Skin Care CARA MENGHILANGKAN KOMEDO HITAM MEMBANDEL DENGAN PERAWATAN WAJAH

Mungkin Anda sudah mengalami masalah dengan komedo sejak Anda remaja. Kesal rasanya saat melihat titik-titik putih dan hitam memenuhi pori-pori hidung sehingga Anda tergoda untuk memencetnya agar komedo keluar. Saat remaja, ini merupakan cara menghilangkan komedo hitam membandel yang Anda anggap efektif. Namun saat ini, setelah Anda menyadari efek buruk dari cara tersebut, Anda tentu ingin menerapkan cara yang aman untuk menghilangkan komedo, termasuk komedo hitam.

Terbentuknya Komedo di Pori-Pori

Cara Membersihkan Komedo di Wajah yang Efektif

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel dengan L’Oréal Paris Revitalift Crystal

Terbentuknya Komedo di Pori-Pori

Tahukah Anda bahwa komedo merupakan bentuk awal dari jerawat? Di wajah, komedo biasanya muncul di area T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, yang memiliki banyak pori-pori yang berisi kelenjar sebasea. Komedo terbentuk saat berbagai jenis kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih terjebak di dalam pori-pori dan menyumbatnya. Karena itulah, komedo rentan muncul di jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat. 

Dari sumbatan ini kemudian terbentuk komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih (whiteheads) adalah komedo yang terbentuk di pori-pori yang bagian mulutnya tertutup. Sedangkan komedo hitam (blackheads) adalah komedo yang mengalami oksidasi karena bagian mulut pori-pori terbuka sehingga terpapar udara. Oksidasi inilah yang membuat ujung atas komedo berwarna hitam. Jika komedo terpapar bakteri penyebab jerawat yang senang berkembang biak di minyak, maka komedo akan berubah menjadi jerawat. 

Komedo putih cenderung lebih mudah dibersihkan daripada komedo hitam. Jika Anda menerapkan skincare routine setiap pagi dan malam, maka komedo putih dengan sendirinya akan keluar dari pori-pori dalam waktu beberapa hari setelah terbentuk. Berbeda dengan komedo hitam yang cenderung membandel sehingga sulit untuk dibersihkan. Ekstraksi di klinik kecantikan menjadi cara menghilangkan komedo hitam membandel yang disarankan, karena jika Anda melakukannya sendiri berpotensi untuk menimbulkan masalah kulit.

Selain jenis kulit, ada beberapa faktor lain yang dapat membuat seseorang rentan memiliki komedo, yaitu faktor genetik, pola makan yang tidak seimbang dan tidak sehat karena tingginya konsumsi produk dairy (turunan susu) dan gula, pemakaian produk-produk skincare yang tidak sesuai jenis kulit, merokok, dan udara yang kelembapannya tinggi. 

Cara Membersihkan Komedo di Wajah yang Efektif

Melakukan perawatan wajah dengan disiplin pada pagi dan malam hari memakai produk-produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit wajah merupakan cara menghilangkan komedo hitam membandel yang bisa Anda lakukan. Cara ini tidak memberi hasil yang instan, tapi secara perlahan, wajah Anda akan terbebas dari komedo, baik putih maupun hitam.

Berikut ini langkah-langkah cara mengurangi komedo sekaligus cara menghilangkan komedo yang bisa Anda lakukan:

