Skin Care CARA MENGHILANGKAN NODA HITAM DI WAJAH DENGAN TEPAT

Masalah noda hitam di wajah memang bukan merupakan kondisi yang mengganggu kesehatan, tapi dapat membuat percaya diri berkurang karena mengganggu penampilan. Noda hitam muncul akibat hiperpigmentasi, yaitu kondisi saat produksi melanin (zat pigmen di kulit dan rambut) berlebihan sehingga ada area kulit yang menggelap. Ada beragam cara menghilangkan noda hitam di wajah, mungkin salah satunya bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Berbagai Penyebab Noda Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah dengan L'Oréal Paris Glycolic Bright

Berbagai Penyebab Noda Hitam di Wajah

Hiperpigmentasi dapat yang memicu munculnya noda hitam di wajah dalam berbagai bentuk, bisa berupa bintik hitam, lentigo, PIH (post-inflammatory hyperpigmentation), melasma, dan freckles. Hiperpigmentasi terjadi saat sel-sel melanosit di kulit terpicu oleh faktor penyebab untuk memproduksi melanin secara berlebihan. Akibatnya, ada area di kulit wajah Anda yang warnanya lebih gelap jika dibandingkan area sekitarnya. Inilah yang disebut sebagai noda hitam. 

Beberapa faktor penyebab terjadinya hiperpigmentasi adalah:

- Sinar matahari

Ada berbagai efek buruk dari paparan sinar matahari yang berkepanjangan di kulit yang tidak terlindungi, salah satunya adalah hiperpigmentasi. Saat sinar UVA menembus lapisan kulit, tubuh langsung mendorong sel-sel melanosit untuk memproduksi lebih banyak melanin, karena melanin dapat menyerap sinar UV sebelum merusak sel-sel kulit. Saat sel-sel kulit terlanjur rusak pun, melanin dapat berfungsi sebagai antioksidan yang memperbaiki kerusakan sel-sel tersebut. 

- Peradangan 

Saat kulit mengalami peradangan, sistem imun di tubuh langsung bereaksi dan mendorong sel-sel melanosit untuk aktif memproduksi melanin. Alasannya karena melanin dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit lebih jauh, juga membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Noda hitam yang muncul akibat peradangan dan cedera berupa noda bekas jerawat, gigitan serangga, iritasi, luka, eksim, dan alergi. 

- Ketidakseimbangan hormon

Fluktuasi hormon di tubuh perempuan juga dapat memunculkan noda hitam di wajah, disebut dengan melasma. Biasanya noda hitam muncul di wajah dan area perut. Selain ibu hamil, perempuan yang mengalami menopause dan mengonsumsi pil KB juga bisa memiliki melasma. Kabar baiknya, melasma biasanya akan hilang dengan sendirinya begitu kondisi hormon kembali normal.

- Konsumsi obat

Beberapa jenis obat dapat memicu reaksi hiperpigmentasi sehingga muncul noda hitam di wajah. Jika hal ini terjadi, maka Anda sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter untuk melihat kemungkinan obat lain yang serupa tapi tidak menyebabkan kulit wajah bernoda hitam.

Pada orang yang memiliki kulit gelap, hiperpigmentasi lebih rentan terjadi dibandingkan orang yang memiliki kulit yang terang. Karena itu, jika Anda memiliki kulit sawo matang dan gelap, maka harus lebih menaruh perhatian kepada faktor-faktor penyebab di atas.

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Saat hiperpigmentasi terjadi dan noda hitam terbentuk di wajah, maka akan butuh waktu untuk memudarkannya. Walaupun butuh waktu, tapi berarti tidak bisa dihilangkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan memudarkan dan menghilangkan noda hitam ini, baik cara menghilangkan noda hitam di wajah secara alami, menggunakan produk skincare, dan dengan prosedur di klinik kecantikan.

Beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah tersebut adalah:

- Penggunaan obat oles yang diresepkan oleh dokter kulit

Obat-obat ini umumnya hanya bisa digunakan dalam jangka waktu pendek dan diawasi penggunaannya oleh dokter kulit, karena jika digunakan dalam jangka panjang dapat memberi efek buruk bagi kulit wajah Anda. Hindari ikut-ikutan menggunakan obat oles yang diresepkan dokter kulit untuk orang lain, karena kondisi kulit Anda berbeda dengan orang tersebut.

- Rutin melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan rusak yang menyebabkan kulit menggelap dan munculnya noda hitam. Eksfoliasi dapat dilakukan secara fisik dengan menggunakan scrub atau dilakukan secara kimia dengan menggunakan produk-produk eksfolian yang mengandung asam. Ada dua kelompok asam yang merupakan eksfolian, yaitu AHA (alpha-hydroxy acid) seperti glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid, serta BHA (beta-hydroxy acid) dalam bentuk salicylic acid

Eksfoliasi kimia lebih disarankan karena tidak bersifat abrasif sehingga aman untuk semua jenis kulit. Frekuensi eksfoliasi tergantung dari jenis dan kondisi kulit Anda. Untuk jenis kulit berminyak dan normal serta kondisi kulit rentan berjerawat, maka eksfoliasi dapat dilakukan dua kali seminggu. Sedangkan untuk jenis kulit kombinasi dan kering serta dalam kondisi sensitif, maka cara menghilangkan noda hitam ini bisa dilakukan seminggu sekali. 

- Menggunakan bahan aktif yang mencerahkan noda hitam

Beberapa bahan aktif yang terdapat di produk skincare dapat membantu memudarkan dan mencerahkan noda hitam sehingga lama-kelamaan akan hilang. Selain asam dari kelompok AHA dan BHA, beberapa bahan aktif yang efektif digunakan sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah adalah Vitamin C, retinol, kojic acid, alpha arbutin, niacinamide, azelaic acid, dan tranexamic acid

- Prosedur di klinik kecantikan

Jika Anda tak ingin berlama-lama merawat wajah yang memiliki noda hitam, maka prosedur di klinik kecantikan dapat menjadi cara menghilangkan noda hitam di wajah yang efektif dan lebih cepat memberi hasil. Beberapa prosedur yang dapat Anda ambil adalah chemical peeling, terapi laser, dan mikrodermabrasi. Konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk mendapatkan prosedur yang tepat sesuai jenis dan kondisi kulit Anda.

Cara Menghilangkan Noda Hitam di Wajah dengan L'Oréal Paris Glycolic Bright

Jika Anda memilih untuk merawat wajah menggunakan produk-produk skincare sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah, maka Anda dapat melakukannya menggunakan rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Terinspirasi dari prosedur peeling, rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright dapat membantu memudarkan noda hitam hingga berkurang 57 persen dalam waktu dua minggu. 

Hal ini dimungkinkan dengan kandungan bahan-bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite. Semuanya telah teruji klinis dapat membantu menghilangkan noda hitam di wajah dan membuat kulit wajah bercahaya seketika. Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari:

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan rusak yang membuat permukaan kulit menggelap. 

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum, yaitu serum untuk noda hitam yang dapat mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel untuk mengurangi noda hitam hingga ke akarnya.

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang mencerahkan dan mencegah terbentuknya noda hitam di wajah.

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang memperbaiki kondisi kulit serta meratakan warna kulit.

- L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang mencerahkan kulit wajah hingga dua tingkat warna kulit dalam sekali pemakaian selama 15 menit.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah menggunakan rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright memang membutuhkan waktu tapi dapat memberi hasil sesuai keinginan. Anda bisa langsung mendapatkan rangkaian produk ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di e-commerce/marketplace ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung di pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama di kota Anda.