Skin Care INTIP CARA MENGHILANGKAN KANTUNG MATA SECARA ALAMI DAN PERMANEN

Anda mungkin berpikir bahwa tidur yang cukup merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan kantung mata saat muncul. Namun ternyata, kantung mata hanya tampak mengempis tanpa benar-benar hilang. Kondisi ini mungkin saja terjadi karena kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab munculnya kantung mata. Mengetahui penyebabnya dengan tepat akan membantu Anda menemukan cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen.

Berbagai Penyebab Kantung Mata Terbentuk

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Rekomendasi Serum Mata dari L'Oréal Paris untuk Atasi Kantung Mata

Berbagai Penyebab Kantung Mata Terbentuk

Kantung mata adalah pembengkakan ringan yang terjadi di bawah mata. Umumnya kantung mata muncul saat usia bertambah. Hal ini terjadi saat otot-otot dan jaringan di sekitar mata melemah, termasuk yang menopang kelopak mata. Akibatnya, kulit menjadi kendur dan lemak bergeser ke bawah mata sehingga mata terlihat seperti berkantung. Tak hanya lemak, cairan juga dapat terkumpul di bawah mata dan membentuk kantung mata.  

Selain usia, penyebab munculnya kantung mata yang tak berkaitan dengan gaya hidup adalah struktur tulang yang membentuk rongga mata. Ada struktur yang menyebabkan jaringan lemak di area mata seperti mencuat keluar dan membentuk kantung mata. Hal lain yang menyebabkan munculnya kantung mata adalah faktor keturunan. Peradangan yang disebabkan oleh alergi dan penyakit juga dapat membuat terbentuknya kantung mata. 

Jika dihubungkan dengan gaya hidup, maka kantung mata umumnya terbentuk karena retensi cairan di dalam tubuh. Faktor-faktor penyebabnya adalah:

- Kurang tidur, lebih tepatnya tidur yang kurang dari enam jam pada malam hari, dapat menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Kantung mata hitam bisa terbentuk karena kurang tidur juga membuat kulit menjadi tipis dan pembuluh darah di area mata melebar, sehingga kulit terlihat seakan-akan menggelap padahal merupakan bayangan pembuluh darah yang terlihat dari luar.

- Terlalu banyak konsumsi garam. Saat terlalu banyak garam di dalam tubuh, maka tubuh akan menahan cairan yang dipergunakan untuk mengurangi konsentrasi garam. Akibatnya, tubuh akan membengkak, termasuk kantung mata juga terbentuk. 

- Stres. Saat Anda mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol, dan kehadiran hormon ini berpengaruh kepada kadar garam di dalam tubuh. Inilah yang membuat kantung mata muncul.

- PMS. Salah satu ciri dari PMS adalah retensi cairan sehingga tubuh membengkak dan Anda mengalami kembung serta muncul kantung mata.

- Kurang bergerak. Perilaku sedentari dapat membuat cairan terkumpul banyak di dalam tubuh. Jika Anda banyak berbaring, maka cairan akan terkumpul di wajah, termasuk di area mata yang menyebabkan terbentuknya kantung mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Permanen

Saat Anda butuh solusi cepat untuk mengempiskan kantung mata yang muncul, maka beberapa cara menghilangkan kantung mata secara alami bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil instan. 

1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu membuat pembuluh darah di area mata yang melebar serta jaringan yang membengkak menjadi mengecil. Anda bisa memasukkan sendok yang terbuat dari logam, irisan mentimun, atau cotton pad yang sudah dibasahi ke dalam freezer selama beberapa menit, lalu gunakan untuk mengompres kantung mata yang bengkak.  Bisa juga menggunakan es batu yang dibungkus kain lembut lalu tempelkan di kantung mata.

2. Kompres dengan kantung teh hijau

Kandungan kafein dalam teh hijau merupakan antioksidan yang dapat membantu memperlancar aliran darah dan cairan lainnya di area mata, sehingga tidak lagi berkumpul dan membentuk kantung mata. Seduh terlebih dahulu kantung teh hijau di air panas selama beberapa menit, keluarkan, lalu tunggu sampai dingin sebelum Anda pakai untuk mengompres mata.

