Cara Menghilangkan Belang di Wajah dengan Skincare

Skin Care CARA MENGHILANGKAN BELANG DI WAJAH DENGAN SKINCARE

Belang di wajah dapat muncul tanpa Anda sadari. Belang akibat mengenakan masker misalnya, sering tak terlihat sampai perbedaan warna kulit yang cerah dan gelap terlihat menyolok. Begitu juga dengan belang di wajah akibat berjilbab, sering kali tak disadari karena tertutup rambut saat jilbab dilepaskan. Tampilan wajah yang belang bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Namun kabar baiknya, skincare routine dengan produk-produk yang tepat dapat menjadi cara menghilangkan belang di wajah.

Kulit Wajah Belang dan Berbagai Penyebabnya

Cara Menghilangkan Belang di Wajah Memakai Produk Skincare

L'Oréal Paris Glycolic Bright sebagai Cara Menghilangkan Belang di Wajah

 

Kulit Wajah Belang dan Berbagai Penyebabnya

Saat kulit wajah terlihat belang, maka sinar matahari sering kali menjadi tertuduh utama sebagai penyebabnya. Anda tak salah, karena sinar matahari memang dapat membuat muka belang, yaitu kondisi saat ada area wajah yang warna kulitnya lebih gelap dibanding area lainnya. 

Kulit yang menggelap terjadi sebagai akibat dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi sel-sel melanosit di kulit memproduksi melanin (zat pigmen di kulit dan rambut) dalam jumlah besar. Penggelapan warna kulit akibat hiperpigmentasi bisa muncul dalam bentuk bintik, flek atau noda, serta wajah yang belang. 

Ada beberapa penyebab yang membuat hiperpigmentasi terjadi, yaitu paparan sinar matahari yang terlalu lama dan terus-menerus, perubahan hormon di tubuh perempuan, pertambahan usia, serta peradangan. Hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, sering disebut dengan lentigo, sedangkan hiperpigmentasi akibat perubahan hormon, seperti pada perempuan hamil, disebut dengan melasma. Berbeda dengan hiperpigmentasi akibat peradangan, biasanya disebabkan oleh jerawat, disebut dengan PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). 

Kulit wajah belang biasanya disebabkan oleh sinar matahari, karena kulit wajah yang terlindungi dari paparan sinar matahari terlihat lebih cerah dibandingkan yang terpapar langsung. Kulit yang menggelap biasanya merupakan efek langsung dari paparan sinar matahari yang terlalu lama di kulit yang tidak terlindungi. Mungkin awalnya perubahan warna kulit tidak terlalu signifikan, karena itu banyak yang tidak sadar kulit wajah mengalami penggelapan. Karena paparan ini berlangsung terus-menerus, maka warna kulit terus menggelap sampai akhirnya terlihat belang. 

Cara Menghilangkan Belang di Wajah Memakai Produk Skincare

Anda mungkin mengira cara menghilangkan belang di wajah yang efektif adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Padahal Anda bisa melakukan perawatan wajah di rumah menggunakan produk-produk skincare yang ditujukan untuk mengatasi masalah penggelapan kulit sehingga kulit wajah kembali cerah merata. Pemakaian produk-produk skincare ini sebaiknya didukung oleh skincare routine yang sesuai untuk pagi dan malam hari agar kulit sehat, lembab, dan teksturnya halus. 

Beberapa cara menghilangkan belang yang disarankan dengan pemakaian produk skincare adalah:

1. Melakukan eksfoliasi secara teratur

Eksfoliasi bermanfaat untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit sehingga sel-sel kulit mati dan rusak, termasuk sel-sel kulit yang menggelap, dapat luruh lebih cepat agar sel-sel kulit baru yang segar dan cerah dapat naik ke permukaan. Tergantung dari jenis kulit wajah, Anda bisa melakukan eksfoliasi kimia 1-2 kali seminggu menggunakan jenis asam dari kelompok AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid). Jenis asam yang sering disarankan adalah glycolic acid dan salicylic acid

2. Memilih produk-produk skincare dengan bahan aktif yang mencerahkan

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di industri kecantikan membuat selalu ada bahan aktif yang ditemukan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Vitamin C menjadi bahan aktif yang paling direkomendasikan sebagai cara mengatasi belang pada wajah. Ditambah lagi Vitamin C merupakan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel-sel kulit. Selain Vitamin C, bahan aktif lainnya yang dapat mencerahkan kulit adalah niacinamide, alpha arbutin, kojic acid, tranexamic acid, dan yang terbaru adalah symwhite 377.

