Skin Care CARA MENGHILANGKAN KERUTAN DI BAWAH MATA DENGAN SKINCARE

Menurunnya elastisitas kulit wajah menjadi masalah kulit wajah yang butuh perhatian lebih. Elastisitas kulit yang menurun akan membuat kulit kendur, kering dan muncul garis-garis halus atau keriput. Karena itu, merawat kulit wajah terutama di area yang mudah kering menjadi sangat penting, seperti di area bawah mata. Ada berbagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang dapat Anda lakukan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Penyebab Timbul Kerutan di Bawah Mata

Jenis-jenis Kerutan di Area Mata

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Menyamarkan Tampilan Kerutan dengan Serum Mata dari L'Oréal Paris

Penyebab Timbul Kerutan di Bawah Mata

Ada berbagai faktor penyebab kerutan muncul di bawah mata, seperti: 

  • Umur

Semakin bertambah umur, tingkat elastisitas kulit akan menurun. Penyebabnya adalah produksi lemak dan kolagen yang juga menurun, sehingga kulit menjadi lebih kering, kendur, dan muncul kerutan. 

  • Paparan sinar matahari

Terlalu banyak terpapar sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan dapat merusak kulit, terutama di area mata dan bibir. Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang disarankan adalah selalu aplikasikan sunscreen saat akan beraktivitas.

  • Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mempengaruhi kerja organ tubuh, termasuk kulit. Salah satu tanda dehidrasi adalah kulit di bawah mata menjadi lebih gelap, cekung, dan kerutan tampak jelas.

  • Diet ketat

Sembarangan melakukan diet tanpa berkonsultasi dengan dokter gizi akan berisiko kekurangan asupan nutrisi yang penting bagi kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan muncul keriput. 

  • Produk makeup

Ada bahan-bahan yang terdapat dalam produk makeup yang berpotensi menyebabkan masalah kulit. Selain itu, menggunakan produk makeup yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah juga dapat memicu masalah kerutan. 

  • Kebiasaan merokok

Merokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh yang berfungsi menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh dan membuang racun. Selain itu, merokok juga merusak jaringan kolagen. Efeknya akan terlihat pada kulit dalam bentuk berupa kerutan, termasuk di bawah mata.

  • Ekspresi wajah berulang

Terlalu sering mengernyitkan mata, cemberut, dan tersenyum dapat memunculkan keriput di area dahi, mata dan bibir. 

Jenis-jenis Kerutan di Area Mata

Sebelum tahu bagaimana cara menghilangkan keriput di bawah mata, ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis keriput di bawah mata. Keriput di bawah mata terbagi menjadi:

  • Kerutan dinamis

Kerutan jenis ini disebabkan oleh gerakan ekspresi wajah yang berulang, misalnya saat mengernyitkan dahi. Kerutan ini terutama muncul di area dahi dan di antara alis.

  • Kerutan statis

Jenis kerutan ini timbul karena adanya kerusakan di kulit atau pertambahan usia. Kerutan ini akan terlihat pada orang yang sudah berusia di atas 40 tahun (atau bahkan lebih muda) saat mata sedang tidak bergerak. 

  • Kerutan berlekuk atau berlipat

Kendurnya struktur wajah yang berkaitan dengan usia umumnya dapat menyebabkan kerutan ini. Kerutan berlipat biasanya muncul di bawah mata dan lekukan antara hidung dan mulut. 

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata

Jangan tunggu sampai kerutan muncul di bawah mata, baru Anda tergerak untuk merawat area kulit tersebut. Ada beberapa cara menghilangkan kerutan di bawah mata menggunakan produk skincare atau dengan prosedur di klinik kecantikan. 

Jika ingin menggunakan produk-produk skincare, Anda bisa mulai dengan:

  • Krim mata

Menggunakan krim mata adalah cara menghilangkan kerutan di bawah mata di usia muda yang bisa Anda lakukan. Karena kulit di area mata sangat tipis dan mudah kering, maka perlu dijaga kelembapannya. Krim mata jika digunakan secara rutin akan membuat kulit di bawah mata tetap lembap dan kenyal. Pilih krim mata dengan kandungan yang sesuai kebutuhan Anda.

  • Serum mata

Dibandingkan krim mata yang lebih berfungsi sebagai pelembap, serum mata memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi untuk langsung mengatasi masalah, misalnya masalah kerutan. Karena itulah, serum mata jadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang efektif.

  • Under eye patches

Produk ini merupakan masker yang khusus dirancang untuk area bawah mata dengan berbagai bahan aktif yang membantu untuk mengatasi masalah yang biasa muncul di area tersebut, misalnya kerutan, kantung mata, dan lingkaran hitam. Cara menghilangkan garis halus di bawah mata ini bisa Anda lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

Perawatan kulit area mata akan menjadi percuma bila tidak dilengkapi dengan sunscreen. Karena itu, saat menggunakan sunscreen pada pagi hari, aplikasikan juga di area bawah mata. Pilih sunscreen tanpa alkohol sehingga jika tak sengaja masuk ke mata tidak membuat mata menjadi perih. 

Jika Anda butuh cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang lebih cepat, Anda bisa mencoba perawatan dan tindakan di klinik kecantikan. Jenis perawatan dan tindakan ini dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit, sehingga relatif aman dan tepat sasaran. Beberapa bentuk perawatan tersebut di antaranya adalah filler, terapi laser, chemical peeling dan mikrodermabrasi.. 

Menyamarkan Tampilan Kerutan dengan Serum Mata dari L'Oréal Paris 

Salah satu cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan menggunakan produk skincare adalah penggunaan serum mata secara rutin. Anda bisa menggunakan serum mata terbaru dari L'Oréal Paris, yaitu L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum

Serum mata ini ditujukan bagi Anda yang ingin lebih serius dalam merawat kulit di sekitar mata dan melawan tanda-tanda penuaan yang muncul, seperti kerutan di bawah mata, lingkaran hitam, dan kantung mata. Untuk itu, L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum memiliki kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro yang membantu menghidrasi dan mengenyalkan kulit area mata, dilengkapi dengan kandungan 0,5% kafein yang memberi energi kepada kulit, mengurangi tampilan mata panda, serta mengempiskan kantung mata.

Tak hanya formulanya, cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang inovatif dari L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum adalah bentuk aplikatornya yang berupa tiga buah rollerball. Aplikasi serum menggunakan aplikator ini memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Kombinasi formula dan aplikator inovatif ini membuat L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum menjadi cara menghilangkan kerutan di mata dalam waktu relatif cepat. Dengan pemakaian selama dua minggu, Anda sudah bisa mendapatkan tampilan area mata yang lima tahun lebih muda. 

Jika Anda ingin segera mencoba cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan penggunaan L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum, langsung saja dapatkan produknya. Serum mata ini tersedia di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.