3. Memakai krim mata dengan kandungan kafein dan hyaluronic acid

Jika Anda butuh cara menghilangkan kantung mata hitam, maka pemakaian krim mata ini merupakan cara yang tepat. Selain membantu memperlancar aliran darah agar kantung mata kempis, kafein juga membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar sehingga tampilan hitam di kantung mata berkurang. Sedangkan kandungan hyaluronic acid akan membantu menghidrasi dan melembapkan kulit di area mata sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah.

4. Mengonsumsi antihistamin

Ini berlaku jika Anda curiga kantung mata yang membengkak adalah efek alergi. Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk memastikan jenis alergi apa yang membuat area mata Anda menjadi bengkak.

Jika Anda ingin kantung mata Anda dapat hilang secara permanen, maka Anda bisa menerapkan cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen berikut. Karena melibatkan perubahan gaya hidup, maka jika diterapkan dengan tepat maka cara-cara ini akan memberi hasil yang permanen dan dalam jangka waktu lama.

  • Tidur yang cukup 7-8 jam dalam semalam. Saat tidur, Anda bisa mengganjal kepala dengan bantal agar posisinya lebih tinggi, sehingga cairan tidak berkumpul di area wajah dan membentuk kantung mata.
  • Membatasi asupan garam. Anda harus lebih memperhatikan kandungan garam di makanan dan minuman yang Anda konsumsi agar jumlah garam di dalam tubuh tidak berlebihan dan menyebabkan retensi cairan.
  • Membatasi minum air putih sebelum tidur. Cara ini bisa membantu mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh sehingga tidak berkumpul di wajah saat Anda tidur. 
  • Berhenti merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Merupakan cara menghilangkan hitam di bawah mata yang efektif karena merokok dan minuman beralkohol dapat membuat masalah kantung mata bengkak dan lingkaran hitam menjadi lebih buruk. 
  • Rutin memijat area mata. Saat mengaplikasikan krim atau serum mata, Anda bisa melakukannya sambil memijat, bisa menggunakan jari-jari atau eye roller. Cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen ini efektif untuk memperlancar aliran cairan di area mata sehingga kantung mata mengempis. 

Rekomendasi Serum Mata dari L'Oréal Paris untuk Atasi Kantung Mata

L'Oréal Paris menghadirkan serum mata terbarunya, yaitu L'Oreal Paris Triple Roller 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum, untuk membantu Anda mengempiskan dan menghilangkan kantung mata. Selain itu, serum mata ini juga dapat membantu merawat kulit di sekitar mata sehingga terbebas dari lingkaran hitam dan kerutan. 

L'Oreal Paris Triple Roller 2.5% Hyaluron + Caffeine Eye Serum memiliki kandungan 1,5% hyaluronic acid makro dan mikro yang membantu menghidrasi dan mengenyalkan kulit area mata. Dilengkapi pula dengan kandungan 1% kafein yang memberi energi kepada kulit, mengurangi tampilan lingkaran hitam, serta mengempiskan kantung mata. Setelah pemakaian selama dua minggu, tampilan area mata Anda jadi lima tahun lebih muda!

Tak hanya kandungan bahan-bahannya, serum mata ini memiliki inovasi berupa tiga buah rollerball sebagai aplikator serum. Aplikator ini dapat memberi efek sejuk di area mata seketika, menstimulasi kulit area mata lewat pijatan, serta membantu mengempiskan mata bengkak dan kantung mata. 

Memakai L'Oréal Paris Revitalift 2,5% Hyaluronic Acid + Caffeine Eye Serum sebagai cara menghilangkan kantung mata secara alami dan permanen akan membuat Anda terbebas dari masalah ini dalam waktu relatif cepat. Anda bisa segera mendapatkan serum mata ini di website resmi L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris yang ada di berbagai e-commerce/marketplace. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, dan toko kosmetik ternama.