3. Memastikan kulit terjaga kelembabannya

Kulit yang terhidrasi dan lembab merupakan kunci dari kulit yang tampak cerah. Kulit yang mengalami penggelapan umumnya tampak kusam karena tidak dapat memantulkan cahaya dari luar. Karena itulah langkah ini penting dalam cara mengatasi belang pada wajah sehingga wajah tak hanya kembali cerah merata tapi juga tampak glowing dan sehat.

4. Lindungi kulit wajah dengan sunscreen

Cara mengatasi belang pada wajah yang penting pada pagi hari adalah memakai sunscreen. Agar perlindungan yang diberikan sunscreen terhadap efek buruk sinar matahari dapat optimal, pilih yang memberi perlindungan dengan level minimal SPF 30 dan PA+++. Selain itu, aplikasikan sunscreen sebanyak dua jari penuh untuk seluruh wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikannya juga di leher. Aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam sekali, atau jika sunscreen luntur akibat keringat atau air.

Cara menghilangkan kulit belang di wajah memakai produk-produk skincare tak memberi hasil yang instan, karena itu Anda harus sabar dalam melakukannya. Jika Anda ingin agar kulit wajah yang belang segera teratasi, maka Anda dapat melakukan prosedur medis di klinik kecantikan. Anda dapat melakukan chemical peeling menggunakan glycolic acid dengan konsentrasi tinggi atau mikrodermabrasi untuk mengikis sel-sel kulit yang menggelap. 

L'Oréal Paris Glycolic Bright sebagai Cara Menghilangkan Belang di Wajah

Jika Anda bisa mengatasi masalah kulit wajah yang belang dengan pemakaian produk-produk skincare tapi dengan hasil seperti prosedur peeling di klinik kecantikan, tentu terasa ideal. Anda bisa mendapatkannya dengan memakai rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright. Rangkaian ini diciptakan terinspirasi dari prosedur peeling untuk membantu menyamarkan noda hitam hingga -57% dengan hasil mulai terlihat dalam waktu dua minggu dan membuat kulit wajah bercahaya seketika. Hasil ini didapatkan berkat kandungan bahan aktif berupa brightening glycolic acid, niacinamide, dan symwhite.

Rangkaian L'Oréal Paris Glycolic Bright terdiri dari:

1. L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Daily Cleanser Foam yang membersihkan wajah secara mendalam serta membantu mengangkat lapisan permukaan kulit yang menggelap. 

2. L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Face Serum yang memiliki konsentrasi 1% brightening glycolic acid untuk menyamarkan 57% noda hitam dalam empat minggu karena mencerahkan kulit hingga ke lapisan sel dan mengurangi bintik hitam hingga ke akarnya.

3. L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Day Cream SPF 17 yang membantu mencerahkan dan menyamarkan tampilan noda hitam. Terbukti secara klinis dapat meningkatkan perlindungan kulit melawan sinar UV dari matahari penyebab noda hitam.

4. L'Oréal Paris Glycolic Bright Glowing Night Cream yang dilengkapi antioksidan Vitamin E sehingga dalam semalam membantu memperbaiki kondisi kulit dan mencerahkannya secara merata. 

5. L'Oréal Paris Glycolic Bright Instant Glowing Serum Mask yang secara intens menutrisi dan mencerahkan warna kulit secara merata dalam pemakaian selama 15 menit.

Cara menghilangkan belang di wajah jadi lebih mudah dengan pemakaian rangkaian produk skincare L'Oréal Paris Glycolic Bright dalam skincare routine sehari-hari. Anda bisa mendapatkan rangkaian ini di website L'Oréal Paris Indonesia atau official store L'Oréal Paris Indonesia yang ada di berbagai e-commerce ternama. Anda juga bisa membelinya secara langsung pusat perbelanjaan, drugstore, supermarket, dan toko kosmetik ternama.