  1. Bersihkan
    Kulit wajah yang bersih dari kotoran, sel-sel kulit mati, dan minyak berlebih akan secara signifikan mencegah terbentuknya komedo di wajah. karena itu, kulit wajah harus dibersihkan secara rutin pada pagi dan malam hari. Bersihkan juga wajah setelah kulit wajah banyak mengeluarkan keringat, seperti setelah berolahraga, karena keringat juga dapat berperan dalam terbentuknya komedo.
    Jika Anda merias wajah, maka pada malam hari Anda disarankan untuk membersihkan sisa make up terlebih dahulu dengan make up remover atau micellar water, baru setelahnya cuci wajah memakai facial wash. Cuci wajah selama 60 detik dengan gerakan memutar sambil kulit wajah dipijat dengan lembut.
  2. Eksfoliasi
    Cara menghilangkan komedo hitam membandel ini tak boleh terlewatkan karena dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit serta membersihkan wajah sampai ke pori-pori. Pilih produk eksfolian dengan kandungan glycolic acid dan salicylic acid karena keduanya dapat memberi kedua manfaat tersebut dengan efektif. Untuk jenis kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat, eksfoliasi dapat dilakukan sebanyak dua kali seminggu.
  3. Beri nutrisi
    Walaupun jenisnya berminyak dan rentan berjerawat, tapi kulit wajah yang terhidrasi, lembap, dan ternutrisi dengan baik secara tidak langsung akan membuat komedo hilang dan tidak muncul lagi. Ada bisa menutrisi kulit memakai essence, serum, atau serum mask yang memiliki kandungan bahan-bahan yang cocok untuk jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat. 
  4. Lembapkan
    Kulit yang terjaga kelembapannya dapat membantu mengontrol produksi minyak agar tidak berlebih. Saat mendeteksi kulit yang lembap, maka otak Anda akan memerintahkan kelenjar sebasea untuk mengurangi produksi minyak alami pelembap kulit wajah. Jika produksi minyak di wajah terkontrol, maka terbentuknya komedo bisa berkurang.

Sebagai bagian dari cara menghilangkan komedo hitam membandel, Anda juga dapat mengekstraksi komedo memakai pore strip. Pembersih komedo hidung ini dapat membantu mengangkat komedo walau tidak seluruhnya. Agar hasilnya optimal, Anda disarankan untuk mengompres area hidung dengan air hangat agar mulut pori-pori lebih terbuka dan komedo melunak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Cara menghilangkan komedo hitam membandel ini tidak akan efektif jika tidak didukung dengan perawatan kulit wajah yang tepat.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel dengan L’Oréal Paris Revitalift Crystal

Menemukan rangkaian produk skincare yang sesuai jenis kulit penting untuk cara membersihkan komedo dan mencegahnya terbentuk kembali. Untuk itu, Anda bisa memakai rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal yang efektif merawat jenis kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat agar bebas minyak dan tampak sebening kristal. 

Rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal mengandung salicylic acid, yang merupakan eksfolian dari kelompok BHA (beta-hydroxy acid) sehingga dapat larut dalam minyak dan masuk ke pori-pori untuk membersihkan sumbatan penyebab komedo. Tak hanya bersih dari komedo, produksi minyak juga terkontrol dan tampilan pori-pori menjadi tersamarkan. Formulanya juga oil-free sehingga ringan dan dapat meresap dengan cepat ke 10 lapisan kulit untuk menutrisi dan melembapkan kulit.

Sebagai cara menghilangkan komedo hitam membandel dengan perawatan wajah, rangkaian L’Oréal Paris Revitalift Crystal terdiri dari produk-produk: 

  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Purifying Micellar Water yang efektif membersihkan kulit wajah dari lima jenis kotoran yang dapat menyumbat pori-pori, yaitu partikel polusi, sisa make up, debu, sebum, dan minyak berlebih. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Cleanser yang dapat membersihkan 10 lapisan pori demi pori, mengangkat kulit mati, dan mengontrol minyak dengan tekstur gel yang nyaman di kulit.
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence yang mengandung clarifying salicylic acid dan healing centella asiatica untuk merawat kulit wajah agar halus, tampak muda, dan sebening kristal. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Fresh Hydrating Gel Cream yang dapat mengurangi minyak berlebih di kulit wajah sampai 8 jam pemakaian karena kulit wajah terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembapannya. 
  • L’Oréal Paris Revitalift Crystal Micro-Essence Treatment Mask yang membantu menghidrasi dan mencerahkan wajah secara instan setelah pemakaian selama 15 menit. Kulit jadi lembap, teksturnya halus dan lembut, tampilan pori-pori tersamarkan, dan wajah tampak sebening kristal.

Anda bisa langsung menerapkan cara menghilangkan komedo hitam membandel menggunakan rangkaian produk L’Oréal Paris Revitalift Crystal. Dapatkan produk-produknya secara online di website L’Oréal Paris Indonesia atau official store L’Oréal Paris Indonesia di marketplace/e-commerce, serta di gerai L’Oréal Paris di pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik terkemuka.