wajah remaja masih sangat kenyal dan kencang. Anda tak butuh cara menghilangkan garis senyum di usia remaja karena garis ini akan hilang dengan sendirinya. Begitu pula saat Anda memasuki usia 20-an; garis senyum di usia muda ini mungkin terlihat lebih jelas tapi akan tetap menghilang dengan sendirinya saat Anda berhenti tersenyum.

Beda kondisinya saat Anda sudah memasuki usia kepala tiga, karena kulit sudah mengalami penuaan sehingga produksi kolagen, elastin, dan hyaluronic acid secara alami di dalam lapisan kulit pun sudah menurun. Jumlahnya akan terus menurun saat usia bertambah, sampai akhirnya garis-garis dan kerutan akan semakin tampak jelas, serta lipatan juga menjadi semakin dalam.

Garis senyum, juga crow’s feet, yang tadinya menghilang saat Anda berhenti tersenyum, kini akan tetap terlihat. Hal ini disebabkan jaringan kulit di pipi semakin kendur dan kekenyalannya berkurang, ditambah dengan kandungan lemak di pipi yang bergeser ke bawah, sehingga pipi seperti turun ke bawah dan membentuk lipatan di garis senyum. Jika Anda tak melakukan perawatan anti-aging sebagai cara menghilangkan smile line sejak awal, maka tanda penuaan ini akan menetap sampai Anda berusia matang. 

Cara Menghilangkan Smile Line dengan Perawatan di Rumah

Selama ini, cara mengatasi smile line yang populer adalah dengan perawatan dan tindakan di klinik kecantikan. Perawatan dan tindakan ini biasanya akan memberi hasil yang cepat, berbeda dengan perawatan di rumah menggunakan produk-produk skincare. Tindakan yang paling disarankan sebagai cara menghilangkan smile line di klinik kecantikan adalah injeksi filler menggunakan hyaluronic acid karena hasilnya cepat dan terlihat natural.

Jika Anda lebih memilih untuk melakukan perawatan di rumah, maka pilih produk-produk skincare dengan bahan aktif yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen, meningkatkan elastisitas kulit, serta menghidrasi kulit. Ketiganya tak hanya penting untuk menghilangkan smile line tapi juga mencegah smile line hadir. Namun perlu Anda pahami bahwa perawatan di rumah butuh waktu lama, sehingga Anda tak bisa mengharapkan hasil yang instan.

Bahan aktif yang direkomendasikan untuk memudarkan dan menyamarkan tampilan garis senyum karena dapat mendorong produksi kolagen adalah:

  • Retinol. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan retinol tiga kali seminggu selama enam bulan memberi hasil yang signifikan dalam menyamarkan kerutan dan garis-garis halus.
  • Vitamin C. Kekurangan asupan Vitamin C dapat berakibat menurunnya produksi kolagen di tubuh. Memenuhi asupannya bisa lewat makanan dan penggunaan produk skincare dengan kandungan Vitamin C. Vitamin antioksidan ini juga dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. 
  • Hyaluronic acid. Selain dapat mendorong produksi kolagen, hyaluronic acid juga merupakan humektan andal yang dapat menghidrasi dan mengikat air di dalam lapisan kulit agar tidak menguap lewat pori-pori. Ini membuat kulit wajah menjadi lembap dan kenyal. 

Selain perawatan menggunakan produk-produk skincare, cara menghilangkan smile line lainnya yang disarankan adalah melatih otot-otot wajah agar menjadi lebih kencang. Anda bisa melakukannya dengan pemijatan saat mengaplikasikan produk skincare, atau bisa dengan melakukan senam wajah. Fokuskan pemijatan wajah dan gerakan senam wajah di daerah mulut dan bibir.

Cara Menghilangkan Smile Line dengan Hyaluronic Acid dari L'Oréal Paris

Tak sulit bagi Anda untuk menemukan produk-produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid di pasaran. Bahan aktif ini pun terdapat dalam rangkaian L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid. Rangkaian ini mengandung macro hyaluronic acid yang menghidrasi dan menghaluskan permukaan kulit secara intensif, serta micro hyaluronic acid yang dapat terserap lebih dalam ke lapisan kulit untuk membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit kenyal, halus, dan bercahaya.

Ada empat produk dari L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid yang dapat Anda gunakan dalam skincare routine sehari-hari sebagai cara menghilangkan smile line, yaitu:

  • L'Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Aqua Gel Wash: Pembersih berbentuk gel yang membantu kulit wajah terasa segar, terhidrasi, kenyal, dan tampak muda bercahaya.
  • L'Oréal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum: Hydrating serum yang mengandung konsentrasi 0,5% macro hyaluronic acid dan 1% micro hyaluronic acid untuk membantu menghidrasi kulit wajah secara instan sampai 42% dan membuat kulit wajah lebih cerah 42%.
  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Day Cream: Membantu menghidrasi kulit wajah secara intens dan menguncinya di lapisan kulit, sehingga kulit menjadi kenyal dan kerutan yang disebabkan oleh ekspresi wajah pun berkurang.
  • L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Fresh Mix Serum Mask: Terdiri dari sheet mask dan serum hyaluronic acid yang dikemas terpisah. Dengan pemakaian 15 menit saja, kulit wajah tampak lebih cerah hingga 39%, lebih lembap 49%, dan garis halus tersamarkan hingga 23%.

Gunakan rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Hyaluronic Acid sebagai cara menghilangkan smile line yang efektif walaupun tanpa ke klinik kecantikan. Anda bisa mendapatkan rangkaian produk ini secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di berbagai marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.